Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air, Bahaya atau Tidak?

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air, Bahaya atau Tidak? - Pernahkah anda ketika memanasi mesin mobil di pagi hari, kemudian anda lihat di knalpot ada bekas tetesan air dan anda menduga itu berasal dari kenalpot. Pertanyaannya apakah normal hal tersebut terjadi? Mungkinkan ada ketidak normalan pada mobil tersebut? Jika tidak normal lalu apa penyebabnya? Teman saya juga mengalami hal demikian, bahkan mobilnya baru saja dibelinya, apa mungkin mobil baru sudah ada kerusakan yang terjadi?

Knalpot mobil keluar air merupakan kondisi yang normal, bahkan itu pertanda yang baik karena pembakaran yang ada di mesin tersebut sempurna. Kita berbicara tentang fakta bukan hanya opini, fakta yang bisa dibuktikan secara kimia.

Bahan bakar bensin dalam kimia dikenal dengan Hidrocarbon C8H18, nah dalam mesin bakar untuk membakar bensin tersebut dibutuhkan Oksigen yang dengan rumus O2. Ketika mereka bertemu dan dibakar maka akan menghasilkan beberapa senyawa baru, diantaranya ada H20 (air) dan CO2 (Karbon dioksida).

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air
Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air


Ketika mobil dalam keadaan diam, atau ketika dipanaskan air akan terlihat keluar, air ini juga bisa disebabkan oleh embun yang ada di knalpot. Misal ketika dipanaskan di pagi hari. Lalu kenapa pas mobil sudah berjalan tidak terlihat air diknalpot lagi? Ketika mobil sudah berjalan, temperatur pasti naik. Ketika temperatur sudah naik dan sudah mampu untuk merubah zat cair menjadi gas maka air akan menguap (menjadi gas), sehingga tidak terlihat tetesan air lagi di knalpot.

Baca juga : Sitem pendingin pada mobil

Keluarnya air dari knalpot akan sering terjadi terutama bila mobil dipanasi di pagi hari, penyebabnya karena kondisi udara sekitar yang relatif lebih dingin. Suhu di sekitar tersebut mempengaruhi kadar air yang keluar dari kenalpot. Tekadang ketika cuaca panas sekali, air tidak terlihat dari knalpot.

Jadi apa penyebab knalpot mobil keluar air? Penyebabnya adalah karena proses pembakaran yang sempurna memang menghasilkan air sebagai residu (hasil pembakarannya).

Apakah bahaya? Tidak berbahaya, justru pertanda yang bagus bahwa mobil anda normal dan bekerja dengan semestinya.

Perlu diperhatikan bila mobil tidak digunakan, pastikan rajin-rajin untuk memanaskan mobil. Minimal 3 hari sekali lah yaa, biar oli dapat melumasi seluruh bagian mesin dan tidak terjadi karat atau macet.

Baca juga : Sitem kerja karburator pada stationer

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air, Bahaya atau Tidak?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel