Pengertian, Fungsi dan Tujuan Tune Up Mobil

1:58 PM
Pengertian, Fungsi dan Tujuan Tune Up Mobil - Rasa-rasanya artikel ini nantinya bakalan lengkap banget yaa membahas tentang Tune Up. Padahal antara pengertian, fungsi dan tujuan tersebut hampir-hampir sama. Tune-up mobil biasanya dilakukan secara rutin, entah berdasarkan periode waktu (bulan) atau berdasarkan jarak tempuh. 

Namun, pada umumnya mobil di Tune Up setiap 10.000 km, tergantung bengkelnya juga sih mematok berapa. Tune Up ini hanya berada di lingkup bagian mesin saja, jadi tidak sampai ke bagian chasis, pemindah daya atau kelistrikan. 

Tune-up-mobil
Tune Up Mobil

Pengertian Tune Up Mobil

Berdasarkan katanya dapat kita artikan, tune berarti menyetel, mengatur. Sedangkan Up berarti ke atas. Kemudian pengertian secara umum dan menggabungkan dari asal katanya, dapat kita artikan bahwa Tune Up adalah suatu pekerjaan yang biasanya dilakukan secara rutin dan dapat berupa pemeriksaan, pengukuran, penyetelan, perawatan sampai penggantian komponen jika diperlukan, berada pada lingkup bagian mesin saja, serta bertujuan memaksimalkan (up) performa mesin.

Tujuan dan Fungsi Tune Up Mobil

Tujuan utama dari tune up adalah untuk memaksimalkan performa mesin. Mungkin antara fungsi dan tujuan hampir sama kali ya, sehingga berikut ini kami simpulkan menjadi beberapa poin tentang tujuan, manfaat dan fungsi dari Tune up yaitu untuk :
  1. Memaksimalkan performa mesin.
  2. Menghindari terjadinya kerusakan yang lebih parah, kerusakan ketika dijalan/macet.
  3. Memastikan semua sistem dan komponen berada pada kondisi yang baik dan sesuai dengan spesifikasi yang terdapat pada buku manual.
Manfaat dari Tune Up antara lain adalah performanya lebih baik,  jika dilakukan perawatan rutin maka komponen mesin akan lebih awet dan terhindar dari kerusakan yang lebih parah.


Bererapa pekerjaan saat tune up antara lain :
  • Pemeriksaan sistem pendingin
  • Pemeriksaan sistem pelumasan
  • Pemeriksaan sistem bahan bakar
  • Pemeriksaan sistem pengapian
  • Penyetelan katup
  • dan lain sebagainya

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »