Fungsi Lampu kota (Clearance light atau Tail Light)

Fungsi Lampu kota (Clearance light atau Tail Light) - Pada sistem penerangan terdapat berbagai macam lampu, seperti lampu kepala, lampu jarak, lampu rem, lambu tanda belok, lampu plat nomor, lampu ruangan dan lain sebagainya. Lho, kok ngak ada lampu kota? Ada kok, itu nomor 2 setelah lampu kepala. 

Lampu jarak dong? Ya, lampu kota hanya dikenal di Indonesia, sedangkaan nama internasionalnya adalah tail light dan clearance light. Clearance light dalam bahasa indonesia mempunyai arti lampu jarak. Sedangkan tail light mempunyai arti lampu ekor atau lampu belakang. Dari namanya sebenarnya kita sudah bisa mengetahui kegunaannya, oke biar lebih jelas berikut ini bisaotomotif.com jelaskan tentang fungsi lampu kota, atau lamu jarak atau lampu belakang.

Fungsi lampu kota / lampu jarak / lampu belakang

Lampu kota adalah lampu kecil yang biasanya dihidupkan di dalam kota. Bahkan sepeda motor wajib menghidupkan lampu kota ini. Lampu ini mempunyai kegunaan untuk memberikan isyarat adanya serta lebarnya suatu kendaraan. Isyarat ini diberikan kepada pengemudi lain bahwa ada kendaraan dengan lebar sekian, ini akan sangat berguna ketika di malam hari. Karena memberitahukan lebar kendaraan, maka disebut dengan lampu jarak (clearance light).
Fungsi Lampu kota (Clearance light atau Tail Light)
Fungsi Lampu kota (Clearance light atau Tail Light)

Maka dari itu, biasanya truk-truk pembawa muatan biasanya melengkapi kendaraannya dengan banyak lampu kota. Tujuannya adalah memberikan isyarat kepada pengemudi lainnya bahwa ada truk atau kendaraan dengan lebar sekian mau lewat. 

Mengapa disebut dengan tail light atau lampu belakang, hal ini dikarenakan lampu kota juga terdapat di belakang. Yaitu menjadi satu kotak dengan lampu rem.  Fungsinya sama yaitu sebagai isyarat jarak atau lebar kendaraan kepada pengendara lain. Hanya beda namanya saja, yang depan disebut dengan clearance light, sedangkan bagian belakang disebut dengan tail light.

Cara menghidupkan lampu kota ini cukup mudah, yaitu cukup memutar head light switch satu kali saja. Maka bila masih normal, lampu kota akan hidup. Selain itu juga lampu yang hidup ketika lampu kota dihidupkan antara lain lampu plat nomor dan lampu dashbord.

1 Komentar untuk "Fungsi Lampu kota (Clearance light atau Tail Light)"

  1. Menurut saya yg awam ini. Lampu kota adalah lampu senja dengan daya yang relatif kecil yang bisa saja terdapa pada bagian depan, samping dan belakang mobil. Lampu itu digunan pada saat kondisi jalan yang tidak terlalu gelap atau cuaca yang agak mendung lampu kota itu wajib digunakan untuk menandakan ada objek disuatu tempat yang melintas baik itu mobil maupun motor.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel