Fungsi Sistem Starter dan Komponen-komponennya Pada Mobil

8:52 PM
Fungsi Sistem Starter dan Komponen-komponennya Pada Mobil - Agar suatu mesin dapat hidup, harus diputar dengan tenaga eksternal terlebih dahulu. Pada mesin-mesin konvensional, misalnya seperti diesel 1 silinder maka harus di engkol terlebih dahulu untuk menghidukan mesin. Berbeda dengan yang ada pada kendaraan seperti mobil, bus maupun truk. Maka dari itu dibutuhkanlah sistem start untuk menghidupkan mesin. Walaupun beberapa mobil bisa hidup tanpa adanya starter, tentunya jika kepepet :), yaitu dengan mendorongnya. Masak iya, untuk menghidupkan mesin saja harus mendorong terlebih dahulu, dan itu ngga mungkin jika hanya ada satu orang saja.

Lalu apa sih fungsi dari sistem starter? Berikut ini adalah fungsi nya :

Fungsi Sistem Starter 

Sistem starter adalah suatu sistem yang terdapat pada suatu kendaraan yang berfungsi untuk memberikan tenaga atau putaran awal bagi mesin sehingga dapat menjalankan siklus kerjanya. 

Nah pada sistem starter terdapat motor starter yang berfungsi merubah energi listrik menjadi energi gerak, output gerakan dari motor starter ini akan digunakan untuk memutar fly wheel, fly wheel berhubungan dengan mesin sehingga mendapat putaran awal dan ketika siklus kerjanya sudah bekerja maka mesin tidak digerakkan lagi oleh sistem starter, tetapi digerakkan oleh tenaga yang dihasilkan pada saat langkah usaha dengan kata lain mesin sudah hidup.
 
Sebelum kita jauh melangkah ke cara kerja sistem starter, lebih baik kita mengenal terlebih dahulu tentang komponen-komponen dari sistem starter. Apa saja sih komponen dari sistem starter ini, sehinga dapat bekerja? 

Fungsi Sistem Starter dan Komponen-komponennya
Fungsi Sistem Starter dan Komponen-komponennya

Komponen utama sistem starter 

  1. Baterai
  2. Kunci konta
  3. Relay
  4. Motor starter
  5. Sirkuit (kabel, sekering dkk)
Baca juga : Cara merawat baterai (aki) mobil

Demikian artikel tentang fungsi sistem starter dan komponen-komponennya. Selanjutnya saya ingin membuat sebuah chanel youtube untuk menjelaskan setiap materi tentang otomotif. Nah, bisa deh langsung di subcribe saja agar tidak ketinggalan video penjelasannya : Chanel Youtube : Kang Parjo

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »