Perbandingan Rem Cakram dengan Rem Tromol

9:42 PM
Perbandingan Rem Cakram dengan Rem Tromol - Malam minggu nih gan, daripada keluar malam-malam dingin dingin mending diem di kamar di depan laptop buka blogger, sekalian bagi-bagi ilmu dengan kalian semua. Mending nulis daripada galau nggak karuan, aahhhh.

Salah satu sistem yang memiliki fungsi vital pada kendaraan adalah sistem rem. Udah ngga usah dijelasin, pasti juga udah paham tentang fungsi rem. Yes, fungsinya pasti buat nge rem kali ya.. ha ha ha. Fungsinya buat mengurangi laju kendaraan gan, yahh intinya itu deh.

Nah, rem yang ada di roda itu umumnya terdapat dua macam. Yang satu disebut rem tromol dan yang satunya disebut dengan rem cakram. Kedua-duanya memiliki kelebihan masing-masing, biasanya di mobil MPV roda belakangnya menggunakan rem tromol sementara roda depannya menggunakan rem cakram.

Berbeda dengan mobil-mobil sport, yang umumnya semua rodanya sudah menggunakan rem cakram dengan besutan teknologi yang super cangih.

Perbandingan Rem Cakram dan Rem Tromol
Perbandingan Rem Cakram dan Rem Tromol
Sebenarnya apa sih pebedaan dari kedua jenis rem tersebut? Berikut ini adalah perbandingan dari keduanya yaitu rem cakram dengan rem tromol :


Sifat 

Rem Tromol
Rem Cakram
·        Gaya kerja
+ Memberikan kekuatan sendiri
Tidak memberi kekuatan sendiri
·        Pendinginan
-  Kurang
Baik
·        Temperatur kerja
*  Rendah
Tinggi
·        Keausan kanvas
+ Sedikit
Banyak
·        Cara menyetel
-  Manual / setengah otomatis
Otomatis
·        Waktu yang diperlukan servis
-  Lama
Cepat
·        Tempat yang perlu dan berat
*  Lebih
Kurang
 







Agar lebih jelas lagi, bisa perhatikan uraian berikut ini :
  1. Pada rem cakram diperlukan gaya hidraulis lebih tinggi untuk  mendapatkan tekanan rem yang sama besarnya, rem cakram menjadi lebih panas ( + 6000 C )
  2. Karena pendinginan rem cakram baik, maka tidak ada fading
  3. Fading sering terjadi pada rem tromol kalau panas
  • Faktor dari kanvas rem menjadi kecil
  • Gaya rem kecil









Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »