Fungsi Thermostat Pada Sistem Pendingin Mobil

8:50 PM
Fungsi Thermostat Pada Sistem Pendingin Mobil - Pada sistem pendingin yang ada di mobil terdapat komponen yang bernama thermostat, apa sih itu themostat? Thermostat merupakan sejenis katup yang dapat membuka dan menutup secara otomatis sesuai dengan temperatur air pendingin pada sistem pendingin mobil.

Dari namanya aja kita sudah bisa mengetahui, bahwa thermo itu panas. Jadi semacam pengukur panas disertai dengan katup yang dapat membuka dan menutup. Lalu mengapa pada sistem pendingin dibutuhkan thermostat? Berikut ini alasannya :

Cairan pendingin ini akan menerima panas dari mesin, umumnya efisiensi mesin beroperasi paling baik adalah ketika suhunya sekitar 80 sampai 90 derajat celcius. Temperatur tersebut kita sebut saja sebagai temperatur kerja.

Ketika memanaskan mesin di pagi hari, tentu saja kita menginginkan mesin segera mencapai temperatur kerja (sering dibilang mencapai mesin panas), nah apabila pada sistem pendingin tidak terdapat katup seperti thermostat, maka cairan pendingin yang ada di dalam water jacket akan bersirkulasi ke radiator untuk didinginkan dengan kata lain proses pendinginan mesin saat memanaskan mesin terjadi, akibatnya mesin membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai temperatur kerja.

Thermostat ini dipasang pada sistem pendingin dan berfungsi untuk mempertahankan temperatur cairan pendingin dalam batas yang diizinkan, berfungsi juga agar mesin lebih cepat mencapai temperatur kerja di pagi hari. Jadi dapat disimpulkan bahwa fungsi dari thermostat pada sistem pendingin adalah sebagai berikut :

Fungsi Thermostat

  1. Untuk menahan air pendingin agar tidak menuju ke radiator untuk didinginkan, dengan kata lain menahan air pendingin agar bersikulasi hanya pada mesin saja. Ini terjadi ketika suhu mesin masih rendah, sehingga mesin cepat mencapai temperatur kerja (80 - 90 derajat celcius).
  2. Berfungsi untuk membuka saluran dari mesin ke radiator agar air pendingin dapat bersirkulasi dari mesin ke radiator, sehingga air pendingin dapat didinginkan di radiator. Ini terjadi pada saat mesin telah mencapai suhu kerja.
  3. Intinya adalah fungsi dari thermostati ini yaitu untuk mempertahankan temperatur cairan pendingin agar berada dalam batas yang diizinkan.
Fungsi Thermostat Pada Sistem Pendingin Mobil
Fungsi Thermostat Pada Sistem Pendingin Mobil

Kontruksi Thermostat pada Sistem Pendingin


Dimana thermostat ini dipasang? Thermostat ini dipasang pada saluran air keluar dari mesin menuju radiator. Thermostat ini dioperasikan oleh wax sealed yanag berada di dalam silinder. Wax ini dapat perubah volumenya apabila terdapat pengaruh suhu/temperatur.
Letak Thermostat
Letak Thermostat

Perubahan volume wax ini akan membuat silinder bergerak, pergerakannya yaitu turun atau naik yang akan membuat katup membuka atau menutup. Di dalam thermostat juga terdapat jiggle valve yang memiliki fungsi untuk mengalirkan air dari sistem pendingin pada saat menambahkan cairan pendingin kedalam sistem pendingin.

Baca juga artikel lainnya :
  1. Sistem Pendingin Pada Mobil
  2. Pemeriksaan Sistem Pendingin Pada Saat Tune Up Mobil
  3. Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »