Cara Sederhana Merawat Mobil Agar Tetap Prima dan Awet

1:18 PM
Cara Sederhana Merawat Mobil Agar Tetap Prima dan Awet - Siapa sih yang tidak ingin mobilnya selalu dalam kondisi prima dan tanpa masalah, saya rasa semua orang pasti menginginkan hal itu. Salah satu cara agar performa maksimal adalah dengan melakukan perawatan secara rutin dan periodik. Jika mobil yang kita miliki kita perhatikan, kita rawat dengan sebaik-baiknya pasti mobil akan lebih awet dan performanya maksimal. Walaupun nanti pasti akan ada saatnya mobil rusak dan perlu diperbaiki. Namun kita bisa membuat mobil kita lebih awet, yaitu dengan melakukan perawatan rutin dan berkala.

Lalu bagaimanakah cara merawat mobil agar tetap prima dan awet? Berikut ini adalah ulasannya : 
Cara Sederhana Merawat Mobil Agar Tetap Prima dan Awet
Cara Sederhana Merawat Mobil Agar Tetap Prima dan Awet


1. Disiplin ganti oli dan filter oli
Oli merupakan pelumas bagian mesin yang bergerak, dan fungsinya sangatlah penting pada sebuah kendaraan. Cara sederhana merawat mobil yang pertama adalah dengan mengganti oli dan filter oli secara periodik dan rutin. Dengan begitu sistem pelumasan akan bekerja maksimal, dan komponen mesin yang bergerak dapat terlumasi dengan baik, sehingga kerusakan dapat diminimalisir dan pastinya akan membuat mesin mobil anda lebih awet.

Ada beberapa kasus yang mana pemilik mobil lupa tidak mengganti olinya, sampai sampai oli mesinnya tinggal sedikit (di tambah bocor), karena jumlahnya tidak mencukupi dan kualitasnya yang tidak baik menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen seperti pada bantalan poros enngkol atau \biasa disebut dengan metal (ada metal jalan, metal duduk dan metal bulan).

Baca juga :

2. Cek Kuantitas dan Kualitas Air Radiator
Radiator sangat berperan penting dalam kinerja mesin, radiator merupakan salah satu komponen sistem pendingin yang berguna untuk mendinginkan air pendingin yang mendinginkan mesin. Pertama, cek atau periksa kuantitas (jumlah) air pendingin yang ada pada reservoir tank, pastikan berada di garis full. Kedua cek juga kuantitas dan kualitas air yang berada di radiator dengan membuka tutup radiator. Apabila jumlahnya kurang atau tidak sesuai, silahkan ditambahkan dengan air. Kemudian apabila dalam beberapa hari kemudian air masih saja habis berarti terdapat kebocoran pada sistem pendingin anda. Perbaiki segera karena keterlambatan penanganan dapat berakibat falat, salah satu dampaknya bisa membuat mesin over heating atau mesin mengalami panas yang berlebihan.


3. Bersihkan atau ganti filter udara dan saringan bahan bakar
Filter udara dan juga fuel filter adalah komponen yang sangat vital, keduanya memiliki fungsi untuk menyaring agar tidak ada kotoran yang masuk ke ruang bakar. Filter udara menyaring udara yang masuk, sementara fuel filter atau saringan bahan bakar menyaring bahan bakar dari tangki.

Filter udara dan fuel filter yang kotor bisa berakibat mesin tidak bertenaga, susah dihidupkan dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Untuk itu bersihkan secara rutin, bila sudah terlalu kotor lebih baik diganti dengan yang baru.

4. Gunakan bahan bakar yang sesuai
Bila mobil anda sudah menggunakan fuel injection, maka lebih baik menggunakan bahan bakar jenis pertamax. Selain lebih bersih tidak mengandung timbal, juga hasil pembakarannya lebih bagus dan tidak meninggalkan kerak pada ruang bakar.

5. Servis rutin/berkala
Nah, bila anda males melakukan kelima hal tersebut secara mandiri. Anda tinggal menservis mobil anda di bengkel langganan anda. Servis rutinnya bisa berupa tune up mobil rutin atau pun hanya sekedar ganti oli. Yang pasti, servis kan mobil anda secara berkala.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »