Yuk ketahui fungsi oil pan (bak oli) pada mobil

Fungsi oil pan (bak oli) - Salah satu komponen yang ada pada mobil adalah oil pan. Oil pan atau yang biasa kita sebut dengan bak oli atau kalter ini terletak dibagian bawah mobil. Kalau kita mengganti oli, pasti ketemu tuh yang namanya bak oli. Karena baut penguras oli letaknya di oil pan ini.

Oil pan atau bak oli berbentuk seperti bak, yang namanya bak pasti fungsinya tidak jauh-jauh sebagai tempat atau wadah barang. Lalu apasih fungsi dari bak oli atau oil pan ini. Berikut bisaotomotif.com jelaskan mengenai kegunaan oil pan :

Fungsi dari bak oli adalah untuk menampung oli mesin untuk pelumasan. Bak oli ini diberi packing atau perpak yang bertujuan agar tidak terjadi kebocoran, oil pan ini dibautkan dengan blok silinder. Bak oli akan menutupi bagian bawah dari blok silinder, yang terdiri dari poros engkol dan komponen lainnya.

Fungsi oil pan (bak oli)
Fungsi oil pan (bak oli)

Bahan dasar untuk membuat bak oli ini adalah baja, oil pan diberi separator (penyekat) yang berguna agar permukaan oli tetap rata pada saat kendaraan di posisi miring. Bila tidak ada separatornya, maka permukaan oli tidak rata dan bisa jadi pompa oli tidak menyentuh oli. Sehingga oli tidak naik dan melumasi komponen mesin yang berada diatasnya.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa di bak oli atau oil pan ini terdapat baut penguras oli. Baut penguras oli ini digunakan ketika mengganti oli, baut gunanya sebagai penyumbat lubang yang digunakan sebagai jalan oli ketika mengganti oli mesin.


Kebanyakan kasus, oli bocor melalui baut penguras oli. Sebagiannya lagi juga ada yang bocor dibagian oil pan, yang disebabkan terjadinya kebengkokan atau kerusakan pada perpaknya.

0 Response to "Yuk ketahui fungsi oil pan (bak oli) pada mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel