Kapan Filter Udara (Air Filter) Sebaiknya Diganti?

Kapan Filter Udara (Air Filter) Sebaiknya Diganti? - Dalam sistem bahan bakar terdapat satu komponen yang bernama filter udara, atau yang dalam bahasa inggris dikenal dengan air filter. Pada mesin diesel atau bensin semuanya terdapat komponen yang satu ini. 

Semua komponen pada mobil memiliki usia pakai, termasuk komponen yang satu ini. Kalau filter udara ini dilihat dari seberapa kotor dan seberapa layak untuk dipakai lagi, karena filter udara ini berperan penting dalam menyaring udara dari berbagai jenis kotoran. Maka ketika filter udara ini sudah terlalu kotor dapat menghambat aliran udara yang masuk ke dalam mesin. Terlebih lagi apabila filter udara sudah basah terkena oli, pastinya proses penyaringan udara menjadi tidak sempurna.

Kapan Filter Udara (Air Filter) Sebaiknya Diganti?
Kapan Filter Udara (Air Filter) Sebaiknya Diganti?

Apa yang terjadi jika tersumbat filter udaranya? 

Intinya akan mengganggu sirkulasi udara yang masuk, bisa saja membuat mesin kurang bertenaga, tersendat bahan bakar lebih boros dan akselerasi kurang maksimal. 

So, biar mobil kita bekerja normal dan maksimal maka langkah yang perlu kita lakukan adalah merawatnya. 

Lalu bagaimana cara merawat filter udara?
Caranya adalah dengan membersihkannya secara rutin, bersihkan dengan menggunakan udara bertekanan setiap 5000 km. Hal ini biasanya juga dilakukan setiap kali mobil di tune up. Jadi ketika mobil di tune up, otomatis filter udara ini dibersihkan. Bila tidak dibersihkan anda bisa melakukan protes ke bengkel tempat anda service, karena ini adalah bentuk perawatan standar yang dilakukan rutin (tune up).

Terus, kapan harus diganti? Apa cukup dibersihkan saja?
Ketika kita membersihkan filter udara, tidak 100 % kotorannya dapat hilang. Artinya masih ada saja kotoran yang menempel, semakin lama akan semakin banyak yang pada akhirnya filter udara akan tersumbat. Bila dibersihkan tetap saja kurang maksimal karena banyaknya kotoran yang menempel. Jadi ketika filter udara sudah sangat kotor, atau basah terkena oli maka pada saat itulah filter udara perlu diganti. 

Berdasarkan rekomendasi bengkel pada umumnya, ganti filter udara setiap 20.000 km sekali. Ganti dengan yang baru ya buka dengan yang bekas.

Belum ada Komentar untuk "Kapan Filter Udara (Air Filter) Sebaiknya Diganti?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel