Cara Kerja Motor 2 Tak Lengkap

Cara Kerja Motor 2 Tak Lengkap - Motor yang memakai mesin 2 tak memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan  motor 4 tak, seperti langkah lebih cepat, suara nyaring dan lebih cepat akselerasinya. Namun barang yang lebih pasti juga memilki kekurangan, salah satunya adalah boros dalam hal bahan bakar, emisi gas buangnya tinggi dan bahkan dibeberapa negara terdapat pelarangan peredaran motor 2 tak, hal ini karena emisi gas buang dari motor 2 tak tidak memenuhi persyaratan. Intinya motor 2 tak ini memiliki polusi yang lebih banyak dari 4 tak.

Sama halnya dengan cara kerja motor 4 tak, pada prinsipnya terdapat 4 langkah atau proses yaitu pengisian, kompresi, usaha dan langkah buang. Bila pada motor 4 tak satu langkah membutuhkan setengah putaran poros engkol, atau dengan kata lain satu langkah pada motor 4 tak sama dengan satu langkah piston naik atau turun. Sedangkan pada motor 2 tak langkahnya digabung, artinya 2 langkah hanya membutuhkan setengah putaran poros engkol atau satu kali naik atau turun.

Untuk memahami lebih lanjut terkait pengertian kedua hal tersebut, bisa membaca artikel yang berjudul Pengertian Motor 4 Tak dan 2 Tak.

Kemudian untuk memudahkan dalam menjelaskan cara kerja motor 2 tak, terlebih dahulu perhatikan tentang bagian-bagian secara sederhana terkait bagian dalam mesin 2 tak berikut ini :

Motor 2 Tak
Motor 2 Tak
Keterangan :
1. Kepala silinder                      
2. Saluran isap (intake)
3. Sirip pendingin
4. Torak (piston)
 
5. Batang torak (connecting rod)
6. Poros engkol (crank shaft)
7. Bantalan batang torak
8. Saluran buang
9. Ruang engkol
10. Saluran bilas
11. Busi (Spark plug)

CARA KERJA MOTOR 2 TAK

cara kerja motor 2 tak
Cara kerja motor 2 tak


Langkah torak
Kejadian di atas torak
Kejadian di bawah torak
Torak bergerak dari TMB ke TMA ( I )
·         Akhir pembilasan diikuti pemampatan bahan bakar + udara
·         Setelah dekat TMA pembakaran dimulai.
·         Campuran bahan bakar dan udara baru masuk keruang engkol melalui saluran masuk
Torak bergerak dari TMA ke TMB ( II )
·         Akibat pembakaran, tekanan mendorong torak ke TMB.
·         Saluran buang terbuka, gas bekas terbuang dan didorong gas baru (pembilasan)
·         Campuran bahan bakar dan udara di ruang engkol tertekan dan akan naik keruang atas torak lewat saluran bilas


Cara kerja dari motor 2 tak bisa dilihat pada tabel di atas, yang mana pada saat torak atau piston bergerak dari TMB ke TMA maka terjadi dua hal secara bersmaan, yaitu langkah akhir pembilasan dan kompresi. Lalu ketika torak bergerak dari TMA ke TMB juga demikian, terjadi dua langkah secara bersamaan yaitu langkah usaha dan langkah buang (pembilasan). Berikut bisa dilihat dalam animasinya :

Cara Kerja Motor 2 Tak
Cara Kerja Motor 2 Tak
Gimana udah jelas belum? Semoga dapat lebih paham tentang cara kerja motor 2 tak. Jangan lupa like dan share bila bermanfaat.

0 Response to "Cara Kerja Motor 2 Tak Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel