Cara Kerja Silinder Roda (Wheel Cylinder) dan Nama Bagian-Bagiannya

11:39 PM
Cara Kerja Silinder Roda (Wheel Cylinder) dan Nama Bagian-Bagiannya - Oke gan kembali lagi nih, berhubung mau tidur ngga tidur-tidur. Sekalian aja deh, posting artikel tentang wheel cylinder. Kali ini yang akan saya bahas adalah tentang cara kerjanya dan bagian-bagiannya.

Dalam rem tromol maka didalamnya terdapat wheel cylinder, wheel cylinder ini ada beberapa macam. Ada yang satu silinder roda didalamnya terdapat satu piston, ada juga yang dalam satu silinder rodanya terdapat dua piston. Tergantung dari jenis atau type rem tromol yang terdapat pada mobil tersebut.


Nah, komponen dari wheel cylinder ini sangatlah simple. Didalamnya terdapat piston, yang di bagian kepalanya terdapat karet (atau seal). Karet ini yang paling rawan rusak sehingga menyebabkan kebocoran system. Selain piston dan karet, di bagian tengah terkadang juga ada pegas. Kemudian di bagian sisi luar, piston terdapat karet yang berguna untuk melindungi silinder roda, emmm seperti mencegah kotoran dan air masuk ke silinder roda yang dapat menyebabkan karat.

Nah, biar lebih jelas nih bisa tengok gambar di bawah ini. Ada dua gambar gan, yang atas itu cara kerja silinder roda untuk langkah tekan. Sedangkan yang bawah adalah cara kerja silinder roda untuk langkah lepas. 

Gambarnya saya jadiin satu biar irit, 😂😂😂😂. Nah sedangkan di bawahnya adalah penjelasan singkat tentang cara kerja wheel cylinder. Nama bagian-bagiannya sudah ada di gambar yaa, tinggal memperbesar aja.


Cara Kerja Silinder Roda (Wheel Cylinder)
Cara Kerja Silinder Roda (Wheel Cylinder)

Langkah tekan
Tekanan cairan rem yang di bangkitkan silinder master menekan sil karet silinder roda

Langkah lepas
Tekanan cairan rem tidak ada. Tegangan pegas pengembali sepatu rem tromol menekan sil karet silinder roda, cairan rem mengalir kembali ke silinder master.

Demikian dan terimakasih. Baca juga : Fungsi Master Silinder Pada Mobil
 

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »