Fungsi Kondensor AC Mobil Lengkap !!

Fungsi kondensor ac mobil - Sistem mobil terdapat komponen yang mirip dengan radiator, miripnya karena bentuknya yang hampir sama. Tidak hanya bentuk nya saja sebenarnya, tetapi fungsinya pun tidak jauh berbeda. Bila pada sistem pendingin radiator dikenal sebagai tempat pendinginan air pendingin yang telah mendinginkan mesin. Maka pada kondensor bukan air pendingin yang didinginkan, melainkan refrigerant atau yang sering disebut dengan freon.

Kondensor ini biasanya diletakkan di paling depan dari sebuah kendaraan, yang kemudian dibelakangnya ada radiator. Ada sebuah pertanyaan, mengapa kondensor diletakkan di paling depan? Kok tidak radiator dulu baru kemudian kondensor. Alasannya adalah biar tidak terjadi radiasi panas dari radiator ketika mobil berjalan. Maksudnya bagaimana? Ketika radiator diletakkan di depan kondensor, maka ketika mobil berjalan udara akan melewati radiator terlebih dahulu baru kemudian kondensor, aliran udara ini seteleh melewati radiator akan membawa panas. Dan panas ini tidak baik untuk kondensor, kondensor akan lebih keras bekerjanya dan bisa jadi membuat ac tidak dingin.

Lalu apa sih fungi kondensor itu? Berikut ini adalah uraian dari bisaotomotif.com

Fungsi Kondensor

Fungsi kondensor adalah untuk mendinginkan freon, agar terjadi kondensasi sehingga berubah dari yang mulanya gas dari kompresor kemudian menjadi cair.

Kondensor biasanya dilengkapi dengan kipas AC untuk membantu proses pendinginan. Kipas ac ini akan hidup apabila ac dihidupkan. Dan berikut ini adalah kontruksi dan proses kondensasi dari freon/refrigerant :

Baca : Dasar Kerja AC Mobil


kondensor
Kondensor
Dapat dilihat pada gambar diatas, pada awalnya refrigerant dari kompresor masih berupa gas, kemudian di dalam kondensor akan didinginkan dan mengalami kondensasi sehingga berubah menjadi cairan. Dan freon yang telah dingin tersebut kemudian akan disalurkan ke saringan (filter ac) untuk disaring.

Lebih lengkap tentang cara kerjanya : Siklus pendinginan sistam ac


Belum ada Komentar untuk "Fungsi Kondensor AC Mobil Lengkap !!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel