Gaya Sok-sokan Jumping Motor, Akhirnya Jatuh Juga Ngakak

5:19 PM Add Comment
Gaya Sok-sokan Jumping Motor, Akhirnya Jatuh Juga - Sepertinya masalah jumping motor harus ada ilmunya, tanpa ada ilmunya bisa dipastikan jatuh terkapar menyentuh aspal yang super keras.

Namun dibalik itu semua ada pesan yang sangat berharga untuk kita jadikan pelajaran hidup. Apa itu? Yaaa, semua itu tidak instan, perlu belajar, kerja keras dan pantang menyerah. Agar bisa jumping montor dengan sempurna dan indah, harus dilalui dengan proses belajar.


Gaya Sok-sokan Jumping Motor, Akhirnya Jatuh Juga
Gaya Sok-sokan Jumping Motor, Akhirnya Jatuh Juga


Dalam proses belajar inilah mungkin saja ditemui kegagalan-kegagalan yang sangat menyakitkan, termasuk jatuh dari motor.

Soo, jangan bilang mereka itu goblok karena anda juga belum tentu bisa untuk melakukannya. Seperti apa video jumping motor yang gagal itu. Simak video berikut, jangan lupa like & share ya untuk perkembangan blog ini dan chanel youtu saya. Terimakasih yang sudah like & subcribe, semoga diberi kemudahan dalam setiap urusannya.


Gimana, lucu-lucu bukan :). Ati-ati yaa, jangan meniru adegan di atas kalau belum tahu ilmunya. v

Prinsip Dasar Sistem Starter Pada Mobil

4:54 PM Add Comment
Prinsip Dasar Sistem Starter - Kemarin telah dibahas bahwa komponen sistem starter antara lain motor starter, kunci kontak, baterai dll. Namun, pada dasarnya sistem starter terdapat dua komponen penting yaitu motor starter dan baterai. Kunci kontak hanyalah untuk memutus dan menghubungkan arus saja, atau seperti saklar lah untuk menghidupkan dan mematikan.

Baterai sebagai sumber arus (listrik) dan motor starter sebagai pengubah energi listrik menjadi energi gerak nantinya. Nah bagaimana proses perubahan ini, marilah kita pelajari bersama-sama dalam artikel ini.

Motor stater dapat menghasilkan gerak (putaran untuk menghidupkan mesin) dengan amemanfaatkan medan magnet, medan magnet ini didapat dari aliran listrik. Bagaimana bisa arus listrik bisa menghasilkan medan magnet? Kumparan.. Yes itu jawabanya, . Kita pelajari dari prinsip-prinsip dan teori-teori fisika yang telah ada. Hukum newton? Bukaaannn, itu beda lagi.

Jika suatu penghantar dialiri arus yang arahnya menjauhi kita, maka medan magnet yang dibangkitkan saarah dengan jarum jam, dan juga sebaliknya.

Arah aliran arus dan arah medan magnet yang dihasilkan
Arah aliran arus dan arah medan magnet yang dihasilkan

Apabila suatu penghantar yang dialiri arus listri seperti pada gambar di atas, dan ditempatkan dalam suatu medan magnet, maka yang terjadi adalah garis-garis gaya magnet dari kutub utara ke kutub selatan akan mengarah mengikuti arah gaya magnet pada penghantar. Garis-garis gaya magnet tersebut selanjutnya akan mendorong penghantar untuk bergerak (kebawah sesuai dengan gambar).

Nah teori itu menggnakan hukum tangan kiri Fleming untuk menentukan arah gerakan penghantar yang dialiri arus. Jari teluntuj menggambarkan arah medan magnet, yaitu dari utara ke selatan. Kemudian jari yang tengah menunjukan arah arus, dan ibu jari menunjukan arah gerakan penghantar yang akan dihasilkan.
Efek penghantar yang dialiri arus
Efek penghantar yang dialiri arus
Selanjutnya silahkan lihat gambar di atas, dan pahami makna dan maksudnya. Paham? Okeee, begini arah aliran arus di atas adalah meninggalkan kita sehingga medan magnet yang dihasilkan adalah berbelok ke atas sehingga akan mendorong penghantar bergerak ke bawah.

Apabila penghantar tersebut memiliki bentuk U, kemudian diletakkan dalam suatu medan magnet, maka arah aliran arusnya ada dua yaitu mendekati dan juga menjahui. Ketika arah arus nya berbeda, maka medan magnet yang dihasilkan pun juga berbeda, medan magnet yang satu akan berbelok ke arah bawah (pada arus yang mendekati) dan yang satunya medan magnetnya akan berbelok ke atas (pada arus yang menjauhi kita. Sehingga penghantarnya pun juga bergerak berbeda, yang satu ke atas dan yang lainnya kebawah.

Penghantar dengan bentuk U
Penghantar dengan bentuk U
Namun karena arus tidak bisa berubah arah dengan sendirinya, hasilnya adalah gerakannya (putarannya) hanya akan terjadi satu kali. Agar dapat bergerak menghasilkan putaran yang kontinyu, maka gerakan ini harus diulang-ulang, syaratnya adalah arus yang meninggalkan kita harus berada di sebelah kanan dan arus yang mendekati kita harus berada di sebealah kiri. 

Dalam motor starter terdapat komponen yang berfungsi untuk memisahkan arus agar selalu sama yaitu cincin belah yang dipasang di ujung penghantar, cincin belah ini dalam dunia tekhnik disebut dengan komutartor. Padai setiap segmen komutator terdapat sikat, sikat ini menjadi perantara untuk menghantarkan arus dari baterai ke komutator. Sikat ini lama-kelamaan dapat aus, karena bahannya yang memang di desain lebih lunak dibandingkan besi, sikat ini bergesekan dengan komutator yang berputar. Apabila komutatornya yang lebih lunak dan aus, tentu akan merugikan bukan? Karena harus mengganti kumparan seunitnya.

Jik penghantar sebelah kanan terdorong kebawah, dan penghantar kiri terdorong ke atas maka keduanya juga membuat komutator berputar pada porosnya (searah jarum jam). Komutator yang berhubungan dengan sikat positif akan bergerak menjauhi sikat positif, dan juga komutator yang berhubungan dengan sikat positif akan bergerak menjauhi sikat negatif.  

Karena efek putaran ini, komutator yang bertanda negatif akan mendekati sikat positif dan kemudian terhubung dengan sikat positif. Selanjutnya komutator yang awalnya berhubungan dengan sikat negatif berganti dan berhubungan dengan sikat positif dan komutator yang semula berhubungan dengan sikat positif berganti dan berhubungan dengan sikat negatif. Proses tersebut akan terjadi secara berulang-ulang sehingga kumparan akan terus berputar. 

Gerakan komutator saat berputar
Gerakan komutator saat berputar
Pada umumnya setiap kendaraan menggunakan motor starter yang menggunakan magnet tidak permanen, magnet ini dihasilkan dari kumparan yang kemudian dialiri arus. Hampir sama prinsipnya dengan yang ada pada ignition coil, dalam hal magnet saja yaa. Penghatar dililitkan pada inti besi untuk menghasilkan medan magnet kutub utara (N = North) dan dihubungkan lagi dengan inti besi lainnya untuk menghasilkan medan magnet kutub selatan (S = South), kemudian penghantar tersebut dihubungkan dengan komutator, dan komutator yang satunya dihubungkan dengan massa (negati).

Rangkaian dasar motor starter
Rangkaian dasar motor starter
 Saat motor bekerja arus mengalir dari terminal positif baterai ke kumparan medan (N), ke kumparan medan (S), ke komutator positif, ke kumparan pada armatur, ke komutator negatif, kemudian ke massa (negatif baterai). Akibatnya terjadi medan magnet pada kedua inti besi kumparan medan, dan arus yang mengalir melalui kumparan armatur juga akan menghasilkan medan magnet dan efeknya adalah terjadi fenomena seperti yang telah digambarkan pada gambar 7.4.c. Maka armatur atau penghantar berputar seperti juga yang telah dijelaskan melalui gambar 7.5.

Fungsi Sistem Starter dan Komponen-komponennya Pada Mobil

8:52 PM Add Comment
Fungsi Sistem Starter dan Komponen-komponennya Pada Mobil - Agar suatu mesin dapat hidup, harus diputar dengan tenaga eksternal terlebih dahulu. Pada mesin-mesin konvensional, misalnya seperti diesel 1 silinder maka harus di engkol terlebih dahulu untuk menghidukan mesin. Berbeda dengan yang ada pada kendaraan seperti mobil, bus maupun truk. Maka dari itu dibutuhkanlah sistem start untuk menghidupkan mesin. Walaupun beberapa mobil bisa hidup tanpa adanya starter, tentunya jika kepepet :), yaitu dengan mendorongnya. Masak iya, untuk menghidupkan mesin saja harus mendorong terlebih dahulu, dan itu ngga mungkin jika hanya ada satu orang saja.

Lalu apa sih fungsi dari sistem starter? Berikut ini adalah fungsi nya :

Fungsi Sistem Starter 

Sistem starter adalah suatu sistem yang terdapat pada suatu kendaraan yang berfungsi untuk memberikan tenaga atau putaran awal bagi mesin sehingga dapat menjalankan siklus kerjanya. 

Nah pada sistem starter terdapat motor starter yang berfungsi merubah energi listrik menjadi energi gerak, output gerakan dari motor starter ini akan digunakan untuk memutar fly wheel, fly wheel berhubungan dengan mesin sehingga mendapat putaran awal dan ketika siklus kerjanya sudah bekerja maka mesin tidak digerakkan lagi oleh sistem starter, tetapi digerakkan oleh tenaga yang dihasilkan pada saat langkah usaha dengan kata lain mesin sudah hidup.
 
Sebelum kita jauh melangkah ke cara kerja sistem starter, lebih baik kita mengenal terlebih dahulu tentang komponen-komponen dari sistem starter. Apa saja sih komponen dari sistem starter ini, sehinga dapat bekerja? 

Fungsi Sistem Starter dan Komponen-komponennya
Fungsi Sistem Starter dan Komponen-komponennya

Komponen utama sistem starter 

  1. Baterai
  2. Kunci konta
  3. Relay
  4. Motor starter
  5. Sirkuit (kabel, sekering dkk)
Baca juga : Cara merawat baterai (aki) mobil

Demikian artikel tentang fungsi sistem starter dan komponen-komponennya. Selanjutnya saya ingin membuat sebuah chanel youtube untuk menjelaskan setiap materi tentang otomotif. Nah, bisa deh langsung di subcribe saja agar tidak ketinggalan video penjelasannya : Chanel Youtube : Kang Parjo

Lowongan Pekerjaan Dibutuhkan Mekanik Berpengalaman Bengkel Mobil di Yogyakarta

9:33 PM Add Comment
Lowongan Pekerjaan Dibutuhkan Mekanik Berpengalaman Bengkel Mobil di Yogyakarta - Agak sedikit melenceng dari postingan-postingan sebelumnya, tapi masih ada sangkut pautnya walaupun cuman dikit.

Kebetulan keluarga kami memiliki sebuah bengkel mobil, yaitu Bengkel Idaman Montor yang beralamatkan di Minggir 3, Sendangagung, Minggir, Sleman, Yogyakarta.

Kami membutuhkan 1 orang mekanik yang berpengalaman minimal 2 tahun di bengkel mobil. Apabila anda adalah seorang mekanik yang ingin pindah ke bengkel lain, entah yang lebih dekat dari rumah atau karena sudah tidak kuat dengan sistemnya. Boleh kok tanya-tanya lowongan di bengkel kami.

Lowongan Pekerjaan
Lowongan Pekerjaan



Apa saja syaratnya?

1. Laki-laki maksimal 35 tahun.
2. Berpengalaman minimal 2 tahun.
3. Islam
4. Rajin
5. Tekun
6. Pendidikan minimal SMK

Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi nomor berikut : 085877651578 (wa only). Selama iklan ini belum dihapus berarti lowongan masih tersedia.

Keterangan :
1. Gaji umr + bonus bila memuaskan kerjanya
2. Tidak ada mesh
3. 8 jam kerja
4. Diutamakan yang dekat rumah, maksimal 20 km dari lokasi

Apa Tujuan Penggunaan Center Clucth Pada Saat Perakitan Kampas Kopling?

12:44 AM Add Comment
Apa Tujuan Penggunaan Center Clucth Pada Saat Perakitan Kampas Kopling? - Ketika melakukan penggantian kampas kompling atau clutch disc maka pada saat memasang perlu alat khusus yang digunakan untuk mencenterkan clutch disc. Nah kali ini kita ngga akan bahas yang berat-berat, cukup yang ringan-ringan saja :).

Jadi apa sih sebenarnya tujuan dari penggunaan center clutch?

Yaa tujuannya untuk mencenterkan clutch disc agar berada di tengah-tengah? Pertanyaan selanjutnya mengapa harus di tengah-tengah?

Setelah clucth disc dan unit kopling lainnya (unit penekan) terpasang maka langkah selanjutnya adalah memasang transmisi. Nah disinilah mudah tidaknya dalam memasang transmisi tergantung dari center tidaknya clutch disc.

Apa Tujuan Penggunaan Center Clucth
Apa Tujuan Penggunaan Center Clucth
Apabila tidak center maka poros input dari transmisi tidak dapat masuk kedalam bantalan pilot. Pernah sewaktu-waktu saya memasang tanpa menggunakan center clutch, karena tidak adanya center clutch yang cocok.

Hasilnya luar biasa, sangat susah dan endingnya harus mencenterkan beberapa kali secara manual dan hanya mengandalkan penglihatan yang terbatas.

Jadi sudah tahu kan apa tujuan dari penggunaan center clutch pada saat pemasangan kampas kopling ini? Yaitu untuk mencenterkan clutch disc, sehingga poros input pada transmisi dapat mudah masuk kedalam bantalan pilot.

Berapa Hourse Power (Tenaga Kuda) Motor Kawasaki Ninja H2 SX?

3:41 PM Add Comment
Berapa Hourse Power (Tenaga Kuda) Motor Kawasaki Ninja H2 SX?  - Berdasarkan berita dari motorcyclenews, Rabu (8/11/2017) terkait dengan motor Kawasaki Ninja H2 SX yang juga menjadi pusat perhatian di ajang EICMA 2017 yang diadakan di Milan Italia.

Mesin yang ber cc 998 cc ini memiliki tenaga maksimal hingga 209 tenaga kuda, wow buka. Mesin yang digunakan merupakan generasi kedua dari H1 Supercharger.

Berapa Hourse Power (Tenaga Kuda) Motor Kawasaki Ninja H2 SX?
Berapa Hourse Power (Tenaga Kuda) Motor Kawasaki Ninja H2 SX?

Lanjut torsi yang dihasilkan dari mesin motor gedhe ini sekitar 137,3 Nm. Mesin ini didesain untuk mengejar putaran bawah sampai tengah, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Jadi sangat friendly lah kalau buat berkendara di jalan raya, terlebih di jalan raya yang macet.

Tidak beda jauh seperti ZX-10RR, H2 Sx yang merupakan versi touring dari H2 juga sudah dibekali dengan inertial measurment unit, cruise control dan kawasaki cornering management function (KCMF).

Dibandingkan generasi sebelumnya, motor sport yang satu ini sedikit mengalamai perubahan dibagian rangkanya. Tentunya karena untuk touring jadi ditambah sedikit aksesoris agar bisa membawa penumpang. Dan masih banyak fitur pendukung lainnya.

Lalu harganya berapa? I don't know.. yang pasti butuh berjuta-juta untuk membeli motor ini. :).

Cara Memeriksa Kampas Kopling (Plat Kopling/Clutch Disc)

12:33 PM Add Comment
Pemeriksaan Kampas Kopling (Plat Kopling/Clutch Disc) - Ketika melakukan perbaikan dan perawatan kopling, terlebih lagi ketika ada gejala-gejala yang menunjukan rusaknya atau habisnya kampas kopling maka salah satu cara adalah dengan membongkar dan memeriksanya dengan melakukan pengukuran pada clutch disc. 

Berikut adalah beberapa pemeriksaan atau pengukuran pada clucth disc :

Cara memeriksa kampas kopling
Cara memeriksa kampas kopling

•    Kondisi kanvas ( jika terbakar atau kotor oli ganti )
•    Tebal kanvas dengan paku keling, minimal 0,3 mm

•    Kondisi naf terhadap kelonggaran
•    Kondisi karet / pegas ( pecah atau longgar, ganti )

Pemeriksaan yang pertama adalah kondisi kanvas, periksa dari kemungkinan terbakar atau kotor oli. Kamvas yang terbakar akan berwarna hitam, dan menimbulkan arang berwarna hitam-hitam. Sementara apabila terdapat oli, coba diperiksa seal yang ada pada transmisi.


Kemudian kampas kopling diperiksa ketebalannya dengan menggunakan jangka sorong, dengan kedalaman minimal 0,3 mm. Apabila melebihi maka kampas kopling perlu diganti. Selain itu juga diperiksa bagian naf dan karet/pegas.

Penyebab Rem Cakram Mobil Macet dan Panas

11:04 AM Add Comment
Penyebab Rem Cakram Macet dan Panas - Pernahkan anda merasakan tenaga mobil yang kurang, ditambah pelek mobil yang begitu panas padahal anda tidak baru saja melewati jalan naik turun atau kemacetan parah.

Ketika turun dari mobil dan tidak sengaja menyentuk pelek dan awawawaw panas sekali.. Ketika disiram pakai air pun.. csssss seketika ada asap yang keluar, menandakan begitu panasnya tuh pelek. Peleknya aja panas apalagi dalamnya.

Ketika di bengkel, maka roda akan dilepas. Dan yakinnn, mekaniknya juga kepanasan, megang roda aja kaya megang gorengan yang baru saja mateng :).

Roda terlepas, selanjutnya buka rem cakram, buka kalipernya dan lihat tuh kampas. Jika sudah habis, pantas jika panas, karena besi bergesekan dengan besi. Tapi tunggu,, eitsss ini kampis masih bagus tapi kok macet dan panas.

Rem panas
Ehhh. itu gambar mobil lagi ngedrift yaaa, bukan karena remnya panas atau macet.

Sudah pasti pistonnya macet, dia mau maju tapi ngga mau mundur. Ngga enak kan kalau maju saja ngga pakai mundur,, ehhh ngomong apaan sih.

Coba dilepas pistonnya, gimana caranya? Injak saja pedal remnya sampai keluar. Kocok terus.. agak berat ya? Itu tandanya macet..

Blugg.. sudah keluar. Pasti pistonnya banyak karatnya, makanya mobilnya jangan dianggurin, dipakai walaupun seminggu sekali. Atau bila ngga dipakai ya digenjot terus remnya.

Jangan lupa ganti juga karetnya, pasti udah rusak, bila piston remnya udah parah jangan dipasang, percuma nanti malah macet lagi. Lebih baik ganti piston dengan yang baru.. Uhhhh baru nih yeee..

Macam-macam Minyak Rem dan Keselamatan Kerja / SOP Terkait Minyak Rem

4:00 PM Add Comment
Macam-macam Minyak Rem dan Keselamatan Kerja / SOP Terkait Minyak Rem - Pada rem tipe hidraulis menggunakan minyak rem untuk menyalurkan gaya tekan yang dihasilkan dari injakan pengemudi pada pedal rem. Tekanan ini akan sampai ke masing-masing roda. Ada beberapa macam dari minyak rem, yang pastinya masing-masing memliki kegunaan atau karakteristik tersendiri. Oke langsung saja berikut ini kami jabarkan tentang macam-macam minyak rem :

Macam-macam Minyak Rem
Macam-macam Minyak Rem

DOT 3 & 4    : Cairan rem berdasar etilglikol yang masih umum digunakan. Memliki sifat beracun, korosif, menngabsorsi air dan merusak cat.

DOT 5        : Cairan rem berdasar oli silikon yang baru dipasarkan di Amerika dan Eroepa.  Pengganti Dot 3 & 4 bersifat anti karat

LHM & LHS    : Cairan rem berdasar oli hidroulik. Minyak rem ini hanya digunakan pada mobil citroen.

Keselamatan Kerja atau SOP terkait Minyak Rem

Minyak rem harus disimpan dalam kaleng yang tertutup rapat, bila tidak maka cairan rema kan mengabsorbsi air dari udara luar. Sehingga akan merugikan temperatur titik didih minyak rem, dan akan meningkatkan sifat korosifnya. (Titik didih : Minyak rem baru 300 derajat celcius, jika ada kandungan air 5 % maka titik didihnya turun menjadi 150 derajat celcius. 



Apabila minyak rem tumpah atau menetes di cat mobil, maka bersihkan segera dengan air (disiram). Air akan menetralkan minyak rem, dan mencegah cat mobil rusak.


Karena minyak rem ini beracun, maka sesudah bekerja jangan lupa cuci tangan dengan sabun. Biasanya orang yang sehabis berurusan dengan minyak rem, jari-jarinya kan mengkerut seperti orang kedinginan di dalam air. wkwk

Minyak rem bekas jangan di buang sembarangan, jangan dibuang di sungai atau tanah karena mencemari. Lebih baik dikumpulkan di sebuah drum penampung minyak rem bekas. Atau langsung dijadikan satu dengan oli bekas.

Dilarang membuang di tanah atau air  ! 
( polusi )

Fungsi dan Komponen-komponen Sistem ABS Pada Rem Mobil

Fungsi dan Komponen-komponen Sistem ABS Pada Rem Mobil

11:42 AM Add Comment
Fungsi dan Komponen-komponen Sistem ABS Pada Rem Mobil - Kendaraan saat ini sudah semakin canggih, termasuk safety systemnya atau sistem keamanannya. Ada berbagai sistem yang mendukung keamanan dan keselamatan penumpang dalam berkendara seperti ABS yang ada pada sistem remnya, Air bag yang akan melindungi penumpang ketika terjadi tabrakan dan masih banyak lagi. Tentunya fitur-fitur keamanan ini diciptakan agar penumpang semakin aman dan nyaman ketika berkendara.

Nah, kali ini bisaotomotif.com akan membahas tentang sistem rem abs ini, terkait pengertinnya, fungsinya, komponennya dan juga cara kerjanya secara sederhana saja. Oke kita mulai dari fungsi ABS.
 
Sistem ABS (Anti-Lock Brake System)
ABS atau ALS (Anti Lock Brake System) adalah suatu sistem pengatur tekanan rem yang mencegah supaya roda-roda tidak mengunci (lock), walaupun pengemudi melakukan pengereman dengan gaya penuh.

Sistem ini meningkatkan pengamanan saat pengereman karena :
Roda yang tidak memblokir (saat belok) bisa memindahkan gaya ke samping

Lalu apa sih fungsi atau tujuan adanya sistem abs pada sistem rem mobil?
  • Menstabilkan mobil pada saat pengereman, bahkan di jalan yang jelek sekalipun
  • Mobil masih bisa dikemudikan, walaupun tekanan rem penuh
  • Ban lebih awet
  • Resiko selip atau kecelakaan leih kecil
Sistem ABS pada suatu rem hidraulis adalah sistem yang mulai bekerja, bila salah satu roda mulai memblokir atau mengunci. Selama roda masih berputar tekanan rem mengalir langsung dari master ke silinder roda.

Komponen-komponen ABS

Nah, berikut ini kami sebutkan beberapa komponen dari sistem ABS pada rem mobil :
 
1.    Silinder master
2.    Unit kontrol tekanan rem
3.    Komputer
4.    Sensor putaran roda    
5.    Silinder roda
6.    Lampu kontrol
7.    Sensor putaran aksel belakang

Cara Kerja Booster Rem Saat Di Rem, Bebas dan Pedal Rem Lepas Injakan

10:26 AM Add Comment
Cara Kerja Booster Rem Saat Di Rem, Bebas dan Pedal Rem Lepas Injakan - Pada sistem rem terdapat komponen yang bernama Booster Rem atau penguat tenaga sistem rem. Sesuai dengan namanya fungsinya adalah untuk memperkuat, atau memperbesar gaya pengereman, dengan begitu pengemudi tidak perlu membutuhkan tenaga yang besar untuk menginjak rem karena dibantu dengan booster rem ini.

Mungkin untuk fungsi dan bagian-bagian dari booster rem dapat anda lihat di artikel berikut ini : Fungsi dan Komponen Booster Rem.

Setelah paham tentang fungsi dan komponen-komponennya, maka selanjutnya adalah mengetahui cara kerja dari booster rem. Bagaimanakah cara kerjanya? Simak gambar dan penjelasan berikut ini.

1. Cara Kerja Saat Bebas

Cara Kerja Saat Bebas
Cara Kerja Saat Bebas
  • Tidak ada gaya tekan pedal > pegas rekasi mendorong katup pengendali ke arah katup udara menutup dan katup vakum membuka
  • Saluran vakum terbuka > ruang A berhubungan dengan ruang B
  • Tekanan diruang A > ruang B, tekanan seimbang > tidak ada rekasi gaya dorong ftorak
  • Pegas pengembali mampu menekan torak pada posisi belum bekerja

2. Cara Kerja Saat Di Rem

Cara Kerja Saat Di Rem
Cara Kerja Saat Di Rem
  • Gaya pedal rem  >  pegas reaksi   >   katup vakum menutuk saluran vakum > torak boster >  batang dorong dan torak silinder master
  • Saat katup vakum menutupsaluran vakum > katup udara membuka saluran udara akibatnya ruang A tidak ada hubungan dengan ruang A
  • Ruang A berhubungan dengan tekanan vakum dan ruang B berhubungan dengan tekanan atmosfir ( udara ). PB>PA (Tekanan di area B lebih besar daripada tekanan di area A) sehingga timbul rekasi gaya dorong kearah torak silinder master ( boster bekerja )

3. Cara Kerja Saat Lepas Injakan dari Pedal Rem

Cara kerja saat lepas injakann dari pedal rem
Cara kerja saat lepas injakann dari pedal rem
  • Gaya pedal rem  > pegas reaksi   >   katup vakum menutuk saluran vakum  >  torak boster  > batang dorong dan torak silinder master
  • Saat katup vakum menutupsaluran vakum >  katup udara membuka saluran udara akibatnya ruang A tidak ada hubungan dengan ruang A
  • Ruang A berhubungan dengan tekanan vakum dan ruang B berhubungan dengan tekanan atmosfir ( udara ). PB>PA (Tekanan di area b lebih besar dibandingkan dengan tekanan di area A) sehingga ada rekasi gaya dorong kearah torak silinder master ( boster bekerja )
Nah mungkin itu sedikit penjelasan tentang cara kerja, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Fungsi Booster Rem dan Komponen-komponennya

11:40 AM Add Comment
Fungsi Booster Rem dan Konstruksinya (Bagian-bagiannya) - Sudah beberapa hari ngga share nih, yaa itu karena ada sedikit masalah pada laptop dan fisik yang tidak mendukung. Salah satu komponen dari sistem rem adalah booster atau dalam bahasa indonesia memiliki arti penguat tenaga.

Itu lhoo yang terpasang master silinder di depannya, biasanya berwarna hitam. Bentuknya seperti tabung bulat. Dan komponen ini terhubung dengan intake manifold melalui selang.  Nah berikut ini gambarnya aslinya gans.

Booster Rem
Booster Rem
Gambar diatas adalah booster milik Toyota Agya. Bentuknya memang berbeda-beda setiap mobil, ada yang kecil mungil tapi ada juga yang besar. Tapi pada prinsipnya fungsinya sama yaitu untuk memperbesar gaya pengereman. Sehingga pengemudi dalam menginjak pedal lebih empuk dan lebih ringan, tidak berat (seret).

Kok bisa memperbesar? Mungkin lain kali akan kami share tentang cara kerjanya. Jadi dapat disimpulkan bahwa :

Boster adalah perlengkapan tambahan pada sistem rem yang berfungsi untuk memperbesar gaya pengereman.

Komponen - komponen BOOSTER REM 

Komponen-komponen Booster Rem
Komponen-komponen Booster Rem
Keterangan dari gambar di atas, sudah ada nomer-nomernya.. Maaf ndan bila kurang jelas..

1.    Karet diafragma
2.    Katup udara
3.    Katup vakum
4.    Tuas pendorong  
5.    Katup pengontrol vakum
6.    Tuas rekasi
7.    Torak boster
8.    Tuas pendorong
9.    Saluran vakum
10.    Katup satu arah


By : Bisaotomotif | Belajar Otomotif

Cara Kerja Silinder Roda (Wheel Cylinder) dan Nama Bagian-Bagiannya

11:39 PM Add Comment
Cara Kerja Silinder Roda (Wheel Cylinder) dan Nama Bagian-Bagiannya - Oke gan kembali lagi nih, berhubung mau tidur ngga tidur-tidur. Sekalian aja deh, posting artikel tentang wheel cylinder. Kali ini yang akan saya bahas adalah tentang cara kerjanya dan bagian-bagiannya.

Dalam rem tromol maka didalamnya terdapat wheel cylinder, wheel cylinder ini ada beberapa macam. Ada yang satu silinder roda didalamnya terdapat satu piston, ada juga yang dalam satu silinder rodanya terdapat dua piston. Tergantung dari jenis atau type rem tromol yang terdapat pada mobil tersebut.


Nah, komponen dari wheel cylinder ini sangatlah simple. Didalamnya terdapat piston, yang di bagian kepalanya terdapat karet (atau seal). Karet ini yang paling rawan rusak sehingga menyebabkan kebocoran system. Selain piston dan karet, di bagian tengah terkadang juga ada pegas. Kemudian di bagian sisi luar, piston terdapat karet yang berguna untuk melindungi silinder roda, emmm seperti mencegah kotoran dan air masuk ke silinder roda yang dapat menyebabkan karat.

Nah, biar lebih jelas nih bisa tengok gambar di bawah ini. Ada dua gambar gan, yang atas itu cara kerja silinder roda untuk langkah tekan. Sedangkan yang bawah adalah cara kerja silinder roda untuk langkah lepas. 

Gambarnya saya jadiin satu biar irit, 😂😂😂😂. Nah sedangkan di bawahnya adalah penjelasan singkat tentang cara kerja wheel cylinder. Nama bagian-bagiannya sudah ada di gambar yaa, tinggal memperbesar aja.


Cara Kerja Silinder Roda (Wheel Cylinder)
Cara Kerja Silinder Roda (Wheel Cylinder)

Langkah tekan
Tekanan cairan rem yang di bangkitkan silinder master menekan sil karet silinder roda

Langkah lepas
Tekanan cairan rem tidak ada. Tegangan pegas pengembali sepatu rem tromol menekan sil karet silinder roda, cairan rem mengalir kembali ke silinder master.

Demikian dan terimakasih. Baca juga : Fungsi Master Silinder Pada Mobil
 

Perbandingan Rem Cakram dengan Rem Tromol

9:42 PM Add Comment
Perbandingan Rem Cakram dengan Rem Tromol - Malam minggu nih gan, daripada keluar malam-malam dingin dingin mending diem di kamar di depan laptop buka blogger, sekalian bagi-bagi ilmu dengan kalian semua. Mending nulis daripada galau nggak karuan, aahhhh.

Salah satu sistem yang memiliki fungsi vital pada kendaraan adalah sistem rem. Udah ngga usah dijelasin, pasti juga udah paham tentang fungsi rem. Yes, fungsinya pasti buat nge rem kali ya.. ha ha ha. Fungsinya buat mengurangi laju kendaraan gan, yahh intinya itu deh.

Nah, rem yang ada di roda itu umumnya terdapat dua macam. Yang satu disebut rem tromol dan yang satunya disebut dengan rem cakram. Kedua-duanya memiliki kelebihan masing-masing, biasanya di mobil MPV roda belakangnya menggunakan rem tromol sementara roda depannya menggunakan rem cakram.

Berbeda dengan mobil-mobil sport, yang umumnya semua rodanya sudah menggunakan rem cakram dengan besutan teknologi yang super cangih.

Perbandingan Rem Cakram dan Rem Tromol
Perbandingan Rem Cakram dan Rem Tromol
Sebenarnya apa sih pebedaan dari kedua jenis rem tersebut? Berikut ini adalah perbandingan dari keduanya yaitu rem cakram dengan rem tromol :


Sifat 

Rem Tromol
Rem Cakram
·        Gaya kerja
+ Memberikan kekuatan sendiri
Tidak memberi kekuatan sendiri
·        Pendinginan
-  Kurang
Baik
·        Temperatur kerja
*  Rendah
Tinggi
·        Keausan kanvas
+ Sedikit
Banyak
·        Cara menyetel
-  Manual / setengah otomatis
Otomatis
·        Waktu yang diperlukan servis
-  Lama
Cepat
·        Tempat yang perlu dan berat
*  Lebih
Kurang
 







Agar lebih jelas lagi, bisa perhatikan uraian berikut ini :
  1. Pada rem cakram diperlukan gaya hidraulis lebih tinggi untuk  mendapatkan tekanan rem yang sama besarnya, rem cakram menjadi lebih panas ( + 6000 C )
  2. Karena pendinginan rem cakram baik, maka tidak ada fading
  3. Fading sering terjadi pada rem tromol kalau panas
  • Faktor dari kanvas rem menjadi kecil
  • Gaya rem kecil









Komponen Rem Cakram Dengan Kaliper Luncur (Toyota)

5:02 PM Add Comment
Komponen Rem Cakram Dengan Kaliper Luncur (Toyota) - Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas mengenai macam macam cakram dan macam macam kaliper pada rem cakram. Nah, selanjutnya kita akan mengupas tentang komponen dari rem cakram yang menggunakan kaliper jenis luncur, terutama yang satu piston karena ini adalah tipe yang paling banyak digunakan di kendaraan toyota.

Komponen Kaliper Luncur Milik Toyota
Komponen Kaliper Luncur Milik Toyota
Nah, itu gambar sebagian besar komponen kalipernya, dan berikut ini adalah keterangan nama-namanya :
  1. Kaliper luncur
  2. Rangka tetap
  3. Balok rem
  4. Batang pengantar
  5. Bushing    
  6. Tabung pengantar
  7. Baut pengantar
  8. Karet pelindung kotoran
  9. Klip
Baca juga : Fungsi Master Silinder dan Macam-macamnya

Mungkin singkat aja yaa, ngga usah panjang-panjang.. Lagian juga sedang ngga enak badan. Buat nambah teman aja gan, bisa invite pin saya kalau mau tanya-tanya seputar otomotif : DAC1F1BF

Macam-macam Piringan dan Kaliper Pada Rem Cakram

9:41 AM Add Comment
Macam-macam Piringan dan Kaliper Pada Rem Cakram - Mobil-mobil sedang, atau mobil MPV biasanya roda depannya menggunakan rem cakram. Di Toyota Avanza misalnya, roda depannya menggunakan rem cakram sementara roda belakangnya rem cakram. Mungkin karena roda belakang digunakan juga untuk rem tangan (hand rem) kali ya, jadi sekalian. Tau dah.. 😂😂😂

Nah, kita tahu dalam rem cakram ini terdapat komponen yang benama kaliper dan piringan. Haah.. kaliper yang mana? Kaliper itu yang didalamnya terdapat piston, mudahnya yang terhubung selang rem. Kalau piringan yang mana kang? Kalau piringan itu ya ya piringan, piringan juga disebut cakram. Makanya dinamai rem cakram atau rem piringan. Piringan inilah yang berputar bersama roda, yang nantinya akan digesek oleh pad atau kampas. Nanti juga lo paham, kalau udah lihat gambarnya.

Baca juga : Fungsi Master Silinder

Oke bro, langsung aja kita awali dengan macam-macam piringan (cakram) pada rem cakram. Ada dua macam piringan yang biasa digunakan yaitu :

1. Cakram penuh
Memiliki karakteristik sebagai beriku :
  • Biasanya digunakan untuk mobil ukuran sedang, kecepatan menengah
  • Pendinginan cukup dan harganya lebih murah
2. Cakram dengan rusuk pendingin
  • Cakram jenis ini biasanya digunakan untuk mobil ukuran berat dan kecepatan tinggi
  • Pendinginannya lebih baik, namun harganya pasti lebih mahal lagi.
Macam-macam Piringan dan Kaliper Pada Rem Cakram
Macam-macam Piringan dan Kaliper Pada Rem Cakram
Nah, itu lhoo yang dinamakan piringan atau cakam. Bentuknya seperti itu, piringan tersebut lama kelamaan bisa aus. Bahkan ausnya terkadang tidak rata, bagian pinggir ausnya hanya sedikit sedangnkan yang banyak adalah bagian tengah. Sehingga timbul seperti cekungan, yang akan membuat kesusahan dalam melepasnya. Bisa juga menimbulkan bunyi yang abnormal.

Oke bro, kita lanjutin ke macam-macam kaliper yang digunakan pada rem cakram. Agak rumit kalau ini bro, karena ada banyak. Mungkin secara singkat aja kali ya.. lagi ngga enak badan. Bisa cari di buku atau di referensi lain, atau bisa menghubungi saya bila ada yang kurang jelas.

Macam-macam Kaliper Pada Rem Cakram

Dan berikut adalah macam-macam kaliper pada rem cakram. Semoga dapat bermanfaat :

1. Kaliper tetap
  • Kaliper terpasang mati pada aksel
  • Masing – masing sisi kaliper terdapat torak
  • Pad dipasang pada kaliper dengan dua buah pin
2. Kaliper luncur satu tora dan kaliper luncur dua torak
  • Konstruksi paling modern dan mudah memperbaikinya
  • Mudah sekali untuk mengganti kanvas rem
4. Kaliper berayun
  • Unit kaliper terpasang menjadi satu dengan rangka
  • Unit kaliper terpasang pada pusat putar
  • Letak kedua balok rem tidak segaris dengan sumbu torak
Baca juga : Harga Master Silinder Toyota Avanza

Fungsi Master Silinder Pada Mobil dan Macam-macamnya

11:35 PM Add Comment
Fungsi Master Silinder Pada Mobil dan Macam-macamnya - Malam bro, di postingan sebelumnya yang membahas mengenai komponen sistem rem hidraulik yang mana salah satu komponennya adalah master silinder (master cylinder). Di postingan tersebut juga disebutkan bahwa fungsi master silinder adalah untuk membangkitkan tekanan cairan rem di dalam sistem hidraulik.

Mungkin anda masih bingung kali yaa, dengan fungsi tersebut. Membangkitkan gimana? Membangkitkan orang mati atau membangkitkan semangat? Haaa.. ngaco loo.. Sebenarnya apa sih fungsi master silinder? Kenapa harus ada master silinder?

Itukan pertannyaanya? Maka dari itu di postingan kali ini kami akan membahasnya lebih detail lagi agar mas bro semua bisa paham dan bisa menjadi calon mekanik yang handal..

Dimana sih letak master silinder? Letak master silinder biasanya di taruh di bagian depan. Dekat dengan pedal rem dan boster rem. Coba deh lihat gambar dibawah ini, biar lebih paham.. Jangan lihat foto gue tapi, entar suka repot.. normal semua kan bro.. 😂😂


Komponen Sistem Rem Hidraulik
Komponen Sistem Rem Hidraulik

Fungsi Master Silinder Pada Mobil

Master silinder (master cylinder) pada sistem rem mobil ini berfungsi untuk mengubah gerak pedal rem ke dalam tekanan hidraulis. Master silinder terdiri dari resevoir tank, yang berisi minyak rem, demikian juga piston dan silinder, yang membangkitkan tekanan hidraulis.

Master silinder ini terhubung dengan pedal rem dan juga boster, boster akan memperbesar gaya tekan pedal sehingga akan membuat rem terasa empuk dan lebih ringan ditekan.

Master silinder ini akan terhubung ke roda-roda melalui selang rem, mungkin akan lebih paham jika mengetahui cara kerjanya. Kapan-kapan deh, kang parjo akan share mengenai cara kerjanya. Tapi bukan sekarang yaaa, udah malam. 😂😂

Intinya di dalam master silinder itu terdapat piston, dan piston akan bergerak apabila pedal rem ditekan. Piston ini akan menekan minyak rem. Tekanan ini nantinya akan sampai ke piston pada wheel cylinder jika itu pada rem tromol, atau sampai ke piston yang ada pada caliper rem jika itu pada rem cakram. Piston pada wheel cylinder dan kaliper ini yang akan menekan kampas rem sehingga akan terjadi suatu pengereman.

Itu kayaknya malah kerja rem secara sederhana kali yaaa... Bodo amat lah, semoga aja kalian tambah paham setelah baca artikel kali ini.

Macam-macam Master Silinder






Ada dua tipe master silinder yang digunakan di berbagai jenis mobil yaitu tipe tunggal dan tipe ganda (tandem). Master silinder tipe ganda (tandem type master cylinder) banyak digunakan dibandingkan dengan tipe tunggal (single type).

Pada master silinder tandem, sistem hidraulisnya dipisahkan menjadi dua, masing-masing untuk roda-roda depan dan belakang. Dengan demikian bila salah satu sistem tidak bekerja, maka sistem lainnya akan tetap berfungsi dengan baik.

Pengertian dan Fungsi Komponen Sistem Rem Hidraulik Pada Mobil

10:04 PM Add Comment
Fungsi Komponen Pada Sistem Rem Hidraulik di Mobil - Kita tahu bahwa sistem rem terdapat dua macam, yaitu sistem rem hidraulik atau hidraulis dan sistem rem mekanik. Untuk sistem rem mekanik menggunakan olor seperti pada sepeda, namun pada mobil sudah sangat jarang sekali sistem rem mekanis. Rata-rata bahkan hampir semua sistem remnya sudah menggunakan hidraulis.

Apa sih maksudnya sistem rem hidraulik itu? 

Sistem rem hidraulis adalah suatu sistem rem yang menggunakan fluida (cairan) untuk memindahkan gaya dan gerak. Artinya dari gaya yang didapat dari injakan peda oleh pengemudil, kemudian akan disalurkan oleh fluida hingga sampai ke roda dan terjadi pengereman. 


Lalu apa saja komponennya?

Sistem rem hidraulis ini terdiri dari beberapa komponen utama yaitu pedal rem, master silinder, boster, selang rem, dan komponen rem lainnya yang ada di roda seperti pad, tromol, wheel cylinder, kaliper dsb (tergantung jenisnya apakah rem tromol dan rem cakram).  

Nah, sebagain besar komponennya dapat anda lihat pada ilustrasi gambar dibawah ini : 

Komponen Sistem Rem Hidraulis Pada Mobil
Komponen Sistem Rem Hidraulis Pada Mobil

 Dan berikut adalah fungsi komponen pada sistem rem hidraulik :
  1. Pedal rem : menekan cairan rem ke dalam silinder master
  2. Penguat tenaga rem (boster) :memperkuat gaya tekan pedal rem
  3. Master Silinder : membangkitkan tekanan cairan rem didalam sistem hidraulik
  4. Reservoir : tempat persediaan cairan
  5. Silinder roda (pada rem tromol) dan kaliper rem (pada rem cakram) : menerima tekanan hidraulik dari master untuk mendorong torak kemudian ke sepatu rem (brake shoe)
  6. Pipa rem dan slang fleksibel : sebagai saluran cairan rem

Jika ada yang kurang jelas bisa melalui komentar. Atau menghubungi melalui wa : 085877651578. Terimakasih.