Kipas Radiator Avanza Mati, Apa penyebabnya?

8:13 PM Add Comment
Kipas Radiator Avanza Mati, Apa penyebabnya? - Beberapa hari yang lalu kami mendapatkan suatu masalah pada mobil Toyota Avanza. Yang mana indikator temperatur yang ada pada control panel naik dan hampir mengalami over heating. Setelah dicek ternyata kipas radiatornya tidak menyala.

Lantas kami pun mencari apa penyebab dari kipas radiator tidak menyala atau mati. Seperti diketahui bersama bahwa kipas ini juga membantu pendinginan mesin dan mendinginkan radiator. Radiator sendiri bertugas untuk meradiasikan panas cairan pendingin, dan cairan pendingin sendiri menyerap panas dari mesin.

Sehingga apabila kipas ini mati atau tidak bekerja, tentu pendinginan mesin menjadi kurang maksimal akibatnya bisa membuat over heating.

Ada beberapa penyebab kipas radiator avanza ini mati / tidak bekerja. Berikut kami sebutkan :
Kipas Radiator Avanza Mati, Apa penyebabnya?
Kipas Radiator Avanza Mati, Apa penyebabnya?

 
1. Sekering putus
Hal yang paling sederhana adalah sekering (fuse), bisa jadi kipas avanza tidak bekerja karena sekeringnya putus. Untuk itu periksa sekeringnya terlebih dahulu.

2. Sirkuit putus
Kipas yang tidak bekerja bisa juga disebapkan oleh sirkuit yang putus. Sirkuit putus ini biasanya terletak pada sambungan yang kurang kuat sehingga terlepas, atau kabel yang putus. Bisa juga karena di gerogoti tikus,, :v

3. Motor mati
Motor kipas juga bisa menyebabkan kipas radiator avanza tidak bekerja. Pernah ada kasus yang mana motor kipas bermasalah, setelah dibongkar ternyata brushnya sudah habis. Bila motor tidak diperbaiki lebih baik diganti.

4. Sensor temperatur
Pada kipas elektrik, kipas akan menyala ketika mesin sudah melebihi temperatur kerja. Ketika belum mencapai temperatur kerja kipas belum berputar, sehingga lebih cepat mencapai temperatur kerja. Ketika melebihi temperatur kerja maka kipas akan berputar untuk mendinginkan dan menjaga agar suhu mesin tetap dalam temperatur kerja.

Nah apabila sensor ini rusak, maka sensor ini tidak dapat mengirimkan sinyal. Otomatis kipas avanza tidak berputar.

5. Socket kendor
Socket yang kendor membuat kipas kadang hidup kadang mati, ini tentunya berakibat buruk walaupun tidak seburuk apabila kipas mati total.

Tips Membeli Ban Mobil Bekas Yang Tepat dan Berkelas

7:55 PM Add Comment
Tips Membeli Ban Mobil Bekas - Memiliki mobil memang sangat menyenangkan karena Anda tak perlu ribet dengan panas dan hujan tapi Anda juga akan berhadapan dengan kebutuhan untuk menjaga mobil untuk selalu siap untuk bekendara yang salah satunya adalah ban mobil. nah, membeli ban mobil satu paket memang menguras kantong apalagi dimasa belom gajian yang akhirnya membuat Anda beralih pada ban bekas. Bagi yang sedang menacari ban mobil bekas alangkah baiknya Anda membperhatikan tips membeli ban mobil bekas berikut ini. 

Tips Membeli Ban Mobil Bekas Dapatkan Ban Kualitas Oke 

Tips Membeli Ban Mobil Bekas
Tips Membeli Ban Mobil Bekas

Berikut ini merupakan tips yang patut untuk diikuti ketika memilih ban bekas untuk mobil Anda. Jangan hanya tertipu penampilan saja teliti sebelum membeli ban bekas Anda akan berdampak lumayan pada mobil Anda nantinya. 

1. Perhatikan jumlah tambalan jika memilih ban tubles 
Jika Anda ingin membeli ban bekas terutama ban bekas tubles alangkah baiknya jika Anda memilih yang tidak memiliki terlalu banya tambalan. Jika terlalu banyak tamabalan usahakan jangan dipilih dan mencari yang lain karena ban tersebut tidak layak pakai merupakan tips memilih ban mobil bekas pertama yang harus Anda pahami. 

2. Tapak ban sangat penting 
Ketika Anda membeli ban mobil bekas baiknya untuk melihat tapakan dari ban mobil yang ada. Cek apakah ban bekas tersebut memiliki keretakan atau cacat lainnya pada setiap tapakannya. Kemudian jika pada ban mobil yang bar tentu pada tapakan ban akanterlihat dan tercetak jelas kerumitan dari motip tapakan ban. Untuk ban bekas sebaiknya Anda memilih tapakan ban yang disekeliling bannya memiliki tapakan uliran yang sama meratanya. Jika Anda memilih dengan tapakan uliran yang tidak merata akan mengakibatkan laju mobil Anda tidak nyaman. 

3. Hindari vulkanisir 
Terkadang ada yang memilih untuk mengunakan ban vulkanisir dibandingkan harus ribet memperhatikan tips beli ban mobil bekas yang membutuhkan kejelian. Perlu Anda ketahui jika ban vulkanisir memeng terlihat hampir sama dengan ban asli yang andabeli namun sesungguhnya itu haya direkayasa agar terlihat seperti ban gres alias baru. Ban vulkanisir akan berbahaya jika digunakan terutama pada bagian ban depan. 

4. Terlihat bagus belom tentu disertai kualitasnya 
Ketelitian juga perlu ditingkatkan ketika membeli ban bekas terkadang ada pihak yang memosel ban bekasnya sehingga terhindar dari segala pngecekan yang jika dilihat lebih dekat dan teliti tidak layak untuk digunakan. Memang jika dilihat lebih bagus tapi keselamatan paling utama bukan. Nah inilah Anda harus teliti sebelum membeli. 

5. Kode produksi
Mengecek kode produksi juga bisa menjadi penentu bagusnya ban bekas pilihan Anda. Yep, ketika Anda memilih ban bekas usahakan untuk selalu mengecek kode produksi yang tertera pada ban. 

Nah, apa untungnya? Untungnya Anda bisa memiliki kualitas ban yang bagus dibandingkan dengan yang lain jika Anda memilih ban dengan kode produksinya tidak terlalu lama masih baru-baru ini. 

Ban yang kode produksinya masih fresh atau tidak telalu lama memiliki kualitas yang bagus dibandingkan yang lainnya namun bukan berarti Anda juga mengabaikan factor lainnya. Mengenai ban bekas memang ada keuntungan dari segi keuangan anamun bukan berarti Anda beralih pada ban bekas ini. 

Usahakan untuk meminimalisir penggunaan ban bekas karena performanya tidak setangguh ban asli yang baru. Selain itu yang perlu diingat adalah ketika Anda menggunakan ban bekas jangan terlalu lama atau berfikir bahwa masalan ban Anda sudah teratasi tapi ban bekas hanyalah sebagai ban cadangan saja. 

5 Tips Merawat Body Kendaraan Agar Tetap Mulus

7:00 AM Add Comment
5 Tips Merawat Body Kendaraan - Memiliki kendaraan impian tentu menjadi dambaan setiap orang dan pastinya akan dijaga dengan hati-hati agar jangan sampai rusak. Dari keseluruhan bagian kendaraan, ada satu bagian yang cukup rawan, yaitu body kendaraan. Pada bagian tersebut sangat mudah sekali untuk tergores, lecet, atau bahkan penyok. Hal itu sebenarnya cukup wajar karena body akan berhadapan langsung dengan kondisi lingkungan luar, seperti hujan, panas, serta debu. Nah agar body kendaraan tetap mulus, Anda harus tahu tips merawat body kendaraan.

5 Tips Menjaga Body Kendaraan Tetap Mulus 

5 Tips Merawat Body Kendaraan
5 Tips Merawat Body Kendaraan

1. Hindarkan kendaraan dari panas matahari atau hujan
Kendaraan yang secara langsung terpapar oleh terik matahari warnanya akan cepat pudar, hal itu karena sinar UV akan mendekonstruksi cat. Lapisan cat yang terdekonstruksi akan membuat warnanya jadi pudar, agak kekuningan, serta kusam. Air hujan juga dapat merusak body kendaraan, karena air hujan khususnya di daerah perkotaan bersifat asam akibat dari adanya senyawa HNO3. Sifat air hujan yang asam ini akan mengikis lapisan cat, dan bahkan dapat membuat body kendaraan karatan. Untuk mencegah kedua hal tersebut, sebaiknya Anda memarkirkan kendaraan di tempat teduh atau menggunakan mantel kendaraan.

2. Laminating kendaraan dengan nano ceramic 
Cara merawat body kendaraan agar tetap kilap yaitu dengan dilapisi nano ceramic. Mobil yang dilaminating menggunakan nano ceramic warnanya tak akan cepat pudar. Nano ceramic merupakan formula sejenis kaca cair yang digunakan untuk melapisi body kendaraan. Tidak bisa dihindari memang setiap kendaraan pasti akan terpapar terik matahari ataupun guyuran air hujan, oleh karena itu ketika mobil sudah dilaminating Anda tidak perlu khawatir lagi.


3. Cuci kendaraan setiap minggu 
Kendaraan harus rajin dicuci setiap minggu untuk membersihkan debu, kotoran, atau bekas air hujan. Jangan remehkan debu, karena meskipun ukurannya kecil tapi ketika terakumulasi akan membuat kendaraan jadi kelihatan kotor. Selain itu kadang secara tidak sengaja kendaraan terkena kotoran burung, jika sampai hal itu terjadi maka kotoran harus segera dibersihkan. Kotoran yang dibiarkan akan menimbulkan bercak pada kendaraan. Ketika mencuci kendaraan jangan asal menggunakan deterjen untuk mencuci kendaraan, karena deterjen sifatnya panas. Sebaiknya gunakan shampoo khusus kendaraan, agar hasilnya lembih bersih dan cemerlang.

4. Jika ada goresan, segera beri kompon dan cairan pengkilap 
Goresan pada body kendaraan merupakan hal yang wajar akibat dari pemakaian, jika goresan hanya sedikit Anda bisa menyamarkan goresannya dengan kompon dan cairan pengkilap. Cara menyamarkan goresannya yaitu pada bagian yang tergores diamplas dulu menggunakan amplas halus dan air. Setelah itu, diberi kompon, lalu disemprot menggunakan cairan pengkilap. Namun jika goresan pada kendaraan cukup banyak atau bahkan sampai penyok maka Anda harus membawanya ke bengkel body repair. Cara merawat body kendaraan ini hanya efektif untuk menyamarkan goresan saja, bukan menghilangkan goresan.

5. Gunakan produk pemoles kendaraan 
Kendaraan agar terlihat mengkilap tidak mesti harus di cuci dulu, untuk perawatan harian Anda bisa menggunakan pemoles kendaraan. Pemoles kendaraan ini berfungsi untuk merawat warna, mengkilapkan, serta membuat warna lebih tahan lama. Produk pemoles ini sangat baik digunakan untuk perawatan harian, tetapi untuk hasil maksimal maka setiap minggunya kendaraan harus tetap dimandikan.

Demikianlah 5 tips yang bisa Anda coba untuk menjaga body kendaraan Anda tetap mulus. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan kendaran Anda.