Fungsi dan Macam-macam Steering Gear Pada Sistem Kemudi

11:00 AM
Fungsi dan Macam-macam Steering Gear Pada Sistem Kemudi - Pada sistem kemudi (steering system) terdapat rodak kemudi (steering wheel) yang berfungsi sebagai tempat pegangan pengemudi dalam mengendalikan kemudi (membelokkan kendaraan) dengan kata lain berfungsi untuk menerima gaya dari pengemudi untuk disalurkan ke steering column. Selain steering wheel juga terdapat streering column yang berguna untuk meneruskan tenaga dari steering wheel ke steering gear. Komponen lain ada steering gear, dan steering linkage.  Lalu apasih fungsi dari steering gear ini? Berikut ini kami jelaskan mengenai fungsi dari steering gear beserta dengan macam-macamnya :

Baca : Sistem Kemudi (Steering System) Pada Mobil

Fungsi Steering Gear

Fungsi steering gear pada sistem kemudi adalah untuk mengarahkan roda depan dan sebagai gigi reduksi untuk meningkatkan momen agar kemudi menjadi lebih ringan. Umumnya di Indonesia menggunakan steering gear tipe recirculating ball dan tipe rack and pinion, walaupun sebenarnya type steering gear ini tidak hanya 2 jenis tersebut namun kedua tipe tersebut merupakan yang paling banyak digunakan.

Di atas sudah disinggung bahwa steering gear juga sebagai gigi reduksi yang digunakan untuk meningkatkan momen, sehingga kemudi menjadi lebih ringan. Berat ataupun ringannya ini ditentukan oleh besar kecilnya perbandingan gigi atau gear ratio yang ada pada steering gear. Biasanya perbandingan gigi ini sekitar 18 : 1 sampai dengan 20 : 1. Perbandingan steering gear yang semakin besar ini akan membuat kemudi menjadi lebih ringan, namun semakin besar perbandingannya semakin banyak pula jumlah putarannya untuk sudut belok yang sama.


Macam-macam steering gear pada sistem kemudi


Fungsi dan Macam-macam Steering Gear Pada Sistem Kemudi
Fungsi dan Macam-macam Steering Gear Pada Sistem Kemudi

Ada beberapa bentuk steering gear box, diantaranya :

1. Model Worm Dan Sector Roller
Worm gear berkaitan dengan sector roller di bagian tengahnya. Gesekannya dapat mengubah sentuhan antara gigi dengan gigi menjadi sentuhan menggelinding.

2. Model Worm Dan Sector
Pada model ini worm dan sector berkaitan langsung

3. Model Screw Pin
Pada model ini pin yang berbentuk tirus bergerak sepanjang worm gear

4. Model Screw Dan Nut
Model ini di bagian bawah main shaft terdapat ulir dan sebuah nut terpasang padanya. Pada nut terdapat bagian yang menonjol dan dipasang kan tuas yang terpasang pada rumahnya.

5. Model Recirculating Ball
Pada model ini, peluru-peluru terdapat dalam lubanglubang nut untuk membentuk hubungan yang menggelinding antara nut dan worm gear.Mempunyai sifat tahan aus dan tahan goncangan yang baik

6. Model Rack And Pinion
Gerakan putar pinion diubah langsung oleh rack menjadi gerakan mendatar. Model rack and pinion
mempunyai konstruksi sederhana, sudut belok yang tajam dan ringan, tetapi goncangan yang diterima dari permukaan jalan mudah diteruskan ke roda depan.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »