Kipas Radiator Avanza Mati, Apa penyebabnya?

8:13 PM
Kipas Radiator Avanza Mati, Apa penyebabnya? - Beberapa hari yang lalu kami mendapatkan suatu masalah pada mobil Toyota Avanza. Yang mana indikator temperatur yang ada pada control panel naik dan hampir mengalami over heating. Setelah dicek ternyata kipas radiatornya tidak menyala.

Lantas kami pun mencari apa penyebab dari kipas radiator tidak menyala atau mati. Seperti diketahui bersama bahwa kipas ini juga membantu pendinginan mesin dan mendinginkan radiator. Radiator sendiri bertugas untuk meradiasikan panas cairan pendingin, dan cairan pendingin sendiri menyerap panas dari mesin.

Sehingga apabila kipas ini mati atau tidak bekerja, tentu pendinginan mesin menjadi kurang maksimal akibatnya bisa membuat over heating.

Ada beberapa penyebab kipas radiator avanza ini mati / tidak bekerja. Berikut kami sebutkan :
Kipas Radiator Avanza Mati, Apa penyebabnya?
Kipas Radiator Avanza Mati, Apa penyebabnya?

 
1. Sekering putus
Hal yang paling sederhana adalah sekering (fuse), bisa jadi kipas avanza tidak bekerja karena sekeringnya putus. Untuk itu periksa sekeringnya terlebih dahulu.

2. Sirkuit putus
Kipas yang tidak bekerja bisa juga disebapkan oleh sirkuit yang putus. Sirkuit putus ini biasanya terletak pada sambungan yang kurang kuat sehingga terlepas, atau kabel yang putus. Bisa juga karena di gerogoti tikus,, :v

3. Motor mati
Motor kipas juga bisa menyebabkan kipas radiator avanza tidak bekerja. Pernah ada kasus yang mana motor kipas bermasalah, setelah dibongkar ternyata brushnya sudah habis. Bila motor tidak diperbaiki lebih baik diganti.

4. Sensor temperatur
Pada kipas elektrik, kipas akan menyala ketika mesin sudah melebihi temperatur kerja. Ketika belum mencapai temperatur kerja kipas belum berputar, sehingga lebih cepat mencapai temperatur kerja. Ketika melebihi temperatur kerja maka kipas akan berputar untuk mendinginkan dan menjaga agar suhu mesin tetap dalam temperatur kerja.

Nah apabila sensor ini rusak, maka sensor ini tidak dapat mengirimkan sinyal. Otomatis kipas avanza tidak berputar.

5. Socket kendor
Socket yang kendor membuat kipas kadang hidup kadang mati, ini tentunya berakibat buruk walaupun tidak seburuk apabila kipas mati total.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »