Cara kerja dan gambar rangkaian lampu kota (tail light)

Cara kerja dan gambar rangkaian lampu kota (tail light) - Setelah pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas tentang fungsi lampu kota, sekarang kita akan membahas ke tingkat yang lebih tinggi, ceileh.. Lampu kota mempunyai dua nama keren, yaitu clearance light dan tail light.

Clearance light ditujukan untuk lampu kota bagian depan yang berfungsi sebagai pemberi isyarat kepada pengemudi lain tentang jarak atau lebar mobil tersebut. Sementara untuk tail light fungsinya sama, akan tetapi ditujukan untuk lampu kota bagian belakang.

Komponen yang harus anda ketahui sebelum ke cara kerja antara lain, baterai (aki), saklar kontrol lampu (headlight switch), relay, sekering (fuse), lampu kota dan kabel-kabelnya.

Oke, berikut ini adalah gambar rangkaian dari lampu kota (clearance light/tail light)

Gambar rangkaian lampu kota
Gambar rangkaian lampu kota
Cara kerja lampu kota tanpa relay
Untuk cara kerja yang pertama ini silahkan lihat pada gambar diatas, gambar yang kiri bukan yang kanan. Karena gambar sebelah kanan sudah terdapat relaynya.

Cara kerjanya : Apabila saklar kontrol lampu (head light) di putar satu kali, maka saklar yang semula off kini terhubung ke terminal tail (lihat gambar). Sehingga arus dari baterai akan mengalir melewati fusible link > fuse > saklar kontrol lampu > lampu kota > massa.

Karena lampu teraliri arus maka, lampu akan menyala. Semua lampu kota umumnya disambung secara palel.

Cara kerja lampu kota dengan relay
Cara kerja lampu kota yang dengan relay maupun tanpa relay hampir sama cuma perbedaannya kalau rangkaian lampu kota yang menggunakan relay. Pertama tama ketika saklar kontrol lampu diputar satu kali ke arah lampu kota, maka arus dari baterai akan mengalir melalui fusible link > fuse > relay > saklar kontrol lampu > massa. Lihat gambar,

Karena relay teraliri arus, maka pada relay akan terjadi kemagnetan sehingga kontak poin akan berhubungan. Hasilnya arus dari baterai akan mengalir menuju relay dan lampupun akan menyala. 

Demikian cara kerja dan gambar rangkaian kerja lampu kota. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.
 




0 Response to "Cara kerja dan gambar rangkaian lampu kota (tail light)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel