Kelebihan dan Kekurangan Mekanisme Penggerak Kopling Tipe Hidraulis

5:04 PM
Kelebihan dan Kekurangan Mekanisme Penggerak Kopling Tipe Hidraulis - Mekanisme penggerak kopling ada dua, yaitu tipe mekanis dan tipe hidraulis. Pada mekanisme tipe hidraulis ini, pergerakan pedal kopling diubah oleh master silinder menjadi tekanan hidraulis, yang kemudian diteruskan ke release fork (garpu pembebas) kopling melalui silinder pembebas. Pada prinsip kerjanya, hampir sama dengan sistem rem yang hidraulis. Komponen dari master silinder kopling pun tidak jauh berbeda dari master silinder pada sistem rem.

Untuk tipe hidraulis memang diperllukan komponen-komponen yang lebih banyak ketika kita bandingkan dengan tipe yang lain (tipe mekanis). Hanya saja untuk tipe hidraulis ini memiliki kelebihan yaitu mampu memindahkan tenaga yang lebih besar, sehingga tipe ini sering digunakan pada kendaraan-kendaran yang besar.


Jika pada tipe mekanis, terdapat kerugian gesekan yang akan membuat pedal lebih berat. Sedangkan pada tipe ini, kerugian akibat gesekan tidak ada. Intinya semua itu ada kelebihan dan kekurangannya, apa saja kelebihan dan kekurangan mekanisme penggerak kopling tipe hidraulis ini. Berikut kami jabarkan :


Komponen-mekanisme-penggerak-kopling-tipe-hidraulis
Mekanisme Penggerak Kopling Tipe Hidraulis

Kelebihan mekanisme penggerak tipe hidraulis

1. Kehilangan tenaga yang diakibatkan oleh gesekan lebih kecil, sehingga dapat menyalurkan tenaga lebih maksimal. Penakanan pada kopling pun menjadi lebih ringan. 
2. Pemindahan tenaga pedal kopling lebih cepat, kinerja kopling pun lebih baik
3. Penempatan pedal kopling dan master silinder mudah ditempatkan sesuai dengan keadaan.

Kekurangan mekanisme penggerak tipe hidraulis
1. Kontruksinya lebih rumit
2. Kerja kopling akan terganggu apabila terjadi kebocoran, atau terdapat udara pada sistem. Dan ini sering terjadi pada kendaraan-kendaraan yang ada.

Demikian artikel tentang kelebihan dan kekurangan mekanisme penggerak kopling tipe hidraulis. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »