Daftar Harga Oli Mesin STP Terbaru 2016

5:23 AM Add Comment
Harga Oli Mesin STP 20W -  50 Terbaru 2016 -  Salah satu brand dari oli mesin adalah STP. STP merupakan singkatan dari Scientifically Treated Petroleum yang mana oli ini sudah ada sejak 61 tahun yang lalu atau sekitar tahun 1954. Oli mesin STP ini hanya dianjurkan untuk mobil atau motor dengan tipe 4 langkah (4 tak), dan untuk motor 2 tak STP tidak merekomendasikan untuk menggunakan oli buatannya.

Oli mesin yang satu ini sudah diuci coba dan dinyatakan aman untuk semua jenis mobil. Terdapat beberapa jenis oli mesin mobil dengan brand STP, yaitu untuk oli mesin yang bukan syintetic dengan SAE 20W-50, dan oli yang sudah syntetic dengan SAE 20W-50. Kemudian tipe yang ketiga ini dikhusukan untuk mobil diesel SAE nya 15W-40. Dan lain sebagainya, selengkapnya silahkan baca dibawah ini.

Daftar Harga Oli Mesin STP Terbaru 2016
Daftar Harga Oli Mesin STP Terbaru 2016


STP mengeklaim bahwa oli buatannya mempunyai beberapa kelebihan, kelebihan yang pertama adalah oli mesin stp dapat melumasi mesin dengan baik, memberikan perlindungan mesin dari suhu yang tinggi (membantu mendinginkan mesin), membantu membersihkan mesin dari kotoran, karbon dll. Kelebihan lainnya yaitu membantu mengatasi "motor oil breakdown" oleh suhu tinggi, mencegah keausan, dapat digunakan di daerah yang mempunyai iklim tropis maupun dingin, baik digunakan pada mesin turbo.

Bila dilihat dari kekentalannya sepertinya oli STP ini sangat cocok untuk kendaraan yang sudah lama (berumur), untuk kendaraan baru pun sebenarnya baik. Tapi kalau untuk kendaraan baru lebih baik menggunakan oli yang lebih encer lagi, karena tingkat keausannya belum parah dan masih presisi. Sehingga ketika menggunakan oli yang agak encer, performa akan lebih maksimal daripada menggunakan oli yang agak kental.

Selain oli mesin STP juga menjual produk-produk lainnya seperti minyak rem, minyak power steering, vet (grease), dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan harga oli mesin STP tahun 2016. Berikut ini adalah harganya.

Seperti yang dilansir di website resmi STP. Terdapat 2 ukuran penyajian, yang pertama dalam galon 4 liter dan yang kedua adalah pada 945 ml.

Harga oli mesin mobil STP Non Synthetic 20 w-50 = Rp 55.000 dan Rp 220.000 (galon 4 liter)
Harga oli mesin mobil STP Syncthetic 20w-50 = Rp 60. 000 dan Rp 240.000 (galon 4 liter)
Harga oli mesin mobil STP Synthetic 15W-40 = Rp 60.000 dan Rp 240.000 (galon 4 liter)
Harga oli mesin mobil STP Synthetic 10w-40 = Rp 60.000 dan Rp 240.000 (galon 4 liter)
Harga oli mesin mobil STP Synthetic 10w-30 = Rp 65.000 dan Rp 250.000 (galon 4 liter)

Harga diatas adalah perkiraan saja, mungkin harga oli diatas lebih tinggi daripada aslinya. Bila anda membeli di bengkel dengan membeli di toko tentunya harganya berbeda. Harga diatas adalah harga oli STP yang ada di bengkel, sedangkan di toko mungkin saja bisa lebih murah.

Coba deh lakukan kebiasaan ini agar kunci kontak tidak tertinggal di mobil

10:16 PM Add Comment
Coba deh lakukan kebiasaan ini agar kunci kontak tidak tertinggal di mobil - Salah satu kebiasaan buruk para pengemudi adalah meninggalkan kunci kontaknya di dalam mobil, sehingga pintu yang sudah terlanjur ditutup akan terkunci dengan sendirinya. Biasanya pegemudi baru sadar bahwa kuncinya tertinggal ketika ia akan membuka pintu mobil. 

Bagi orang yang awam kondisi ini tentu sangat membingungkan dan membuat panik, suasana akan semakin parah apabila dalam kondisi yang terburu-buru.

Masalah kunci tertinggal ini akan semakin besar apabila pada mobil yang sudah menggunakan central lock beserta alarmnya. Tapi, karena banyaknya kasus kunci tertinggal banyak produsen mobil yang mengeluarkan teknologi terbaru agar kunci tertinggal di mobil tidak sering terjadi.

Coba deh lakukan kebiasaan ini agar kunci kontak tidak tertinggal di mobil
Coba deh lakukan kebiasaan ini agar kunci kontak tidak tertinggal di mobil


Kalau anda mengalami hal ini, anda bisa menghubungi dealer mobil terdekat. Bagi mereka yang sudah profesional pintu mobil dapat dibuka hanya dalam hitungan menit saja.
 
Untuk membuka pintu yang terkunci, kami memberikan tips sederhana agar anda bisa membukanya sendiri. Yang pertama buatlah celah (ruang) untuk dapat menyentuh kawat-kawat pengunci, ini dapat anda lakukan dengan membuka karet-karet tepi pada kaca pintu mobil. 

Bila sudah kemudian cari alat yang dapat menyentuh kawat kawat pengunci pintu tersebut, anda bisa menggunakan kawat atau penggaris yang tipis tapi kaku dan kuat. Lakukan sebisanya sampai pintu tidak dalam kondisi terkunci lagi.

Namun, cara diatas tidak semudah yang dipikirkan anda harus tahu gimana cara kerjanya dari kawat-kawat pengunci.

Daripada anda nantinya repot karena kuncinya tertinggal, lebih baik anda melakukan antisipasi. Dan berikut ini kebiasaan yang dapat mencegah kunci tertinggal di dalam mobil.

1. Mematikan mesin sebagai aktivitas terakhir sebelum keluar dari mobil
Tipa yang pertama adalah mematikan mesin sebagai aktivitas terakhir, artinya setelah semua sudah beres, barang-barang sudah dikeluarkan baru deh dimatikan mesinnya. Soalnya, terdapat banyak kasus yang disebabkan oleh kelalaian, yang mana mesin sudah dimatikan, kemudian mengeluarkan barang-barang, dan lupa langsung ditutup pintunya.
 
2. Hindari mengunci pintu dengan cara menekan knob pengunci
Terkadang pengemudi mengunci pintu mobil dengan menekan knob, kemudian menutup pintunya. Otomotasi pintu akan terkunci. Kebiasaan ini juga yang sering menjadi penyebab maraknya kasus kunci tertinggal di dalam mobil. Jadi jangan dibiasakan dengan cara ini, tetapi biasakan dengan menggunakan anak kunci.

3. Bawa kunci duplikat
Untuk mobil tertentu kunci duplikat dapat menjadi solusi, terutama apabila kunci tertinggal atau hilang. Maka kita bisa menggunakan kunci cadangan yang kedua.

Demikian saja dan terimakasih. Semoga bermanfaat. 

Spesifikasi Motor Baru Suzuki Satria FU150 Injeksi

5:24 AM Add Comment
BisaOtomotif.com - Rencananya Suzuki akan meluncurkan Satria FU 150 yang sudah Injeksi, anda dapat melihat beritanya di artikel ini :Tahun depan Suzuki Luncurkan Satria FU Injeksi. Nah, ternyata itu bukan hanya kabar angin saja, tapi Suzuki memang akan mengeluarkan Satria FU 150 FI sebagai saingan dari Honda Sonic yang sudah injeksi juga.

Suzuki sudah membocorkan spesifikasinya, dan berikut ini adalah uraian tentang spesifikasi dari Motor Suzuki Satria FU 150 yang sudah Injeksi.

Dengan dibekali mesin yang berkapasitas sekitar 150 cc, dan menggunakan sistem bahan bakar yang sudah injeksi membuat motor ini menjadi lebih irit. Selain itu masih terdapat beberapa kelebihan lainnya dari motor ini dibandingkan dengan rivalnya.

Suzuki Satria FU150
Suzuki Satria FU150

Masih belum cukup, tempat filter udaranya juga semakin besar sekitar 24 % dari sebelumnya. Dari mesin kita pindah ke knalpot, diameter knalpot juga diperbesar sekitar 6,4 mm. Sebelumnya Satria FU 150 yang biasa menggunakan knalpot berdiameter 25,4 mm, sedangkan untuk FU yang sudah injeksi berukuran 31,8 mm. Suzuki mengklaim bahwa dengan sistem injeksinya dan knalpot barunya membuat motor ini menjadi lebih irit, tarikan lebih padat dan tidak ngempes.

Colling systemnya juga masih sama dengan yang sebelumnya, yaitu menggunakan tipe cair (memakai radiator).

Sistem injeksinya menggunakan 6 buah sensor, sensor sensor tersebut semuanya diatur oleh ECM (Electronic Control Module), diantaranya adalah sensor oksigen, sensor temperatur (suhu mesin), sensor udara, throttle position sensr, sensor tekanan udara di intake (intake pressure sensor) dan crankshaft position sensor.

Selanjutnya, motor ini sudah menggunakan teknologi one push starter. Jadi cukup tekan satu kali maka motor starter akan berputar dan mesin akan hidup. Kunci kontak juga menggunakan model baru shutter key, sehingga akan lebih memudahkan pengendara karena untuk membuka tutup magnetnya hanya perlu ditekan saja tidak diputar.

Di bagian depan, mosot Suzuki Satria FU 150 Injeksi sudah mengunakan headlamd dengan lampu yang sudah LED (Lighting Emiting Diode). Di spedometernya motor ini sudah upgrade menjadi full digital semua.

Suzuki claim bahwa untuk motor Satria FU terbaru ini menggunakan rangka yang lebih ringan tapi kuat. Merekaa mengungkapkan rangkanya menggunakan tipe twin spar frame.

Semakin lengkap motor ini dilengkapi dengan 2 bagasi, yang pertama berada di bawah jok, dan yang kedua berada di bagian tengah motor (disekitar atas mesin).

Untuk anda yang mau membelinya ada 5 pilihan warna, yaitu titan black/solid black (pelek warna merah), livery tim Ecstar Suzuki MotoGP, titan black/solid black (pelek warna hitam), briliant white/solid black, dan stronger red/titan black. 

Masalah harga Suzuki belum mengumumkan harganya, yang pasti harga tidak jauh jauh dari rivalnya yaitu sekitar 21-23 juta rupiah. (otomotifnet.com)

Tahun Depan Suzuki Keluarkan Satria FU Injeksi

9:36 PM Add Comment
BisaOtomotif.com, Sepertinya suzuki tidak mau kalah dengan rivalnya yang sudah injeksi, seperti yang kita tahu bahwa rival dari Satria FU adalah Honda Sonic 150 yang sudah injeksi. Sehingga kalau masalah irit-iritan penggunaan bahan bakar, honda Sonic masih unggul. Hal ini dikarenakan pada motor Satria FU masih menggunakan karburator.

Walaupun begitu masyarakat tetap menyukai FU, akan tetapi sebagian dari mereka mempertanyakan mengapa Satria FU tidak menggunakan sistem injeksi untuk sistem bahan bakarnya. Padahal jelas bahwa sistem injeksi lebih baik dan unggul daripada bahan bakar yang masih konvensional (masih dengan karburator).

Tahun Depan Suzuki Keluarkan Satria FU Injeksi
Tahun Depan Suzuki Keluarkan Satria FU Injeksi

Berdasarkan dari berbagai sumber menyebutkan bahwa suzuki mempunyai niat untuk mengupgrade satria FU agar menggunakan sistem Injeksi. Pihak suzuki tak memberitahu pastinya kapan akan diluncurkan satria FU yang sudah injeksi. Tapi yang penting, tahun depan entah bulan apa. Ditunggu saja.

Sebelumnya Satria FU sempat beberapa kali berganti tampilan, namun masyarakat Indonesia kayaknya lebih mengharapkan satria FU yang injeksi daripada tampilannya yang dirubah.

Berdasarkan informasi yang tersebar, besok Satria FU yang baru dan sudah injeksi akan menggunakan casing yang baru, sistem pendinginannyapun juga disempurnakan. Yang semula menggunakan oil cooled besok akan dirubah menjadi liquid cooled atau radiator.  Tidak hanya sampai disitu saja, spedometernya pun diganti menjadi digital agar lebih canggih dan modern.

Menurut informasi yang beredar, prototipe Satria FU injeksi ini menggunakan casing body baru, dan pendingin baru yang bukan lagi oil cooled, melainkan sudah liquid cooled atau radiator. Spidometernya pun sudah digital.

Diprediksikan, penjualan Satria FU akan meningkat bila benar besok tahun depan akan diluncurkan Satria FU yang sudah injeksi. Karena masyarakat sebenarnya sudah menunggu kedatangan kesatria ini.

Siap siap, Toyota All New Fortuner akan meluncur bulan depan

4:56 PM Add Comment
BisaOtomotif.com - Kali ini kami akan memberikan informasi tentang Toyota Fortuner yang siap meluncur bulan depan di pasar otomotif Indonesia. Sepertinya minat masyarakat terhadap mobil Sport Utility Vehicle (SUV) kian hari semakin meningkat, dan kedepannya diprediksi akan terus meningkat.

Kabar baik dari segmen SUV, bulan depan atau di bulan Januari tahun 2016 nanti toyota akan meluncurkan All New Fortuner. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Wakil Presiden PT. Toyota Astra Motor, Henry Tanoto. Ia mengatakan bahwa di bulan januari tahun depan, kami akan mengeluarkan All New Fortuner.

Sebelumnya di negara Thailan All New Fortuner sudah dirilis sejak beberapa bulan yang lalu, All New Fortuner siap bersaing dengan rival terberatnya yaitu Mitsubishi Pajero Sport.

All new Fortuner ini bila dibandingkan dengan versi sebelumnya lebih terlihat gahar, pasalnya mobil ini terdapat perubahan sedikit pada headlight dan grill depannya. All new fortuner yang akan diluncurkan bulan depan ini menggunakan headlight yang lebih slim, dan grill depannya pun terlihat lebih keren karena dibalut dengan chrome.

Toyota All New Fortuner
Toyota All New Fortuner


Tampilan All New Fortuner semakin sempurna berkat rodanya yang menggunakan velg 18 inc, LED light guides di area tailight.

Ada beberapa varian untuk Fortuner baru ini, yaitu mesin 2GD-FTV 2.4 liter bertenaga 150 hp dan torsi 400 Nm. 1GD-FTV 177hp dan 450 Nm serta mesin Dual VVT-i 2.7 liter dengan total tenaga yang dihasilkan mencapai 166 hp dan torsi maksimumnya mencapai 245 Nm.



Penyebab Rem motor bunyi cit cit setelah berkendara saat hujan

5:30 AM Add Comment
Penyebab Rem motor bunyi cit cit setelah berkendara saat hujan - Musim penghujang mengharuskan pemilik motor untuk memberikan perhatian lebih pada motornya, selain harus rutin mencuci motor agar bersih juga perlu dilakukan perawatan seperti mulami rantai motor, memeriksa tekanan ban dan masih banyak lagi. Perawatam ini bertujuan agar masalah atau problem tidak muncul, nah salah satu masalah yang paling sering muncul ketika musim penghujan adalah rem motor yang berdecit.

Bunyi berdecit ini tentunya sangat mengganggu pendengaran, terlebih lagi membuat kita merasa minder atau kurang percaya diri. Lalu apa sih penyebab rem bunyi cit cit setelah berkendara saat musim hujan?

Rem motor
Rem motor

Rem berdecit pada motor disebabkan oleh adanya debu yang terkena air yang menempel pada kanvas rem ataupun cakram pada rem motor. Debu yang menempel ini akan bergesekan dan menhasilkan bunyi cit cit yang sangat menganggu. Bunyi ini akan terdengar keras pada saat dilakukan pengereman.

Selain adanya debu yang menempel pada kanvas atau rem, bunyi ini juga bisa disebabkan oleh ausnya kanvas rem. 

Maka dari itu, untuk menghilangkan bunyi ini maka anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Kalau disebabkan karena kampas rem yang sudah aus maka langkah perbaikannya adalah penggantian kanvas rem. 

Sedangkan bila penyebabnya adalah komponen rem yang kotor, maka perlu dilakukan pembersihan. Anda dapat membersihkan kanvas rem dengan amplas, kemudian cakram jangan lupa juga dibersihkan. Biar semakin bersih, gunakan sabun untuk membersihkan cakram rem motor anda.

Ketika musim penghujan anda harus rutin melakukan servis di bengkel, hal ini dikarenakan pada musim penghujan motor membutuhkan perawatan yang lebih. Perawatan yang diperlukan seperti pengecekan rem, tune up ringan, ban, rantai motor dan masih banyak lagi.

Pengertian Camber, Caster dan Toe (toe-in dan toe-out)

10:40 PM Add Comment
Pengertian Camber, Caster dan Toe (toe-in dan toe-out)  - Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian dan fungsi wheel aligment. Wheel aligment juga disebut dengan geometri roda. Pada umumnya wheel aligment ini terdapat beberapa faktor-faktor, yaitu camber, steering axis inclination, caster, toe angle, dan turning radius. Pertanyaannya apa pengertian dari masing-masing faktor tersebut? Berikut ini kami jelaskan tentang pengertian atau definisi dari camber, caster, toe angle, dan turning radius.

1. Pengertian Camber

Camber Positif
Camber Positif
Roda roda depan kendaraan bila kita lihat dari depan, maka akan miring ke arah luar atau ke arah dalam. Inilah yang disebut dengan camber. Definisi dari camber adalah kemiringan roda bagian atas ke dalam atau keluar terhadap garis vertikal jika dilihat dari depan kendaraan. Apabila miringnya ke arah luar disebut juga dengan camber positi, dan sebaliknya apabila miringnya ke arah dalam maka disebut juga dengan camber negatif.

2. Pengertian Caster

Caster
Caster
Setelah mengetahui tentang pengertian camber. Kini saatnya kita membahas tentang caster. Definisi dari caster adalah kemiringan sumbu putar kemudi ( king pin ) terhadap garis tengah roda vertikal jika dilihat dari samping kendaraan. Apabila miringnya steering axis inclinationnya ke arah belakang maka disebut dengan caster positif, sebaliknya apabila kemiringan ke arah depan disebut dengan caster negatif. 

Pada caster ada yang disebut dengan trail, trail ini adalah jarak dari titk potong garis tengah steering axis inclination, ke titik pusan singgung ban.

Caster positif yang besar membuat trail panjang dan daya balik kemudi makin besar. Namun caster positif memiliki kekurangan kemudi menjadi lebih berat. (Gambar diatas yang paling bawah)

Sedangkan caster negatif membuat kemudi ringan, tetapi kestabilan kendaraan menjadi berkurang, kemudipun juga lebih sulit untuk dikontrol. (Gambar di atas yang di tengah)

3. Pengertian TOE

Definisi dari TOE adalah selisih jarak antara roda bagian depan dengan roda bagian belakang jika dilihat dari atas kendaraan. Apabila jarak roda bagian depan lebih kecil daripada jarak roda bagian belakan (roda mengarah kedalam bila dilihat dari atas) disebut toe in. Sebaliknya disebut dengan toe out.  Berikut ini adalah gambar toe in, untuk toe out adalah kebalikannya.
Toe In
Toe In

Pengertian dan fungsi wheel aligment / geometri roda

5:50 AM Add Comment
Pengertian dan fungsi geometri roda / wheel aligment - Pernahkah anda membawa mobil ke bengkel untuk sporing? Nah, sporing inilah yang disebut dengan geometri roda. Geometri roda disebut juga dengan wheel aligment. Mungkin artikel ini lebih cocok buat mereka yang masih sekolah, karena ketika di SMK wheel aligment ini juga dipelajara di kelas 2 dan kelas 3 smk.

Gabungan dari sistem kemudi dengan sistem suspensi harus menghasilkan stabilitas kendaraan, yaknni stabilitas dalam hal mengemudi mobil dan juga daya balik kemudi yang baik.

Jadi untuk menghasilkan stabilitas kendaraan, maka sistem suspensi dan sistem kemudi perlu diatur/di setel. Pengaturan inilah yang disebut dengan spooring atau wheel aligment. 

Pengertian wheel aligment

Wheel aligment adalah penyetelan sudut geometeris seperti camber, steering axis incination, caster, toe angle dan turning radius, untuk menghasilkan stabilitas kendaraan, stabilitas pengemudian serta membuat komponen-komponen yang berkaitan (komponen sistem kemudi, sistem suspensi, ban dll) menjadi lebih awet. Definisi dari wheel aligment juga dapat diartikan sebagai suatu penyetelan yang meliputi komponen suspensi dan steering, roda dan rangka kendaraan.

Front Wheel aligment terdiri dari penyetelan sudut geometris dan ukuran yang terdapat pada roda-roda depan, komponen dari sistem suspensi, komponen sistem kemudi setelah terpasang pada body. 

Fungsi wheel aligment (geometri roda)

Fungsi dari wheel aligment atau geometri roda ini adalah untuk memaksimalkan kerja sistem kemudi, menstabilkan kendaraan, menghasilkan daya balik kemudi yang baik dan mencegah terjadinya keausan yang lebih cepat.

Faktor-faktor wheel aligment :

Wheel aligmen terdiri dari beberapa faktor-faktor yaitu :
  • Camber
  • Steering axis (king pin) inclination
  • Caster
  • Toe angle
  • Turning radius
Pengertian dan fungsi wheel aligment / geometri roda
Pengertian dan fungsi wheel aligment / geometri roda

Pengaturan sudut sudut ini setiap kendaraan berbeda-beda, semuanya tergantung dari sistem suspensi yang digunakan, jenis sistem kemudi dan sistem penggerak roda yang digunakan.

Di lain kesempatan akan saya jelaskan tentang faktor faktor wheel aligment secara lebih rinci. D

10 Motor yang paling disukai oleh orang Indonesia 2015

9:28 PM Add Comment
10 Motor yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia di Tahun 2015 - Di tahun 2015 ini pertumbuhan industri otomotif menurun, hal ini dapat kita lihat dari tingkat penjualan kendaraan baik itu kendaraan roda dua ataupun roda empat yang menurun atau lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya (2014). Mungkin disebabkan karena kurang stabilnya ekonomi Indonesia, terlebih lagi beberapa bulan terakhir ini nilai tukar rupiah agak melemah, bahkan hampir menyentuh 15 ribu rupiah tiap dollarnya.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penurunan penjualan sepeda motor di Indonesia menurun hingga mencapai 16 persen dibandingkan tahun sebelumnya. penjualan sepeda motor di tahun ini mencapai 6,1 juta lebih rendah dibandingkan penjualan sepeda motor di tahun 2014 yang mencapai 7,3 unit.

Dari angka tersebut, honda masih menjadi juaranya. Motor merk honda telah menjadi favorit masyarakat indonesia, bahkan sejak dulu sampai sekarang honda selalu mendominasi menjadi motor paling laris di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan penjualan motornya yang paling tinggi. Dan berikut ini adalah 10 Motor favorit masyarakat Indonesia di Tahun 2015 :

1. Honda beat series
10 Motor yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia 2015
10 Motor yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia 2015
Motor yang paling favorit di Indonesia yang pertama adalah honda beat. Honda beat menempati peringkat teratas sebagai motor paling laris dan paling disukai di Indonesia untuk tahun 2015. Hal ini dibuktikan dengan penjualannya yang mencapai 1.855.349 unit.

2. Honda vario series
Di posisi dua motor terlaris di Indonesia ada honda vario dengan angka penjualan yang mencapai 1.277.024 unit berada di bawah honda bear. Honda terbukti sebagai merk motor yang paling disukai di Indonesia. Dua posisi teratas di duduki oleh motor merk honda.

3. Yamaha mio series
Di posisi ketiga bukan berasal dari honda, kali ini adalah Yamaha Mio dengan angka penjualan yang mencapai 539.958 unit. 

4. Honda Scoopy – 350.925 unit
5. Yamaha V-Ixion – 251.937 unit
6. Honda Supra X – 173.487 unit
7. Honda Revo – 164.591 unit
8. Yamaha Soul GT – 156.045 unit
9. Yamaha MX-King – 124.451 unit
10. Honda CB150R StreetFire – 91.823 unit 

Dari 10 motor yang paling disukai oleh orang Indonesia di atas, semuanya ditempati oleh merk motor honda dan yamaha. Kedua merk ini memang sudah sangat melekat dengan hati orang Indonesia. Kedua merk ini juga bersaing ketat untuk menguasai pasar otomotif khusunya di pasar sepeda motor Indonesia. Kita tunggu nanti di tahun 2016 siapa yang akan menjadi juara sebagai motor paling disukai di Indonesia tahun 2016. 

Fungsi dan Macam macam Roda Kemudi (Steering Wheel)

6:30 AM Add Comment
Fungsi dan Macam macam Roda Kemudi (Steering Wheel) - Salah satu komponen pada sistem kemudi adalah steering wheel, komponen yang satu ini pasti ada di setiap mobil, truk dan bus. Steering wheel sering disebut dengan roda kemudi, atau lebih mudahnya disebut dengan ster. Nah, pada kesempatan kali ini akan kami share tentang fungsi dan macam macam roda kemudi atau steering wheel.

# Fungsi roda kemudi

Fungsi dan Macam macam Roda Kemudi (Steering Wheel)
Fungsi dan Macam macam Roda Kemudi (Steering Wheel)

Pada mobil roda kemudi digunakan untuk membantu pengemudi dalam membelokkan kendaraan, roda kemudi adalah komponen yang langsung berhubungan dengan pengemudi. Jika pengemudi ingin membelokkan kendaraan, maka ia akan memutar roda kemudi. Fungsi roda kemudi dapat dijelaskan seperti ini, yaitu untuk menerima gaya putar dari pengemudi, kemudian meneruskannya ke batang kemudi sampai dengan roda. Sehingga roda kendaraan dapat berbelok.

#Macam macam roda kemudi (steering wheel)

Ada beberapa macam macam roda kemudi, masing masing jenis roda kemudi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri sendiri. Dan berikut ini adalah 3 macam steering wheel yang digunakan pada kendaraan roda empat atau lebih.

a. Roda kemudi besar
Salah satu macam roda kemudi adalah roda kemudi besar. Bentuk roda kemudi ini lebih besar dari standarnya, tujuannya untuk mendapatkan momen yang lebih besar sehingga pengemudian menjadi lebih ringan dan stabil. Namun, roda kemudi jenis ini juga memiliki kerugian. Dengan ukurannya yang lebih besar maka akan memakan banyak tempat.

Selain itu juga, perlu gerakan yang lebih untuk menggerakkan roda kemudi ini. Maksudnya, semakin besar roda kemudi maka semakin panjang (kelilingnya), dan memutarnya pun akan semakin lama. Roda kemudi besar ini dapat anda temukan di kendaraan-kendaraan besar seperti bus dan truk.

b. Roda kemudi kecil
Macam roda kemudi atau steering wheel yang kedua adalah roda kemudi kecil, roda kemudi jenis ini memiliki keuntungan tidak memakan banyak tempat. Akan tetapi kerugiannya kemudi menjadi lebih berat, karena roda kemudi ini menghasilkan momen yang kecil. Sehingga untuk membelokkan kendaraan dibutuhkan momen yang besar. Namun, untuk sekarang ini hal itu tidak menjadi permasalahan lagi, karena sekarang sudah ada Power Steering yang akan meringankan pengemudian. Anda bisa menemukan roda kemudi ini pada mobil mobil penumpang. 

c. Roda kemudi ellips
Macam roda kemudi yang ketiga adalah roda kemudi ellips. Model ini merupakan gabungan dari kedua model diatas, dan umumnya model jenis ini lebih menguntungkan dari jenis yang lainnya.

Demikian saja fungsi dan macam-macam roda kemudi (steering wheel). Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

7 Mobil yang paling diminati oleh orang Indonesia

5:55 AM Add Comment
7 Mobil yang paling diminati oleh orang Indonesia - Terdapat puluhan bahkan ratusan merk mobil yang berkeliaran di Indonesia, mobil-mobil tersebut terdiri dari berbagai jenis mulai LCGC, MPV, SUV dan lain sebagainya. Mobil-mobil tersebut dikeluarkan oleh pabrik-pabrik pembuat mobil seperti toyota, daihatsu, suzuki, KIA, Datsun dan lain sebagainnya.

Dari kesemua mobil-mobil tersebut ada 7 mobil yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini didasarkan pada penjualan mobil mobil tersebut selama tahun 2015 ini, dan berikut ini adalah 7 mobil paling diminati di Indonesia dilihat dari penjualannya :

1. Toyota Avanza
Toyota Avanza - mobil paling diminati
Toyota Avanza - mobil paling diminati

Sepertinya mobil yang satu ini merupakan mobil yang paling favorit, di Tahun 2015 ini saja Toyota Avanza berhasil terjual sebanyak 125.506 mengalahkan mobil-mobil lainnya.

2. Daihatsu Grandmax PICK UP
Kebutuhan mobil pick up di Indonesia termasuk tinggi, terbukti dengan penjualan mobil pick up yang masih mudah dan harga yang masih baik. Di tahun 2015 ini Daihatsu Grandmax menjadi mobil yang paling diminati di Indonesia no 2, dengan angka penjualan 55.079 unit.

3. Toyota Agya
Toyota Agya yang merupakan mobil Low Cost Green Car ini ternyata juga diminati oleh masyarakat Indonesia, terbukti dengan penjualannya di tahun 2015 ini yang mencapai 51.908 unit, menduduki peringkat 3 sebagai mobil paling diminati di Indonesia.

4. Suzuki Carry Pickup
Sepertinya suzuki carry pickup harus puas menduduki peringkat 4 dengan penjualan 43.605 unit di Tahun 2015. Namun, mobil ini merupakan mobil pick up terlaris no 2 setelah Daihatsu Granmax.

5. Toyota Kijang Innova
Sepertinya toyota mendominasi sebagai mobil yang paling diminati di Indonesia. Terbukti dengan 3 dari 5 besar mobil yang paling laris diduduki oleh Toyota ini. Toyota Kijang Innova yang merupakan generasi terbaru dari Toyota Kijang ini menduduki peringkat 5 dengan angka penjualan mencapai 37.396 unit mobil.

6. Daihatsu Xenia
Daihatsu xenia tidak seperti sahabatnya Toyota Avanza. Daihatsu xenia di tahun 2015 ini berhasil menjual mobilnya dengan jumlah 33.440 unit, menduduki peringkat 6 sebagai mobil yang paling diminati di Indonesia.

7. Daihatsu Ayla
Mobil LCGC pabrikan daihatsu ini mampu menduduki sebagai mobil yang paling diminati di Indonesia peringkat ke 7. Namun ia belum bisa mengalahkan temannya, toyota Agya. Dihatsu Ayla harus puas dengan penjualan sebesar 31/95 unit mobil.

Source : oto.detik.com

Fungsi, Letak dan Syarat Kopling pada Mobil

5:00 AM Add Comment
Fungsi,  Letak dan Syarat Kopling pada Kendaraan  - Seperti yang telah saya utarakan pada postingan-postingan sebelumnya bahwa pada kendaraan terdapat salah satu sistem yang mentransfer tenaga dari mesin ke roda-roda. Sistem tersebut disebut dengan pemindah daya/tenaga. Sistem pemindah tenaga inti terdapat beberapa komponen, seperti kopling, transmisi, propeller shaft dan lain-lain.

Sudah saya sebutkan diatas bahwa macam salah satu macam dari sistem pemindah tenaga adalah kopling. Nah, kita kali ini akan membahas tentang kopling dari mulai fungsi, letak dan juga persyaratannya. Oke, kita mulai dari fungsi kopling. 

Fungsi dan Letak Kopling pada kendaraan

Pada kendaraan kopling atau clutch terletak diantara tansmisi dan juga mesin, kegunaan atau fungsi dari adalah untuk memutus dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi.  Untuk mengetahui letak dari kopling, silahkan perhatikan gambar dibawah ini. Sudah sangat jelas tentang letak dari kopling.

letak kopling
letak kopling

Syarat-syarat kopling

Agar kopling dapat bekerja dengan baik, kopling memiliki persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :
  1. Harus mampu memutuskan atau meenghubungkan putaran dari mesin ke transmisi dengan lembut.
  2. Harus dapat menghubungkan putaran mesin ke transmisi tanpa terjadi slip
  3. Harus dapat memutuskan dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi dengan cepat dan tepat
 Nah, demikian saja artikel singkat tentang kopling. Jangan lupa baca artikel yang lainnya :
  1. Komponen utama kopling pada kendaraan
  2. Fungsi facing, cushion plate, dan torsion dumper pada kopling 
  3. Fungsi dan macam tutup kopling 

Komponen mekanisme penggerak kopling tipe hidraulis

9:49 PM Add Comment
Komponen komponen mekanisme penggerak kopling tipe hidraulis - Terdapat dua macam tipe mekanisme penggerak kopling yang digunakan di sistem kopling mobil, yaitu tipe mekanis dan tipe hidraulis. Dan pada kesempatan-kesempatan sebelumnya sudah saya bahas tentang kopling ini, sehingga pada kesempatan kali ini akan saya share tentang komponen-komponen mekanisme penggerak kopling tipe hidraulis.

Kalau belum mengetahui tentang prinsip kerja atau fungsi dari mekanisme penggerak bisa membaca artikel sebelumnya yang berjudul 2 macam mekanisme penggerak kopling.

Komponen-komponen mekanisme penggerak kopling tipe hidraulis

Perhatikan gambar dibawah ini :
Mekanisme penggerak koplin tipe hidraulis
Mekanisme penggerak koplin tipe hidraulis
Dari gambar diatas, anda sudah mengetahui komponen-komponen dari mekanisme penggerak tipe hidraulis yaitu :
  1. Pedal kopling
  2. Master silinder kopling
  3. Pipa tekanan fleksibel
  4. Pipa tekan baku
  5. Tuas pembebas
  6. Silinder kopling
  7. Bantalan tekan
  8. Pegas diafragma
  9. Rumah kopling
  10. Pegas pengembali pedal
  11. Pegas pengembali tuas pembebas
  12. Tuas master silinder rod
Nah, demikian saja artikel tentang komponen mekanisme penggerak kopling tipe hidraulis. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Jangan lupa dibaca artikel yang lain :
  1. Komponen utama kopling pada kendaraan
  2. Fungsi facing, cushion plate, dan torsion dumper pada kopling 
  3. Fungsi dan macam tutup kopling 

2 Macam mekanisme penggerak kopling

9:27 PM Add Comment
2 Macam mekanisme penggerak kopling - Beberapa hari ini bisaotomotif.com sedang mood untuk share tentang kopling. Yang mana kita sebelumnya sudah membahas beberapa artikel yang berhubungan dengan sistem kopling pada suatu kendaraan. Artikel-artikel tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Nah kali ini kami akan membahasnya dalam 2 macam mekanisme penggerak kopling, saat ini dikenal terdapat dua macam mekanisme penggerak kopling yaitu tipe mekanis dan tipe hidraulis. Dan berikut ini adalah penjelasan masing-masing tipe mekanisme penggerak kopling.

1. Mekanisme penggerak kopling tipe mekanis


Mekanisme penggerak kopling tipe mekanis
Mekanisme penggerak kopling tipe mekanis

Mekanisme penggerak kopling tipe mekanis akan memindahkan atau menyalurkan tenaga dari injakan kaki melalui pedal kopling ke pengungkit. Pada tipe ini digunakan kabel baja yang akan menghubungkan pedal kopling dengan tuas pembebas kopling, cara kerjanya kurang lebih seperti ini. Ketika kita menginjak pedal kopling, maka akan menarik kabel, kabel yang terhubung dengan tuas pembebas ini juga akan menarik tuas pembebas ke arah menekan pegas kopling (pada tipe pegas diafragma. Selanjutnya kopling akan terbebas dan tidak dihimpit lagi oleh plat penekan. Sehingga anda dapat memindah gigi percepatan.
 

Ketika melepaskan injakan ke pedal kopling, maka kabel sudah tidak teratarik lagi dan tuas kopling akan kembali ke posisi yang semula. Kopling terhimpit oleh plat penekan, dan berputar bersamaan dengan putara mesin. Input transmisi pun juga berputar dengan kecepatan yang sama dengan putaran mesin.


2. Mekanisme penggerak kopling tipe hidraulis

Mekanisme penggerak tipe hidraulis
Mekanisme penggerak tipe hidraulis
Mekanisme penggerak kopling yang kedua adalah tipe hidraulis. Pada tipe ini ini memanfaaatkan tekanan hidraulis minyak untuk meneruskan tenaga kaki ketika menginjak pedal kopling. Pedal kopling pada kopling yang menggunakan mekanisme penggerak berguna untuk menekan minyak yang ada pada master silinder.

Tekanan minyak ini kemudian dilasurlkan ke silinder kopling. Yang kemudian tekanan minyak akan mendorong tuas pembebas dan bantalan tekan menekan pegas diafragma. Hal ini akan membuat kopling menjadi terbebas dan siap untuk melakukan perpindahan gigi percepatan.

Fungsi dan Macam Tutup Kopling (Clutch Cover)

5:58 AM Add Comment
 Fungsi dan Macam Tutup Kopling (Clutch Cover) - Salah satu sistem pada mobil adalah sistem pemindah tenaga atau power train system,  yang mana sistem ini terdiri dari kopling, transmisi, propeller, differential dan lain sebagainya. Salah satu komponen utama kopling adalah tutup kopling (clutch cover), selain clutch cover komponen dari sistem kopling adalah kampas kopling dan mekanisme penggerak.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan fokus membahas tentang fungsi atau kegunaan dari tutup kopling (clutch cover) beserta dengan macam-macamnya :

Fungsi tutup kopling (clutch cover)

Tutup kopling atau clutch cover pada kopling terpasang atau dibautkan dengan fly wheel (roda penerus), sehingga clutch cover ini akan berputar bersama-sama dengan fly wheel dan atau kampas kopling. Clutch cover terdapat plat penekan, plat penekan ini merupakan plat yang terbuat dari besi tuang, dan sisinya halus. Plat penekan ini nantinya akan bersentuhan langsung dengan kampas kopling.


Tutup kopling ini dilengkapi dengan sejumlah pegas spiral atau pegas diaphragma. tutup dan tuas penekan. Pegas digunakan untuk memberikan tekanan terhadap pelat tekan, pelat kopling dan roda penerus.

Macam-macam tutup kopling (clutch cover)

Macam macam tutup koplin (clutch cover)
Macam macam tutup koplin (clutch cover)

Terdapat dua macam pegas yang digunakan pada tutup kopling yaitu pegas spiran (atau pegas koil) dan juga pegas diaphragma. Dan berikut ini adalah penjelasannya :

Lihat gambar diatas, di bagian kiri adalah tutup kopling dengan pegas koil. Dan di bagian kanan adalah tutup kopling dengan pegas diafragma.

1. Tutup kopling (clutch cover) dengan pegas koil

Macam tutup kopling yang pertama adalah tutup kopling dengan pegas koil. Cultch cover yang satu ini terdiri dari pressure plate yang umumnya terbuat dari baja tuang yang diratakan dengan halus untuk menekan kampas kopling.

Clutch cover yang satu ini menggunakan pegas koil dan tiga buah pressure lever. Clutch cover dengan pegas koil banyak digunakan pada kendaraan berat seperti bus, truck dll.


2) Tutup Kopling dengan Pegas Diaphragma (Diaphragm Spring Type Clutch)

 Macam tutup koplin yang kedua adalah dengan pegas diafragma yang berfungsi untuk memberikan tekanan terhadap pelat tekan, pelat kopling dan roda penerus., kalau pada tipe ini pegas diafragma juga berfungsi sebagai pressure level. Bila pedal kopling di injak, release bearing akan mendorong ujung-ujung sirip pada pegas diafragma, plat penekan akan tertarik sehingga kampas kopling bebas. Tutup kopling tipe ini lebih banyak digunakan daripada tipe tutup koil dengan pegas koil. Hal ini dikarenakan tutup kopling dengan pegas diafragma memiliki beberapa kelebihan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari pegas diafragma :
  1. Tidak memerluan tenaga yang berlebihan dalam membebaskan kopling dengan kata lain lebih ringan dalam membebaskan kopling
  2. Kemungkinan slip sangat kecil karena penekanan yang dihasilkan lebih merata
  3. Kontruksi lebih sederhana
  4. Ketika kecepatan tinggi, tegangan pada pegas diafragma tidak menurun, sedangkan pada pegas koil akan menurun karena efek dari gaya sentrifugal.

Fungsi Facing, Cushion Plate dan Torsion Dumper pada Kampas Kopling

10:04 PM Add Comment
Fungsi Facing, Cushion Plate dan Torsion Dumper pada Kampas Kopling - Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas tentang komponen-komponen utama kopling, yang mana kopling pada kendaraan terdiri dari 3 bagian utama yaitu kampas kopling atau clutch disc, tutup kopling dan mekanisme penggerak. Nah, pada kesempatan ini kita akan fokus membahas tentang clutch disc atau kampas kopling. Fungsi dari kampas kopling adalah meneruskan tenaga mesin dari roda penerus (flywheel) ke plat penekan (pressure plate) dan selanjutnya ke input shaft transmisi.

Bagian-bagian utama dari kampas kopling terdiri dari 3 bagian yaitu facing, torsion dumper, dan cushion plate. Lalu apakah fungsi dari ketiga bagian utama kampas kopling tersebut? Berikut ini kami jelaskan :
Bagian-bagian kampas kopling
Source image : kitapunya.net

1. Fungsi Facing pada kampas kopling

Komponen utama kampas kopling yang pertama adalah facing. Mungkin sesuai dengan namanya facing yang tidak jauh dari face yang berarti wajah. Wajah mungkin bisa kita kaitkan dengan permukaan artinya adalah permukaan pada kampas kopling yang bergesekan dengan plat penekan dan fly wheel. Sudah tahu facing itu yang mana? Jika belum anda bisa melihat gambar dibawah ini :

Facing ini terpasang di cushion plate dengan cara dikeling dengan paku keling. Kemudian cushion plate itu sendiri menjadi satu dengan disc plate yang cara penyatuannya juga dengan dikeling. Maka dari itu proses transfer tenaga diawali dari facing, kemudian ke cushion plate dan terakhir ke disc plate. Disc plate terdapat clutch hub yang nantinya akan dihubungkan dengan input shaft transmisi.

2. Fungsi cushion plate pada kampas kopling

Komponen utama kopling yang kedua adalah cushion plate. Cushion plate ini terikat bersama facing dan disc plate. Mengikatnya yaitu dengan cara dikeling. Cushion plate ini berbentuk gelombang, mengapa dibentuk bergelombang? Tujuannya adalah agar ketika plat penekan menyentuh clutch disc, penekanan dapat dilakukan secara pelen-pelan.

3. Fungsi torsion dumper pada kampas kopling

Komponen utama kampas kopling yang ketiga adalah torsion dumper. Komponen yang satu ini berfungsi untuk meredam getaran pada plat kopling lebih detailnya memiliki fungsi untuk meredam hentakan/puntiran saat kopling mulai menghubungkan/meneruskan putaran dan pada saat akselerasi maupun deselerasi. Terdapat dua macam torsion dumper yaitu torsion rubber dumper (berjenis karet) dan torsion spring dumper (bebentuk pegas koil).

Selain dari 3 komponen diatas, masih terdapat komponen lainnya yaitu clutch hub, disc plate dan paku keling. Tapi karena judulnya adalah fungsi dari facing, cushion plate dan torsion dumper maka tidak saya jelaskan fungsi komponen ini. Mungkin lain kali akan saya jelaskan.

Komponen Utama Kopling pada Kendaraan

5:35 AM Add Comment
Komponen Utama Sistem Kopling pada Kendaraan - Pada kendaraan terdapat sistem yang bernama sistem pemindah tenaga, yang mana salah satu komponen dari sistem pemindah tenaga ini adalah kopling. Komponen lain dari sistem pemindah tenaga antara lain ada transmisi, propeller shaft, gardan/differential, axle shaft dan lain-lain.

Oke, pada kesempatan kali ini kita akan fokus membahas tentang kopling atau dalam bahasa inggris dikenal dengan clutch. Di manakah letak kopling? Kopling pada kendaraan terletak di antara transmisi dengan mesin (fly wheel).

Karena terletak di antara dua komponen tersebut, maka fungsi dari kopling sudah jelas yaitu untuk memutus atau menghubungkan tenaga dari mesin ke transmisi. Pemutusan tenaga putaran dari mesin ke transmisi ini diperlukan ketika melakukan pemindahan gigi, sehingga ketika ingin memindah gigi percepatan maka kita harus menginjak pedal kopling terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar gigi percepatan dapat berpindah dengan mulus, tanpa menimbulkan suara ataupun kerusakan komponen pada transmisi.

Lalu apa sajakah komponen komponen dari koplin? Berikut ini adalah komponen-komponennya :

Komponen komponen utama kopling pada kendaraan

Kopling pada kendaraan terdiri dari beberapa komponen seperti roda penerus, pelat kopling/clutch disc/kampas kopling, plat penekasn,  dan mekanism penggerak. Dan berikut ini adalah penjelasan singkat tentang komponen komponen tersebut :

1. Kampas kopling/clutch disc/plat kopling

Merupakan komponen utama pada unit kopling, kampas kopling berfungsi sebagai menghubungkan putaran dari mesin ke transmisi. Dengan kata fungsi clutch disc adalah untuk meneruskan tenaga mesindari roda penerus (flywheel) ke plat penekan (pressure plate) dan selanjutnya ke input shaft transmisi. Kampas kopling ini terhubung dengan alur pada input shaft transmisi, jadi ketika kopling berputar otomatis input shaft transmisi juga berputar. 

Kampas Kopling (Clutch Disc)
Kampas Kopling (Clutch Disc)
Kampas kopling terdiri dari beberapa bagian utama seperti facing, torsion dumper, cushion plate, paku keling, hub, dan lain sebagainya. Lomponen ini merupakan komponen pada kopling yang paling sering aus. Kampas kopling akan semakin cepat aus, bila penggunaannya salah.
 

2. Tutup kopling (clutch cover)

Komponen utama kopling yang ketiga adalah tutup kopling atau clucth cover. Tutup Kopling (Clutch Cover). Tutup kopling ini dibautkan dengan fly wheel, Tutup kopling ini akan berputar bersamaan dengan fly wheel dan atau plat kopling sesuai dengan putaran mesin. Untuk saat ini terdapat dua macam tutup kopling, yaitu diaphragm spring clutch cover (tutup kopling tipe pegas diafragma) dan tutup kopling dengan pegas coil. Tutup kopling bagian kiri adalah clutch cover dengan pegas koil, dan gambar bagian kanan yaitu tutup kopling dengan pegas diafragma.

Tutup kopling (clutch cover)
Tutup kopling (clutch cover)

3. Mekanisme penggerak

Mekanisme penggerak kopling tipe mekanis
Mekanisme penggerak kopling tipe mekanis
Mekanisme penggerak merupakan suatu mekanisme yang berguna untuk mengoperasikan kopling, kita dapat mengoperasikan kopling dengan menginjak pedal kopling. Mekanisme penggerak akan mneruskannya sehingga kopling dapat terbebas, dan dapat dilakukan perpindahan gigi. Mekanisme penggerak pada kopling terdapat dua macam, tipe yang pertama menggunakan tipe mekanis dan tipe yang kedua menggunakan tipe hidraulis. 

Gambar diatas merupakan gambar mekanisme penggerak tipe mekanis, yang mana untuk menggerakkan masih menggunakan kable bukan hidraulis.

Perbedaan dan Perbandingan Aki Kering dengan Aki Basah

1:49 PM Add Comment
Perbedaan dan Perbandingan Aki Kering dengan Aki Basah - Salah satu komponen pada kelistrikan mobil adalah aki, aki ini berfungsi sebagai penyimpan arus listrik dan sebagai sumber arus ketika mobil pertama kali dihidupan. Dengan kata lain tanpa baterai maka starter tidak dapat berputar dan menghidupkan mobil. Aki atau baterai juga dapat menjadi sumber listrik ketika mobil dalam keadaan mati. Karena ketika mesin sudah hidup peran aki digantikan oleh sistem pengisian atau charging system.

Aki atau baterai yang kita kenal ada dua macam, yaitu aki basah dan aki kering. Kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan, dan berikut ini bisaotomotif.com share tentang perbandingan antara aki kering dan aki basah.

Perbedaan aki kering dan aki basah dilihat dari segi tampilannya sangat mencolok, aki yang basah mempunyai kotak bagian samping yang agak transparan, sehingga dapat melihat jumlah elektrolit yang berada di dalamnya. Aki yang basah juga dilengkapi dengan garis di lower lever dan upper level sebagai tanda dalam melakukan pengisian elektrolit baterai. Jadi ketika mengisi elektrolit baterai, di isi sampai gari upper lever atau minimal berada diantara lower lever dan upper level. Pada aki basah juga ada tutup sel yang umumnya jumlahnya ada 6 buah. 

Perbandingan aki kering dan aki basah
Perbandingan aki kering dan aki basah
Sementara itu pada aki kering kotak baterai biasanya gelap, dan tidak terdapat tutp sel seperti pada aki basah. Lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini :

Perbandingan aki kering dan aki basah

Kita bisa membedakan kedua jenis aki dari berbagai hal, mulai dari segi harga, kualitas, perawatan, dan usia pakai. 

1. Perbandingan aki basah dan aki kering dilihat dari segi harga

Dari segi harga, kedua aki dengan amper yang sama harganya berbeda. Beda merk pun harganya juga berbeda. Tapi yang pasti adalah harga aki kering sedikit lebih mahal dibandingkan dengan aki basah, mungkin karena ada beberapa kelebihan yang dimilikinya. Dari segi harga, kita nyatakan aki basah lebih murah.

2. Perbandingan aki basah dan aki kering dilihat dari segi perawatan

Dari segi perawatan aki kering pemenangnya, karena aki kering ini minim perawatan dapat juga dikatakan tanpa perawatan. Sehingga aki kering sering disebut juga dengan aki free maintanace. Mungkin ini sebabnya aki kering lebih mahal dibandingkan dengan aki basah.

Kemudian untuk aki basah, ada perawatan yang harus anda lakukan diantaranya adalah selalu rutin memeriksa jumlah elektrolit bateri dan bila kurang harus menambahnya dengan air aki (air suling) bukan accu zuur (H2SO4). Coba deh baca artikel ini : 7 Cara dan tips merawat aki mobil agar awet

3. Perbandingan aki basah dan aki kering dari segi kualitas

Dari segi kualitas mungkin keduanya hampir sama, perbedaan paling mencolok dari kedua aki adalah pada perawatannya.

4. Perbandingan aki kering dan aki basah dari segi usia pakai

Dari segi usia pakaipun kedua aki juga hampir sama, pada intinya semakin baik perawatannya maka aki akan semakin awet. Bisa jadi aki basah bila dirawat dengan baik akan lebih lama usia pakainya, dan sebaliknya apabila aki basah tidak dilakukan perawatan maka usia pakai aki bisa lebih rendah daripada aki kering.

Usia pakai sebuah aki rata-rata 2-3 tahun melebihi dari itu berarti sudah sangat baik. Tapi kalau aki usia pakainya hanya dibawah 1,5 tahun berarti ada masalah yang harus anda cari dan perbaiki. Kemungkinan besar terjadi pada sistem pengisiannya, pemakaian yang sembarangan dan tidak dilakukannya perawatan.


Sudah tahukan sekarang perbedaan dan perbandingan aki kering dengan aki basah.

Cara Sederhana Menjaga Performa Mesin Tetap Prima

5:40 AM Add Comment
Cara Sederhana Menjaga Performa Mesin Tetap Prima - Sebagai pengemudi memiliki mobil dengan performa maksimal adalah suatu kebanggan, selain itu juga dapat membuat kita merasa puas mengemudikan mobil tersebut. Berbeda jika mobil yang kita miliki performanya sangat buruk, tentu kita akan lebih mudah emosi dan akan merasa malu bila membawa penumpang, pasti dianggap tidak bisa mengemudikan mobil.

Performa mobil sangat ditentukan oleh kondisi mesin, bila kondisi mesin normal maka performa mesin juga maksimal, tetapi bila mesin bermasalah performa mesin tersebut juga akan kurang maksimal. Jadi kuncinya adalah membuat mesin dalam kondisi normal.

Nah, agar messn mobil normal maka perlu dilakukan perawatan. Perawatan ini akan membuat komponen mesin lebih awet, bukan berarti tidak bisa rusak. Perawatan merupakan usaha agar komponen mesin lebih awet lagi.

Dengan perawatan yang rutin, mesin mobil anda akan terjaga, sehingga performanya baik, gas buang baik, konsumsi bahan bakar efisien dan lain sebagainya.

Nah, apa sajakah perawatan-perawatn sederhana mesin yang dapat meningkatkan performa mesin. Berikut ini kami berikan tutorial tentang cara menjaga permorma mesin tetap maksimal.

Cara sederhana menjaga performa mesin agar maksimal


Menjaga performa mesin mobil tetap prima
Menjaga performa mesin mobil tetap prima

1.  Oli mesin - Cara Menjaga Performa Mesin Tetap Prima

Yang perlu anda perhatikan adalah masalah oli mesin. Perawatan yang dilakukan antara lain gantilah oli mesin secara rutin. Oli mesin yang telat diganti akan membuat pelumasan tidak maksimal yang bisa membuat keausan pada komponen-komponen mesin. Selain itu pilihlah oli mesin yang  berkualitas, dan perhatikan juga viskositas (kekentalanny). Pilihlah oli dengan kekentalan yang sesuai dengan karakteristik mobil anda. Umumnya mobil keluaran terbaru menggunakan oli yang sedikit encer, hal ini akan menghasilkan performa mesin yang lebih baik, mobil yang masih baru mempunyai tingkat presisi yang masih sangat baik (belum mengalami keausan) sehinga dengan oli yang sedikit encer sudah cukup. Tapi kalau mobil sudah lawas, lebih baik gunakan oli yang lebih kental. 

2. Bahan bakar - Cara Menjaga Performa Mesin Tetap Prima

Bahan bakar sangat mempengaruhi performa mesin. Tentu bahan bakar yang berkualitas baik akan menghasilkan performa yang lebih baik pula. Kualitas bahan bakar dapat kita lihat dari nilai octannya, semakin tinggi nilai octannya maka bahan bakar tersebut semakin baik. Di Indonesia dikenal ada beberapa jenis. Yang pertama adalah premium dengan nilai octan 88, pertamax dengan nilai octan 91 dan pertamax plus dengan nilai octan 95. 

Dengan menggunakan bahan bakan yang berkualitas atau yang mempunyai nilai oktan lebih tinggi  maka pembakaran akan lebih sempurna, gas buang yang dihasilkan juga akan lebih baik. Performa? Sudah tidak ditanyakan lagi, pasti akan lebih baik.

3. Tune up rutin - Cara Menjaga Performa Mesin Tetap Prima

Tune up merupakan salah satu cara untuk meningkatkan performa mesin. Karena pada saat tune up, mesin mobil anda akan diperiksa dan dirawat khusus pada bagian mesin saja. Dalam tune up rutin biasanya komponen mesin yang diperiksa antara lain busi, kabel busi, filter udara, fuel filter, dan lain sebagainya. Bila komponen tersebut sudah tidak sesuai spesufujasu, maka akan diganti atau dilakukan penyetelan. Karena kondisi kompenen penting tersebut baik, maka performa mesin mobil anda juga akan baik.

Sebagai contoh adalah busi, apabila busi kotor atau celahnya tidak sesuai maka percikan yang dihasilkan tidak  mampu membakar campuran udara dan bahan bakar. Akibatnya performa tidak sempurna, bensin lebih boros dan emisi gas buang yang tidak sesuai.

Kemudian jika filter udara sudah rusak atau sangat kotor, tentu akan menghambar udara yang akan masuk ke silinder. Sehingga membuat pembakaran tidak sempurna (umumnya gas CO akan meningkat dalam gas buang) dan performa tidak seperti yang diharapkan.

Nah, lebih baik anda melakuan tune up rutin agar performa mesin anda lebih sempurna.

Cara kerja dan gambar rangkaian lampu kota (tail light)

2:25 PM Add Comment
Cara kerja dan gambar rangkaian lampu kota (tail light) - Setelah pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas tentang fungsi lampu kota, sekarang kita akan membahas ke tingkat yang lebih tinggi, ceileh.. Lampu kota mempunyai dua nama keren, yaitu clearance light dan tail light.

Clearance light ditujukan untuk lampu kota bagian depan yang berfungsi sebagai pemberi isyarat kepada pengemudi lain tentang jarak atau lebar mobil tersebut. Sementara untuk tail light fungsinya sama, akan tetapi ditujukan untuk lampu kota bagian belakang.

Komponen yang harus anda ketahui sebelum ke cara kerja antara lain, baterai (aki), saklar kontrol lampu (headlight switch), relay, sekering (fuse), lampu kota dan kabel-kabelnya.

Oke, berikut ini adalah gambar rangkaian dari lampu kota (clearance light/tail light)

Gambar rangkaian lampu kota
Gambar rangkaian lampu kota
Cara kerja lampu kota tanpa relay
Untuk cara kerja yang pertama ini silahkan lihat pada gambar diatas, gambar yang kiri bukan yang kanan. Karena gambar sebelah kanan sudah terdapat relaynya.

Cara kerjanya : Apabila saklar kontrol lampu (head light) di putar satu kali, maka saklar yang semula off kini terhubung ke terminal tail (lihat gambar). Sehingga arus dari baterai akan mengalir melewati fusible link > fuse > saklar kontrol lampu > lampu kota > massa.

Karena lampu teraliri arus maka, lampu akan menyala. Semua lampu kota umumnya disambung secara palel.

Cara kerja lampu kota dengan relay
Cara kerja lampu kota yang dengan relay maupun tanpa relay hampir sama cuma perbedaannya kalau rangkaian lampu kota yang menggunakan relay. Pertama tama ketika saklar kontrol lampu diputar satu kali ke arah lampu kota, maka arus dari baterai akan mengalir melalui fusible link > fuse > relay > saklar kontrol lampu > massa. Lihat gambar,

Karena relay teraliri arus, maka pada relay akan terjadi kemagnetan sehingga kontak poin akan berhubungan. Hasilnya arus dari baterai akan mengalir menuju relay dan lampupun akan menyala. 

Demikian cara kerja dan gambar rangkaian kerja lampu kota. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.
 




Fungsi meter temperatur atau pengukur suhu mesin mobil

11:11 AM Add Comment
Fungsi meter temperatur atau pengukur suhu mesin mobil - Salah satu macam meter atau pengukur yang ditampilkan pada instrumen panel mobil adalah pengukur suhu atau meter temperatur, yang tentunya pengukur suhu mesin. Sebelumnya telah kita bahas tentang fungsi fuel meter.

Sesuai dengan namanya, pengukur suhu ini berguna untuk memberikan informasi kepada pengemudi tentang temperatur atau suhu mesin. Biasanya pengukur ini ditampilkan dalam bentuk analog atau (jarum), yang mana jarum ini akan menunjukkan temperatur mesin apakah cool (dingin), hot (panas) atau diantara keduanya.

Pengukur temperatur mesin ini dilakukan oleh sensor temperatur, sensor ini sering disebut dengan water temperatur sensor karena sensor ini diletakkan pada saluran pendingin air.

meter temperatur atau pengukur suhu
meter temperatur atau pengukur suhu


Sensor ini akan menerima panas dari air pendingin yang telah menyerap panas dari mesin, kemudian akan diproses dan ditampilkan dalam bentuk analog (jarum). Apabila sensor menerima panas yang sangat berlebihan, maka jarum akan menunjuk ke arah hot (panas) dan juga sebaliknya. Bila jarum menunjuk di tengah-tengah antara cool dan hot, berarti mesin tersebut dalam kondisi baik, karena mesin sudah berada dalam temperatur kerja.

Bila jarum menunjuk di posisi hot maka pengemudi harus waspada, karena mobilnya temperaturnya terlalu panas. Dan itu berarti ada yang tidak beres, perlu diperiksa. Ada beberapa kemungkinan seperti sistem pendingin tidak bekerja normal, kipas tidak berputar dan lain sebagainya.

Bila pada posisi hot terus dipaksakan untuk berjalan, kemungkinan akan terjadi kerusakan dan keausan pada komponen komponen mesin mobil anda.

Fungsi Meter Bahan Bakar (Fuel Meter)

10:54 AM Add Comment
Fungsi Meter Bahan Bakar (Fuel) - Setiap kendaraan baik itu motor, truk, bus dan kendaraan lainnya yang menggunakan bahan bakar minyak umumnya menggunakan fuel meter atau meter bahan bakar. Meter ini berguna untuk memberikan informasi kepada pengemudi terkait dengan jumlah bahan bakar yang terdapat didalam tangki bahan bakar. 

Kondisi yang dilaporkan biasanya dalam bentuk analog (masih menggunakan jarum) atau sudah menggunakan digital. Pada intinya keduanya sama, yaitu memberikan informasi kepada pengemudi tentang jumlah bahan bakar yang masih ada di dalam tangki, apakah penuh (fuel), kosong atau diantara keduanya.

Fuel Meter
Fuel Meter


Umumnya sistem meter bahan bakar ini terdapat dua komponen utama, yaitu pengirim sinyal dan penerima sinya. Pengirim sinyal tentunya berada didalam tangki, orang yang dibengkel sering menyebutnya dengan pelampung. Terdapat dia macam pengukur bahan bakar pada mobil dan motor, yaitu tipe bimetal dan juga tipe cross coil.

Ada perbedaan sedikit untuk kedua jenis meter bahan bakar tersebut, untuk jenis yang kedua atau tipe cross coil jarum yang menunjukkan jumlah bahan bakar tidak tergantung pada kunci kontak. Artinya walaupun kunci kontak dalam posisi off, pengukur bahan bakar masih memberi informasi terkait jumlah bahan bakar. Lebih mudahnya, tipe ini jarum penunjuk jumlah bahan bakar tidak kembali ke E, setelah kunci kontak OFF.

Tipe ini lebih banyak digunakan daripada tipe bimetal, selain itu ada satu tipe lagi yaitu tipe yang menampilkan pengukur bahan bakar secara digital. Kalau tipe digital ini, kunci kontak harus on untuk melihat jumlah bahan bakar. Namun untuk mobil mobil sekarang ini, paling banyak menggunakan fuel meter yang sudah digital.

Tapi ada juga yang masih menggunakan fuel meter tipe cross coil karena kelebihan yang dimilikinya, yaitu :
a. Ketelitian yang tinggi
b. Sudut jarum penunjuk cukup luas
c. Kelanjutan karakteristiknya baik sekali
d. Tidak memerlukan pengatur tegangan

Fungsi lampu ruangan pada mobil

5:56 AM Add Comment
Fungsi lampu ruangan pada mobil - Terdapat banyak lampu yang terdapat pada mobil, lampu lampu tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda misalkan saja lampu rem, pasti fungsinya adalah untuk memberikan isyarat kepada pengemudi dibelakangnya bahwa mobil tersebut sedang mengerem.

Salah satu lampu yang tidak boleh dilupakan adalah lampu ruangan atau biasa disebut dengan lampu kabin, lampu ruangan umumnya terletak didalam kabin dan berada di bagian tengah mobil. Pada sebagian mobil lampu ruangan tidak hanya terdapat satu, tetapi dua yaitu di tengah dan dibelakangnya.

Sesuai dengan namanya, lampu ruangan ini berfungsi untuk menerangi interior atau menerangi ruang penumpang pada saat malam hari sehingga tidak kegelapan di dalam mobil.

Fungsi lampu ruangan pada mobil
Fungsi lampu ruangan pada mobil

Lampu ruangan ini didesain agar tidak menyilaukan pengemudi, lampu ruangan biasanya tidak dihidupkan ketika mobil sedang berjalan, alasanny adalah agar tidak membuat pengemudi yang berpapasan tidak silau. Sehingga lampu ini biasanya dihidupkan ketika kendaraan berhenti.

Alasan lampu ruangan diletakkan dibagian tengah adalah agar lampu ruangan ini dapat menyebar merata menerangi bagian dalam mobil.

Lampu ruangan ini dapat anda hidupkan dengan mengoperasikan saklar atau switch, umumnya ada 3 posisi saklar lampu ruangan yaitu posisi ON, DOOR dan OFF. Pada posisi OFF lampu ruangan akan mati, pada posisi ON lampu ruangan akan hidup, dan pada posisi DOOR lampu ruangan akan hidup ketika pintu terbuka. 

Fungsi lampu instrumen panel (lampu meter)

5:39 AM Add Comment
Fungsi lampu instrumen panel (lampu meter) - Pada kesempatan sebelumnya bisaotomotif.com sudah membahas kegunaan hampir semua jenis jenis lampu di kendaraan, dari mulai lampu kota, lampu kepala, lampu tanda belok, lampu hazard, lampu rem dan terakhir kami telah membahas fungsi lampu mundur atau backup light

Untuk sekarang ini kami akan membahas tentang fungsi lampu instrumen panel (lampu meter). Lampu meter atau instrumen panel berfungsi untuk menerangi meter-meter pada instrumen panel pada malam hari, sehingga pengemudi tersebut dapat membaca meter-meter dan gauge dengan mudah tanpa kesulitan yang diakibatkan karena tidak ada penerangan.

Fungsi lampu instrumen panel (lampu meter)
Fungsi lampu instrumen panel (lampu meter)
Meter-meter tersebut antara lain rpm, spedo meter, fuel meter, dan lain sebagainya.

Kapan lampu instrumen panel ini menyala?
Lampu instrumen panel ini akan menyala ketika lampu kota dinyalakan. Itu juga berlaku ketika lampu kepala dihidupkan, ketika lampu kepala hidup lampu kota akan hidup, lampu instrumen panel pun juga akan hidup.

Pada beberapa jenis lampu instrumen panel, beberapa diantaranya dapat di atur tingkat terangnya lampu meter sehingga tidak membuat pengemudi silau karena lampu meter yang terlalu terang.

Fungsi lampu mundur (backup light) pada mobil

5:18 AM 1 Comment
Fungsi lampu mundur (backup light) pada mobil - Ketika kendaraan akan melaju mundur, maka harus ada isyarat dari pengemudi agar tidak salah pengertian dengan yang ada di belakangnya. Salah satu isyarat yang digunakan adalah dengan menggunakan lampu. Jadi ketika kendaraaan khususnya mobil dan truk maka lampu ini akan menyala.

Pada motor biasa, lampu ini tidak ditemukan karena motor umumnya tidak bisa berjalan mundur. Sesuai dengan namanya fungsi dari lampu mundur adalah untuk memberikan isyarat kepada pengemudi atau orang dibelakangnya bahwa kendaraan tersebut akan berjalan mundur. Selain itu juga lampu mundur berfungsi sebagai lampu yang membantu menerangi jalan bagian belakang. 

Fungsi lampu mundur (backup light) pada mobil
Fungsi lampu mundur (backup light) pada mobil
Lampu mundur atau backup light ini akan menyala ketika tuas transmisi diposisikan pada posisi mundur, ketika kunci kontak on.

Ketika kunci off, dan tuas transmisi di posisikan mundur maka lampu tidak menyala. Warna lampu mundur telah ditetapkan oleh internasional, yaitu berwarna putih. 

Lampu mundur sering disebut juga dengan lampu atret, artinya lampu yang hidup ketika mobil atret. Ha ha. Demikian saja artikel tentang fungsi lampu mundur atau backup light.