Apa Tujuan Penggunaan Center Clucth Pada Saat Perakitan Kampas Kopling?

12:44 AM
Apa Tujuan Penggunaan Center Clucth Pada Saat Perakitan Kampas Kopling? - Ketika melakukan penggantian kampas kompling atau clutch disc maka pada saat memasang perlu alat khusus yang digunakan untuk mencenterkan clutch disc. Nah kali ini kita ngga akan bahas yang berat-berat, cukup yang ringan-ringan saja :).

Jadi apa sih sebenarnya tujuan dari penggunaan center clutch?

Yaa tujuannya untuk mencenterkan clutch disc agar berada di tengah-tengah? Pertanyaan selanjutnya mengapa harus di tengah-tengah?

Setelah clucth disc dan unit kopling lainnya (unit penekan) terpasang maka langkah selanjutnya adalah memasang transmisi. Nah disinilah mudah tidaknya dalam memasang transmisi tergantung dari center tidaknya clutch disc.

Apa Tujuan Penggunaan Center Clucth
Apa Tujuan Penggunaan Center Clucth
Apabila tidak center maka poros input dari transmisi tidak dapat masuk kedalam bantalan pilot. Pernah sewaktu-waktu saya memasang tanpa menggunakan center clutch, karena tidak adanya center clutch yang cocok.

Hasilnya luar biasa, sangat susah dan endingnya harus mencenterkan beberapa kali secara manual dan hanya mengandalkan penglihatan yang terbatas.

Jadi sudah tahu kan apa tujuan dari penggunaan center clutch pada saat pemasangan kampas kopling ini? Yaitu untuk mencenterkan clutch disc, sehingga poros input pada transmisi dapat mudah masuk kedalam bantalan pilot.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »