Fungsi Master Silinder Pada Mobil dan Macam-macamnya

11:35 PM
Fungsi Master Silinder Pada Mobil dan Macam-macamnya - Malam bro, di postingan sebelumnya yang membahas mengenai komponen sistem rem hidraulik yang mana salah satu komponennya adalah master silinder (master cylinder). Di postingan tersebut juga disebutkan bahwa fungsi master silinder adalah untuk membangkitkan tekanan cairan rem di dalam sistem hidraulik.

Mungkin anda masih bingung kali yaa, dengan fungsi tersebut. Membangkitkan gimana? Membangkitkan orang mati atau membangkitkan semangat? Haaa.. ngaco loo.. Sebenarnya apa sih fungsi master silinder? Kenapa harus ada master silinder?

Itukan pertannyaanya? Maka dari itu di postingan kali ini kami akan membahasnya lebih detail lagi agar mas bro semua bisa paham dan bisa menjadi calon mekanik yang handal..

Dimana sih letak master silinder? Letak master silinder biasanya di taruh di bagian depan. Dekat dengan pedal rem dan boster rem. Coba deh lihat gambar dibawah ini, biar lebih paham.. Jangan lihat foto gue tapi, entar suka repot.. normal semua kan bro.. 😂😂


Komponen Sistem Rem Hidraulik
Komponen Sistem Rem Hidraulik

Fungsi Master Silinder Pada Mobil

Master silinder (master cylinder) pada sistem rem mobil ini berfungsi untuk mengubah gerak pedal rem ke dalam tekanan hidraulis. Master silinder terdiri dari resevoir tank, yang berisi minyak rem, demikian juga piston dan silinder, yang membangkitkan tekanan hidraulis.

Master silinder ini terhubung dengan pedal rem dan juga boster, boster akan memperbesar gaya tekan pedal sehingga akan membuat rem terasa empuk dan lebih ringan ditekan.

Master silinder ini akan terhubung ke roda-roda melalui selang rem, mungkin akan lebih paham jika mengetahui cara kerjanya. Kapan-kapan deh, kang parjo akan share mengenai cara kerjanya. Tapi bukan sekarang yaaa, udah malam. 😂😂

Intinya di dalam master silinder itu terdapat piston, dan piston akan bergerak apabila pedal rem ditekan. Piston ini akan menekan minyak rem. Tekanan ini nantinya akan sampai ke piston pada wheel cylinder jika itu pada rem tromol, atau sampai ke piston yang ada pada caliper rem jika itu pada rem cakram. Piston pada wheel cylinder dan kaliper ini yang akan menekan kampas rem sehingga akan terjadi suatu pengereman.

Itu kayaknya malah kerja rem secara sederhana kali yaaa... Bodo amat lah, semoga aja kalian tambah paham setelah baca artikel kali ini.

Macam-macam Master Silinder






Ada dua tipe master silinder yang digunakan di berbagai jenis mobil yaitu tipe tunggal dan tipe ganda (tandem). Master silinder tipe ganda (tandem type master cylinder) banyak digunakan dibandingkan dengan tipe tunggal (single type).

Pada master silinder tandem, sistem hidraulisnya dipisahkan menjadi dua, masing-masing untuk roda-roda depan dan belakang. Dengan demikian bila salah satu sistem tidak bekerja, maka sistem lainnya akan tetap berfungsi dengan baik.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »