Macam-macam Minyak Rem dan Keselamatan Kerja / SOP Terkait Minyak Rem

4:00 PM
Macam-macam Minyak Rem dan Keselamatan Kerja / SOP Terkait Minyak Rem - Pada rem tipe hidraulis menggunakan minyak rem untuk menyalurkan gaya tekan yang dihasilkan dari injakan pengemudi pada pedal rem. Tekanan ini akan sampai ke masing-masing roda. Ada beberapa macam dari minyak rem, yang pastinya masing-masing memliki kegunaan atau karakteristik tersendiri. Oke langsung saja berikut ini kami jabarkan tentang macam-macam minyak rem :

Macam-macam Minyak Rem
Macam-macam Minyak Rem

DOT 3 & 4    : Cairan rem berdasar etilglikol yang masih umum digunakan. Memliki sifat beracun, korosif, menngabsorsi air dan merusak cat.

DOT 5        : Cairan rem berdasar oli silikon yang baru dipasarkan di Amerika dan Eroepa.  Pengganti Dot 3 & 4 bersifat anti karat

LHM & LHS    : Cairan rem berdasar oli hidroulik. Minyak rem ini hanya digunakan pada mobil citroen.

Keselamatan Kerja atau SOP terkait Minyak Rem

Minyak rem harus disimpan dalam kaleng yang tertutup rapat, bila tidak maka cairan rema kan mengabsorbsi air dari udara luar. Sehingga akan merugikan temperatur titik didih minyak rem, dan akan meningkatkan sifat korosifnya. (Titik didih : Minyak rem baru 300 derajat celcius, jika ada kandungan air 5 % maka titik didihnya turun menjadi 150 derajat celcius. 



Apabila minyak rem tumpah atau menetes di cat mobil, maka bersihkan segera dengan air (disiram). Air akan menetralkan minyak rem, dan mencegah cat mobil rusak.


Karena minyak rem ini beracun, maka sesudah bekerja jangan lupa cuci tangan dengan sabun. Biasanya orang yang sehabis berurusan dengan minyak rem, jari-jarinya kan mengkerut seperti orang kedinginan di dalam air. wkwk

Minyak rem bekas jangan di buang sembarangan, jangan dibuang di sungai atau tanah karena mencemari. Lebih baik dikumpulkan di sebuah drum penampung minyak rem bekas. Atau langsung dijadikan satu dengan oli bekas.

Dilarang membuang di tanah atau air  ! 
( polusi )

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »