Fungsi Power Window dan Jenis Power Window

5:19 PM
Fungsi Power Window dan Jenis Power Window - Perkembangan teknologi yang ada di mobil semakin pesat, bahkan saat ini telah muncul mobil dengan tekhnologi self-driving atau mobil yang bisa mengemudi sendiri tanpa sopir. Sudah sangat canggih bukan, namun kali ini kita tidak akan membahas itu. Kita membahas teknologi yang lebih sederhana dari itu, yaitu sistem power window.

Sudah tahu sistem power window itu apa? Dibagian pintu, entah itu pintu pengemudi, pintu penumpang samping maupun belakang ada tombol yang apabila ditekan maka bisa membuat jendela turun atau naik sendiri. Yang menggerakkan jendelan itulah dinamakan sistem power window. 

Di mobil-mobil lama sistem power window ini belum ada, sehingga harus manual untuk membuka jendela. Biasanya untuk membuka harus memutar tuas pembuka jendela.

Fungsi Power Window
Sistem power window adalah suatu sistem kelistrikan bodi yang berfungsi untuk membuka dan menutup jendela secara elektrik dengan menggunakan saklar.

Sistem power window ini menggunakan motor sebagai penggerak utama untuk menurunkan dan menaikkan jendela. Motor power window ini bergerak bila saklar ditekan, dan ketika itu maka arus listrik akan mengalir ke motor power window.

Perputaran motor power window ini akan dirubah oleh regulator menjadi gerak naik turun untuk membuka dan menutup jendela.

Jenis-jenis Power Window
Fungsi Power Window dan Jenis Power Window
Fungsi Power Window dan Jenis Power Window

Power window berdasarkan mekanisme dapat dibagi menjadi dua yaitu tipe mekanisme dengan regulator dan tipe mekanisme dengan kabel. Berikut adalah penjelasan keduanya :

Power Window dengan Mekanisme Regulator

Suatu motor listrik akan memutar mekanisme regulator yang dihubung-kan dengan mekanisme pengangkat kaca, bila motor berputar pinion akan menggerakkan gigi regulator dan membuat jendela terangkat naik atau turun. Kontruksinya bisa lihat pada gambar di atas.


Power Window dengan Mekanisme Kabel

Motor listrik mentransfer energi-nya dengan menggunakan kabel yang pada ujungnya di sambung dengan mekanisme pemegang kaca jendela. Sehingga bila motor berputar kabel akan tertarik atau mengendor yang membuat jendela naik atau turun. Kontruksinya dapat anda lihat pada gambar di atas.

Demikian artikel yang berjudul fungsi power window dan jenis dari power window seoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »