Kipas Radiator Mati, Hanya Nyala Pas AC Dihidupkan, Apa Penyebabnya?

Kipas Radiator Mati, Hanya Nyala Pas AC Dihidupkan, Apa Penyebabnya? - Menjawab pertanyaan dari beberapa orang yang mengeluh karena kipas radiatornya tidak mau menyala, padahal ketika ac dihidupkan kipas radiatornya menyala. Memang mobil-mobil sekarang di desain seperti itu, kipas akan menyala apabila temperatur sudah tinggi (di atas temperatur kerja), dan akan mati apabila kembali mencapai temperatur kerja. Intinya kerja kipas seperti ini untuk menjaga agar mesin tetap pada temperatur kerja.

Nah, ketika ac dihidupkan entah itu mesin sudah atau belum mencapai temperatur kerja maka kipas akan berputar bersamaan dengan kipas kondensor. Ada beberapa kasus yang terjadi, yaitu mobil tanpa menghidupkan ac dan ketika sudah temperatur tinggi kipas radiatornya tidak menyala-nyala. Kira-kira apa penyebabnya?

Kipas Radiator Mati, Hanya Nyala Pas AC Dihidupkan

Kipas Radiator Mati, Hanya Nyala Pas AC Dihidupkan
Kipas Radiator Mati, Hanya Nyala Pas AC Dihidupkan

Sensor temperatur - salah satu penyebabnya adalah sensor temperatur atau water temperatur sensor, sensor ini berfungsi untuk mendeteksi suhu air yang bersikulasi pada mesin, ketika sudah mencapai suhu tertentu maka akan mengirim sinyal yang membuat kipas hidup. Nah bila sensor ini rusak maka kipas tidak akan berputar.

Walaupun tidak berputar pada saat suhu tinggi, kipas tidak rusak (motor kipas), sehingga bila ac dihidupkan maka kipas akan tetap berputar.

Tidak hanya sensor temperaturnya yang rusak, tetapi sirkuit yang menuju ke sensor temperatur juga mempengaruhi hal tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Kipas Radiator Mati, Hanya Nyala Pas AC Dihidupkan, Apa Penyebabnya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel