Fungsi Hot Idle Compensator (HIC) Pada Karburator

7:00 AM
Fungsi Hot Idle Compensator (HIC) Pada Karburator - Pada karburator terdapat berbagai macam sistem yang berfungsi untuk mendapatkan hasil campuran udara dan bahan bakar yang tepat dan sesuai dengan beban mesin. Sudah beberapa macam sistem yang saya share dalam blog ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sistem kerja karburator pada stationer dan kecepatan lambat
  2. Fungsi dan Cara Kerja Solenoid Valve pada Karburator
  3. Fungsi sistem cuk pada karburator
  4. Sistem pelampung pada karburator

Fungsi dan Cara kerja Hot Idle Compensator (HIC)

Fungsi dari HIC ini adalah untuk mengatasi idle kasar yang diakibatkan oleh campuran udara dan bahan bakar yang gemuk akibat dari naiknya temperatur komponen komponen mesin di sekeliling karburator.

Cara kerjanya :
Ketika kendaraan sudah berjalan dengan jarak yang jauh dan lambat, maka temperatur mesin sudah panas, dan di sekeliling karburator ikut naik. Naiknya temperatur di sekelilin karburator ini akan membuat bahan bakar yang berada di dalam ruang pelampung akan menguap dan akhirnya masuk ke intake manifold. Karena uap bahan bakar pada masuk ke intake manifold, maka terdapat tambahan pasokan bahan bakar dalam artian campuran udara dan bahan bakarnya menjadi gemuk.

Campuran yang gemuk tersebut akan membuat idle menjadi kasar, dan kurang halus. Oleh sebab itu pada karburator dilengkapi dengan HIC atau Hot Idle Compensator untuk mengatasi masalah tersebut.


Hot Idle Compensator
Hot Idle Compensator


Gambar diatas adalah gambar tentang cara kerja hot idle compensator, ketika temperatur mesin meningkat maka bimetal akan membuka thermostatic valve, sehingga udara dari air horn dapat mengalir ke dalam intake manifold melalui saluran udara dalam flaege. Ini membuat campuran bahan bakar menjadi normal (tidak terlalu gemuk). Katup thermostatic ini akan mulai membuka ketika temperatur di sekeliling elemen bimetel mencapai 55 derajat celcius dan akan membuka penuh ketika suhu di sekitar elemen bimetal mencapai 75 derajat celcius.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »