Cara Kerja Power Window Naik Turun Secara Otomatis Sekali Sentuh

11:38 AM
Cara Kerja Power Window Naik Turun Secara Otomatis Sekali Sentuh - Salah satu fungsi yang ada di Power Window adalah buka tutup secara otomatis sekali sentuh, di mana dengan sekali sentuh entah itu ditekan (untuk turun) maupun ditarik (untuk naik) maka kaca jendela akan bergerak membuka atau menutup sampai maksimum. Tentu dengan adanya fungsi ini akan memudahkan pengemudi ketika ingin membuka kaca jendela sepenuhnya, atau pada saat ingin menutup penuh kaca jendela.

Hampir setiap mobil saat ini power windownya sudah dilengkapi dengan fungsi ini. Lalu bagaimanakah cara kerjanya? Simak ulasan berikut ini :


A. Cara Kerja Buka secara Otomatis
Cara Kerja buka secara Otomatis
Cara Kerja buka secara Otomatis

Ketika kunci kontak berada di posisi ON, kemudian saklar power window ditekan sepenuhnya, sinyal otomatis UP dimasukkan ke rangakain kontrol. Rangkaian kontrol akan menjaga Tr utama dan Tr untuk posisi down tetap pada posisi ON dalam waktu sekitar 10 detik, relai down power window akan aktif maka secara otomatis motor power window akan berputar, membuat kaca jendela turun (membuka)

Motor power window berhenti jika jendela betul-betul terbuka dan rangakian kontrol mendeteksi penguncian motor dari sinyal sensor kecepatan dan limit switch dari motor power window atau matinya rangkaian waktu. 

Bila ingin kaca jendela tidak sampai bawah maka buka otomatis ini dapat dihentikan dengan cara menarik saklar power window secara setengah.

B. Cara Kerja Tutup secara Otomatis
Cara Kerja Tutup secara Otomatis
Cara Kerja Tutup secara Otomatis

Kemudian ketika kunci kontak berada di posisi ON kemudian saklar power window di tarik secara penuh, sinyal otomatis UP dimasukkan ke rangakain kontrol. Rangkaian kontrol akan menjaga Tr utama dan Tr untuk posisi Up tetap pada posisi ON dalam waktu sekitar 10 detik, relai up power window akan aktif maka motor power window akan berputar secara otomatis.

Motor power window berhenti bekerja apbila jendela betul-betul tertutup dan rangakian kontrol mendeteksi penguncian motor dari sinyal sensor kecepatan dan limit switch dari motor power window atau matinya rangkaian waktu. Sama dengan buka otomatis, apabila ingin memberhentiikan kaca jendela ketika menutup secara otomatis maka dapat dilakukan dengan menekan saklar power window secara setengah.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »