Fungsi Expansion Valve pada AC Mobil

7:45 PM 1 Comment
Fungsi Expansion Valve pada AC Mobil - Fungsi air conditioner pada kendaraan adalah sebagai penyejuk udara di dalam ruangan. Komponen dari sistem ac terdiri dari kompresor, kondensor, receiver/dryer, katup ekspansi dan evaporator, dll. Komponen utama yang pertama adalah Kompresor, kompresor merupakan salah satu komponen utama dalam sistem yang memiliki peran untuk mensirkulasikan refrigerant ke seluruh sistem sirkulasi ac.

Komponen yang kedua adalah kondensor. Sesuai dengan namanya komponen ini bekerja agar zat pendingin mengalami kondensasi atau berubah wujud dari gas menjadi cair, caranya adalah dengan mendinginkan freon. Kondensor pada ac mobil umunya letaknya adalah pada bagian depan kendaraa, dekat dengan radiator.

Komponen yang ketiga dari sistem ac yaitu receiver/dryer. Komponen yang satu ini fungsinya adalah untuk menyaring refrigerant dari kotoran dan uap air. Dan komponen yang selanjutnya adalah evaporator yang mana fungsinya adalah kebalikan dari kondensor.

Kira-kira komponen apa yang belum saya bahas diatas? Ya, expansion valve. Katup ekspansi atau expansion valve jika berdasarkan sirkulasi refrigeran berada setelah receiver/dryer dan sebelum evaporator. Freon akan melewati katup ekspansi ini terlebih dahulu baru kemudian menuju evaporator. Nah, untuk mengetahui fhttps://www.blogger.com/blogger.g?blogID=4944869137907147520#editor/target=post;postID=5888959266484694810;onPublishedMenu=posts;onClosedMenu=posts;postNum=117;src=linkungsi-fungsi komponen ac secara detail, bisa baca pada artikel yang sudah saya publikasikan sebelumnya, disini :

Fungsi Expansion Valve (Katup Ekspansi)

Menurunkan tekanan zat pendingin (refrigerant) menyebapkan refrigerant berubah wujud dari cair menjadi uap jenuh sehingga refrigerant mudah menyerap panas dan menguap di sekeliling evaporator.
Katup ekspansi ini dipasangkan pada saluran masuk evaporator (menjadi satu unit). Katup ekspansi terdiri dari beberapa macam :
  1. Katup ekspansi dengan kontrol temperatur
  2. Katup ekspansi dengan kontrol tekanan dan temperatur
  3. Katup ekspansi tipe blok
Ketiga macam katup ekspansi diatas, sudah saya jelaskan secara khusus di artikel sendiri, untuk membacanya silahkan langsung saja klik linknya, nanti akan dibawa ke artikel yang membahas masing-masing jenis katup ekspansi. Dan berikut ini merupakan kontruksi dari expansion valve dengan kontrol temperatur.
kontruksi dari expansion valve dengan kontrol temperatur
kontruksi dari expansion valve dengan kontrol temperatur
Saya kira sudah cukup sampai sekian, kita sambung hari kemudian dengan penjelasan masing-masing macam katup ekspansi. Walaupun singkat tetapi saya yakin artikel ini bermanfaat bagi orang yang ingin mencari informasi tentang fungsi expansion valve pada ac mobil. Bila ada yang salah terkait konten diatas bisa menghubungi saya melalui halaman contact.

Oli Kompresor Pada Sistem AC Mobil

7:33 PM Add Comment
Oli Kompresor AC Mobil - Seperti oli kebanyakan, oli yang terdapat kompresor ac mobil juga memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai sistem pelumas, cuman bedanya kalau di kompresor digunakan untuk melumasi bantalan-bantalan dan permukaan yang bergesakan, apabila tidak terdapat pelumasan maka komponen-komponen yang bergesekan tadi akan lebih cepat ausnya, ditambah akan terjadi panas yang berlebihan dan suara yang kasar pada saat kompresor ac mobil dihidupkan.

Oli pada kompresor ac ini bersirkulasi melalui siklus pendinginan bersama atau bercampur dengan refrigerant/refrigerant, untuk itulah oli kompresor yang digunakan harus oli yang khusus yang direkomendasikan oleh pabrik pembuatnya. Biasanya beda refrigerant/freon maka oli kompresor yang digunakan juga berbeda.
Oli Kompresor AC Mobil
Oli Kompresor AC Mobil

Oli Kompresor yang disarankan

  1. Kompresor tipe Crank Shaft = DENSOOIL 6 atau SUNISO No. 5GS
  2. Kompresor tipe Swash Plate = DENSOOIL 6 atau SUNISO No. 5GS
  3. Kompresor tipe Trough Vane = DENSOOIL 7

Jumlah Oli Kompresor

Ketika air conditioner atau ac mobil sedang bekerja, sebagian oli kompresor akan keluar bersama-sama dengan refrigerant dan bersirkulasi di dalam siklus pendingin seperti kondensor, receiver/dryer, katup expansi, dan evaporator.

Apabila jumlah oli yang keluar dari kompresor jumlahnya sedikit, tidak  akan merugikan bagi ac mobil, malahan membuat sistem pelumasan pada katup dan komponen kompresor semakin baik. Tetapi berbeda dengan, apabila oli kompresor yang keluar dari kompresor dan bersirkulasi dalam sistem bersama freon kuantitasnya/jumlahnya terlalu banyak/berlebihan maka akan membut beberapa hal yang dapat mengganggu kinerja dari ac mobil, diantaranya sebagai berikut :
  1. Apabila ini terjadi, maka jumlah oli yang terdapat pada kompresor akan sedikit, sehingga pelumasannya tidak berlangsung secara maksimal. Kejadian ini akan membuat komponen-komponen yang bergesekan akan cepat aus, suara kasar pada kompresor, kompresor panas, dan pada sebagian kasus kompresor akan terbakar.
  2. Kuantitas oli kompresor yang keluar dari kompresor jumlahnya tidak selalu tetap/kontan, kadang-kadang juga oli kompresor ini dapat berkumpul di dalam evaporator ac mobil, maka ketika kembali ke kompresor jumlah oli yang masuk ke kompresor sangat banyak.
Karena oli berkumpul di dalam evaporator, maka akan mengganggu perpindahan panas di dalam evaporator, menyebapkan pendinginan yang dilakukan oleh sistem air conditioner mobil tidak maksimal (ac kurang dingin).

Apabila oli semuanya berada di kompresor (tidak bersirkulasi) maka kita anggap bahwa kapasitas pendinginannya yang dilakukan oleh ac adalah 100% atau pendinginannya maksimal, selanjutnya sebaliknya apabila oli ikut bersirkulasi bertambah maka kapasitas pendinginannya akan berkurang. Maka dari itu jumlah oli yang terdapat pada sistem sirkulasi ac harus tepat. Lihat postingan sebelumnya mengenai jumlah oli yang harus ditambah pada saat penggantian komponen ac. Saya kira demikian saja artikel yang singkat dan berjudul oli kompresor ac mobil.

Fungsi Evaporator pada AC Mobil

6:35 AM Add Comment
Fungsi Evaporator pada Sistem AC -  Ac atau air conditioner merupakan suatu sistem yang terdapat pada kendaraan yang memiliki fungsi sebagai penyejuk udara di dalam ruangan mobil. Komponen dari ac mobil yaitu kompresor, kondensor, receiver/dryer, katup ekspansi dan evaporator. Sementara itu terdapat juga komponen lainnya seperti blower, kopling magnet, dan lain sebagainya.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa salah satu komponen utama dari sistem air conditioner mobil adalah evaporator. Pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang evaporator ini. Di bawah ini adalah gambar evaporator ac mobil, fungsi dari evaporator adalah kebalikan dari kondensor. Jika kondensor berfungsi sebagai pendingin freon/refrigerant. Sedangkan evaporator ac mobil ini adalah sebagai berikut.

Fungsi Evaporator pada AC Mobil
Fungsi Evaporator pada AC Mobil

Fungsi Evaporator pada Sistem Air Conditioner Mobil

Berfungsi untuk mengambil (menyerap) panas di sekelilingnya/sekitarnya, panas ini kemudian diserap oleh refrigerant, menyebapkan refrigerant menguap.
Di belakang evaporator terdapat blower yang menghembuskan udara ke arah evaporator. Udara ini melalui sirip-sirip evaporator. Didalam evaporator, refrigerant akan menyerap panas udara yang melewati evaporator jni. Jadi panas dari udara akan berpindah ke evaporator, kemudian baru ke refigerant.

Karena refrigerant menyerap panas maka refrigerant akan menguap karena menyerap panas, dan udara yang dihembuskan oleh blower dan diserap panasnya oleh evaporator, suhunya akan turun (dingin). Udara dingin inilah yang keluar dari ac, dan membuat ruangan menjadi lebih sejuk/dingin.

Ada beberapa masalah yang sering terjadi di evaporator ini, sebagai contoh adalah kebocoran pada evaporator. Baca artikel berikut ini tentang penyebab kebocoran evaporator. Sebelumnya sudah saya jelaskan tentang kebocoran pada evaporator ini, dan setidaknya ada 4 penyebab utama terjadi kebocoran pada evaporator yaitu :
  • usia pakai
  • kurang perawatan
  • tekanan refrigerant terlalu tinggi
  • tidak menggunakan filter ac

Selain itu juga pada evaporator juga bisa terdapat kotoran yang menempel, yang mana akan membuat ac mobil bau.

Kira-kira ada yang kurang tidak ya? mungkin sudah cukup lah daripada panjang lebar yang penting sudah saya sampaikan tentang evaporator ini dengan jelas dan terperinci. Oke, mungkin ini sedikit tentang fungsi evaporator pada air conditioner mobil

Urutan Pengencangan Baut Kepala Silinder Mobil Kijang

6:29 AM Add Comment
Ini Dia Urutan Pengencangan Baut Kepala Silinder Mobil Toyota Kijang - Pada mobil khusunya toyota kijang memiliki 12 baut pengikat kepala silinder. Dimana dalam proses pengencangan maupun pengendoran harus dilakukan secara berurutan agar tidak terjadi kebengkokkan kepala silinder. 

Selain berurutan dalam proses pengencangan maupun pelepasan juga harus dilakukan secara bertahap, jangan satu baut sudah kencang sedangkan yang lainnya masih sangat kendor. Intinya harus dilakukan secara bertahap.

Begitu juga ketika kita hanya memeriksa kekencangan baut kepala silinder, juga harus dilakukan dengan berurutan dan bertahap. Kemudian kekencangan baut kepala silinder antara yang satu dengan yang lainnya haruslah sama, tujuannya sama yaitu untuk menghindari terjadinya kebocoran maupun kebengkokan kepala silinder. 

Agar kekencangannya sama antara satu dengan yang lainnya maka dibutuhkan alat yang bernama kunci momen. Kunci momen ini memiliki spesifikasi kekencangan yang dapat di atur. Apabila sudah sesuai spesifikasi kekencangan yang telah kita atur maka akan timbul bunyi, dan lain sebagainya.

Di dalam buku manual toyota seri k, untuk toyota kijang seri k (2K, 3k - H, 4k, 5k, 7K) momen spesifikasi kekencangan baut kepala silinder adalah 5,4 - 6,6 kgfm.

Urutan Pengencangan Bau Kepala Silinder Mobil Toyota Kijang
Untuk pengencangan baut kepala silinder dimulai dari arah dalam, bisa dengan metode obat nyamuk atau secara silang. Berikut ini merupakan gambarnya :

Metode silang
Urutan Pengencangan Baut Kepala Silinder
Urutan Pengencangan Baut Kepala Silinder
Metode Melingkar (Obat Nyamuk)
Urutan Pengencangan Baut Kepala Silinder
Urutan Pengencangan Baut Kepala Silinder
Anda boleh memilih salah satu cara untuk mengencangkan baut kepala silinder, boleh dengan metode silang maupun melingkar. Bila ada pertanyaan silahkan melalui komentar atau hubungi kami pada halaman contac.

O iya baru ingat, selain urutan pengencangan yang harus berurutan, juga dalam mengencangkan baut kepala silinder juga harus secara bertahap. Jangan sampai baut yang satu sudah kencang dan yang lain masih kendor. Jadi harus bertahap, misal kencangkan semua baut dengan kekencangan 3 kgfm terlebih dahulu, kemudian meningkat dengan kekencangan 4 kgfm, kemudian 4,5 kgfm dan seterusnya. Tujuannya adalah sama supaya tidak terjadi kerusakan pada kepala silinder seperti melengkung, bocor dan lain sebagainya.

Harga Mobil Bekas Honda CRV Dari Tahun 2007, 2008, 2009, 2010 sampai 2014

6:09 AM Add Comment
Harga Mobil Bekas Honda CRV Dari Tahun 2007, 2008, 2009, 2010 sampai 2014 -  Nampaknya pasar mobil bekas di Indonesia semakin ramai, sayangnya beberapa minggu terakhir ini daya beli masyarakat Indonesia kian menurun. Sehingga banyak yang jual mobil, tetapi yang minat membeli hanya sedikit.

Bagi sebagian orang membeli mobil bekas lebih enak daripada membeli mobil baru. Dari segi harga tentu mobil bekas lebih murah, dan itu sebanding dengan kualitas dari mobil bekas. Tapi ada juga mobil bekas yang kondisinya masih bagus dan mulus. Tinggal pinter-pinter aja memilih mobil bekas.

Nah, pada kesempatan kali ini bisaotomotif.com akan share mengenai harga terbau mobil bekas honda CRV dari tahun 2007 sampai 2014. Honda CRV merupakan salah satu mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yang menjadi primadona bagi masyarakat, harga baru untuk mobil Honda CRV tahun ini sekitar 400 juta rupiah. Tentu harga tersebut sebanding dengan kualitasnya semakin baik dari tahun ke tahun.

Harga Mobil Bekas Honda CRV Dari Tahun 2007, 2008, 2009, 2010 sampai 2014
Harga Mobil Bekas Honda CRV Dari Tahun 2007, 2008, 2009, 2010 sampai 2014


Harga dibawah ini saya dapatkan dari tribunnews.com, harga sewaktu-waktu dapat berubah. Berikut ini adalah harganya :

CRV 2007 2.0-liter Rp 150 juta
CRV 2007 2.4-liter Rp 160 juta
CRV 2008 Rp 170 jutaan
CRV 2009 Rp 182 jutaan
CRV 2010 Rp 192 jutaan
CRV 2011 Rp 204 jutaan
CRV 2012 Rp 216 jutaan
CRV 2013 Rp 226 jutaan
CRV 2014 Rp 238 jutaan

Harga Filter Udara Motor Supra X 125

4:02 PM Add Comment
Harga Filter Udara Motor Supra X 125 - Salah satu jenis perawatan rutin dari motor adalah dengan mengganti filter udara, dengan mengganti filter udara maka udara yang dibutuhkan dalam pembakaran dapat masuk dengan lancar ke dalam silinder, sehingga tidak menimbulkan masalah seperti mesin tersendat-sendat, bbm boros, tidak lolos uji emisi dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi informasi mengenai harga dari filter udara untuk motor supra x 125, harga yang akan saya sebutkan ini saya peroleh bukan dari bengkel motor atau di toko sparepart. Melainkan dari tokopedia yang mana saya juga baru tahu kalau ternyata di toko pedia ini ternyata juga menjual sparepart mobil. Tidak hanya sparepart mobil, saya jelajahi juga menemukan sparepart motor dan accessoris motor. Heran saya, sekarang apa saja bisa di jual secara online, salut dah.

Harga Filter Udara Motor Supra X 125
Filter udara motor dibandingkan dengan filter udara mobil harganya lebih murah, di pasaran rata-rata harga filter udara khusunya untuk motor supra x 125 adalah kurang lebih berikisar 25 ribuan. Ada juga yang sedikit lebih mahal yaitu 28 ribu rupiah. 

Saya sudah melakukan screen shot tentang harga filter udara untuk motor supra x 125, dan berikut ini gambarnya :
Harga Filter Udara Supra X 125
Dari gambar diatas sudah terlihat, ada lima buah filter udara dengan harga 25 ribu, dan masing-masing satu dengan hargan 25.500, 27.000 dan 28.000. Harga diatas merupakan harga jika dijual secara online, jadi kalau harga filter udara di bengkel motor di dekat anda mungkin akan lebih murah lagi. Yang perlu diketahui juga adalah harga sewaktu-waktu dapat berubah, dan bila berubah anda bisa beri tahu saya melalui komentar di postingan ini.

Agar filter udara lebih awet lagi, usahakan rutin dalam membersihkannya. Selain rutin dalam membersihkan, filter udara juga perlu diganti jika memang sudah kotor dan sulit untuk dibersihkan.

Inteligent Tranportation System. Teknologi Terbaru dari Toyota

3:57 PM Add Comment
Bisaotomotif.com, Inteligent Tranportation Sytem. Teknologi Terbaru dari Toyota - Dengan semakin tingginya daya beli masyarakat akan mobil, berbagai produsen mobil pun berlomba-lomba memberikan fitur-fitur yang canggih. Yang tentunya untuk meningkatkan daya saing mobil yang diproduksinya. Baru-baru ini Toyota Motor Corporation (TMC) juga mengeluarkan teknologi terbaru dalam mobilnya, teknologi ini bertujuan agar berkendaraan lebih aman. Sehingga teknologi banyak yang menyebutnya dengan sistem safety driving.Teknologi ini diperkenalkan toyota pada tokyo motor show 2015.

Pihak Toyota Motor Coorporation juga sudah menggandeng pemerintah dan swasta untuk menerapkan teknologi ini. sistem safety driving ini akan mendeteksi segala potensi berbahaya yang ada di depa kendaraan. Yang kemudian akan mengurangi potensi terjadinya kecelakaan.

Inteligent Tranportation Sytem. Teknologi Terbaru dari Toyota
Inteligent Tranportation Sytem. Teknologi Terbaru dari Toyota

Nama dari teknologi otomotif terbaru ini adalah ITS yang merupakan singkatan dari Inteligent Transportation System. jika di bahasa Indonesiakan berarti sistem transportasi cerdas. ITS ini akan \ mendeteksi keberadaan mobil yang mendadak bisa nyelonong di depan mobil kita lantaran terhalang oleh kendaraan lain di depannya yang kemudian berbelok.

Intelegent Transportation System selain mendeteksi keberadaaan mobil didepannya, juga dapat mendeteksi pejalan kaki yang tak terlihat ketika berbelok di perempatan jalan, selain itu juga dapat mendeteksi kondisi jalur jalanan jauh didepan apakan jalan yang akan dilewatinya itu sudah, berlubang atau masih baik. Ditambah lagi ITS ini juga dapat mendeteksi kepadatan lalu lintas, apakah macet atau tidak.

"Dengan begitu, ITS bisa memberikan informasi rute alternatif yang lebih aman dengan kondisi jalan yang lebih bagus," kata Chief Safety Technology Officer Secretary of Toyota Motor Corporation (TMC) Seigo Kuzumaki dalam jumpa pers di depan para awak media berbagai negara termasuk Tribunnews.com dan rombongan PT Toyota Astra Motor di Tokyo Jepang, Kamis 29 Oktober 2015.

Maih bingun atau masih penasaran dengan teknologi terbaru dari Toyota ini, kalau begitu simak video berikut yang diupload ke youtube oleh Bp Agung Budi pada tanggal 29 - Oktober 2015.

Sumber : Tribunews.com dan Youtube.com

Ketahui 4 Penyebab Utama Rem Bunyi

1:21 PM Add Comment
4 Penyebab Utama Rem Mobil dan Motor Bunyi -  Rem merupakan hal yang sangat vital yang ada pada suatu kendaraan, baik motor maupun mobil. Tanpa adanya rem tentu kita akan membuat kita menjadi takut, pastinya tidak ada yang berani melaju dengan kecepatan tinggi apabila remnya blong atau tidak ada rem sama sekali. Banyak kasus kecelakaan yang disebabkan oleh sistem rem yang bermasalah. Salah satu indikasi rem bermasalah adalah timbul bunyi atau suara, lalu apa sajakah penyebab rem mobil dan motor bunyi? Berikut ini kami sebutkan beberapa penyebabnya?

1. Kanvas rem aus - sebab rem mobil dan motor bunyi

Penyebab rem mobil atau motor bunyi yang pertama adalah kanvas rem aus, ini terjadi apabila pad (kanvas rem) (pada rem cakram) benar-benar sudah habis sehingga membuat cakram bersentuhan dengan besi pada pad.  Pada rem tromol juga demikian, bila kampas rem sudah habis maka tromol akan bersentuhan dengan besi pada sepatu rem. Terlebih lagi pada rem cakram yang sudah dilengkapi dengan plat anti cit-cit, plat tersebut akan berbunyi ketika kamvas rem sudah melebihi batas minimal. Bunyi yang dihasilkan dari gesekan antara plat dengan cakramnya. Bila rem anda sudah berbunyi cit-cit, sebaiknya langsung diperiksakan ke bengkel mobil langganan anda. Kalau lebih aman, sebaiknya periksa sistem rem secara berkala, bisa bersamaan dengan tune up ringan.

2. Cakram dan tromol rem tidak rata - sebab rem mobil dan motor bunyi

Selain karena kanvas rem yang sudah aus, rem bunyi juga disebabkan karena masalah pada cakramnya, atau jika pada rem yang menggunakan rem tromol maka ketidak rataan pada tromol rem akan membuat bunyi abnormal. Ini akan terjadi bila ketidaraat sudah sangat parah, selain menimbulkan bunyi yang abnormal juga akan menimbulkan getaran pada saat melakukan pengereman. Solusi dari permukaan cakram yang tidak rata adalah dengan diratakan atau biasa disebut dengan di bubut. Bila sudah terlalu tips, maka langkah yang paling tepat adalah dengan menggantinya.

Rem Bunyi? Ini penyebabnya
Rem Bunyi? Ini penyebabnya


3. Rem kotor
Kotoran yang terdapat pada rem juga akan menimbulkan bunyi, terlebih lagi apabila kotoran yang masuk berukuran agak besar seperti kerikil atau yang lainnya. Kerikil ini akan masuk dan membuat bunyi pada rem. Yang saya baca di berbagai media online, debu yang sudah lama menumpuk di sistem rem akan mengeras dan akhirnya akan membuat suatu lapisan di permukaan kanvas rem dan cakram/tromol rem. Sehingga menyebabkan timbulnya suara abnormal ketika rem diinjak. Untuk memperbaikinya biasanya dilakukan pembongkaran, servis dan pembersihan.

4. Rem macet
Setelah mengetahui 3 penyebab rem bunyi, kita lanjut ke penyebab rem bunyi yang ke-empat yaitu rem macet. Kondisi rem yang macet biasanya diakibatkan oleh piston rem yang berkarat sehingga tidak dapat bergerak alias macet. Ini berakibat pada saat peda rem diinjak, akan membuat kanvas rem tidak menekan cakram dan tromol rem, apabila piston ini macet pada saat pengereman atau pada saat kanvas rem bersentuhan dengan cakram dan tromol rem tentunya akan tercipta bunyi yang terus menerus meskipun pedal rem sudah tidak di injak. Kerusakan yang semacam ini dapat dilakukan dengan penggantian karet piston rem dan membersihkan piston rem.

Rem pada kendaraan merupakan sistem yang sangat vital, karena ini menyangkut keamanan ketika berkendara. Banyak kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh sistem rem yang bermasalah, seperti rem bloNg, dan lain sebagainya. Maka dari itu sudah seharusnya kita memperhatikan sistem yang satu ini, apabila ditemukan permasalahan pada sistem rem seperti rem tidak pakem, rem bunyi dll maka lebih baik di bawa kebengkel untuk dilakukan perbaikan atau perawatan berkala.

Penambahan Oli Kompresor Setelah Penggantian Komponen AC

11:23 AM Add Comment
Penambahan Oli Kompresor Setelah Penggantian Komponen AC - Pada sistem ac mobil khusunya pada kompresor pasti terdapat pelumas atau oli, seperti halnya oli pada mesin, transmisi atau differential, oli pada kompresor ini juga memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melumasi komponen-komponen pada kompresor yang bergerak atau saling bergesekan. Tujuannya juga sama, untuk melapisi membentuk oil film sehingga tidak terjadi gesekan antara besi dan besi yang menyebabkan keausan pada komponen kompresor. Bedanya kalau oli kompresor ini ikut larut dan bersirkulasi bersama refrigerant di dalam sistem ac.

Oleh sebap itu kualitas dan jumlah oli kompresor sangatlah penting untuk diperhatikan, dan yang paling penting adalah jumlah olinya harus sesuai dengan spek yang ada. Pada sistem air conditioner mobil yang menggunakan freon/refrigerant jenis R134a, oli kompresor ini tidak boleh diganti/dicampur dengan oli yang digunakan pada sistem ac yang menggunakan refrigerant R12. Jika anda membawa ke bengkel ac, mekaniknya pasti tahu oli yang digunakan untuk refrigerant R134a dan oli kompresor yang digunakan untuk refrigerant jenis R12.

Seperti yang saya katakan diatas, bahwa kuantitas dari oli kompresor ac mobil harus sesuai dengan spesifikasi, bila tidak (misal kurang) maka dapat mengakibatkan gesekan yang berlebihan antar komponen-komponen yang terdapat pada kompresor yang akan mempercepat keausan, menyebabkan suara kasar, sehingga akan mengurangi kemampuan pendinginan (ac tidak dingin).
Penambahan Oli Kompresor setelah Penggantian Komponen AC
Penambahan Oli Kompresor setelah Penggantian Komponen AC

Apabila kita bandingkan antara oli kompresor dengan refrigerant maka oli kompresor ac mobil ini memiliki ciri khas yaitu sifatnya yang lebih sulit untuk menguap, sedangkan refrigerant sifatnya adalah mudah menguap. Dari perbedaan ini, maka pada saat diakukan suatu perbaikan baik melakukan penggantian/pelepasan komponen seperti  receiver/dryer, kondensor, evaporator, dan pipa ac, maka freon yang terdapat pada komponen yang dilepas tersebut akan lebih mudah menguap sedangkan oli kompresor tidak. Sehingga oli pada kompresor ini biasanya masih melekat (menempel) pada komponen yang dilepas tersebut, oleh karena itu jumlah oli yang ditambahkan adalah sama atau sebanyak oli yang berada pada komponen yang dilepas/diganti tersebut.

Gambar diatas adalah penambahan oli kompresor setelah melakukan penggantian komponen, sebagai contoh apabila kita mengganti kondensor maka kita perlu menambah oli sebesar 40 mm3. Begitupun juga jika kita mengganti komponen lainnya seperti receiver, evaporator dan pipa. 

Yang perlu diperhatikan adalah apabila kita mengganti/membongkar kompresor, maka oli yang ditambahkan adalah sama dengan jumlah oli yang berada di kompresor yang telah kita lepas atau kita bongkar.

Warna Baru Motor Kawasaki Ninja H2 2016

6:20 AM Add Comment
Warna Baru Motor Kawasaki Ninja H2 2016 - Kabar terbaru datang dari Kawasaki Ninja H2, setelah sebelumnya menggemparkan dunia terkait performa dari motor sport yang satu ini, kawasaki Ninja akan mengeluarkan kawasaki Ninja H2 dengan baju baru atau warna baru, rencananya akan mulai ditampilkan pada tahun 2016 nanti.

Warna baru pada motor supercharge milik kawasaki ini dinamai dengan 'Mirror Coated Spark Black', dengan warna hitam tentu motor akan terlihat lebih macco. Motor kawasaki Ninja h2 2016 ini mennggunakan mesin dengan kapasitas 988 cc, mekanisme katupnya DOHC (Double Over Head Camshaft) 16 Katup H2. Dengan jantung pacu yang besar tersebut, kabarnya mesin ini dapat menghasilkan tenaga mencapai 200 PS pada 10.000 rpm, wow.

Warna Baru Motor Kawasaki Ninja H2 2016
Warna Baru Motor Kawasaki Ninja H2 2016

Di dalam video yang diunggah ke Youtube oleh kawasaki ini, terlihat bahwa motor ini mempunyai top speed hingga mencapai 331 km/jam atau setara 206 Mph, bahkan ada yang melebihi record tersebut yaitu 216 Mph.

Dengan performa yang super gila tersebut, motor ini sempat dijuluki dengan "Monster'. Mungkin karena kekuatannya kali ya, yang kayak monster. Wow. Bila melihat spek yang ditawarkan, tentu harga motor sport ini tidaklah murah. Kabarnya motor ini akan dijual dengan harga sekitar setengah miliar, lebih tepatnya pada angka 580 juta rupiah.

Ingin mengetahui lebih tentang motor yang satu ini, simak video berikut yang diunggah oleh kawasaki pada 21 Oktober 2015 kemarin :


Dengan harga begitu kalau buat beli motor bebek dapat berapa ya? Ha ha,, dapat 50 motor kali ya. Di Indonesia sendiri belum ada bocoran terkait fitur-fitur lain pada motor sport yang satu ini.

Cara Merawat Radiator Pada Mobil

5:42 AM Add Comment
Cara Merawat Radiator Pada Mobil - Radiator merupakan komponen sistem pendingin pada mobil, radiator ini memiliki fungsi yang sangat vital yaitu untuk menjaga suhu mesin mobil supaya tetap pada temperatur kerja yaitu sekitar 80 - 90 derajat celcius. Radiator sebagai tempat menampung air pendingin, dan juga tempat terjadinya pendinginan air pendingin yang mendinginkan mesin. Sehingga radiator ini terletak di bagian kendaraan.
 
Beberapa masalah akan timbul apabila radiator ini terkena masalah, seperti jika terjadi kebocoran maka akan membuat air pendingin terbuang dan lama kelamaan akan habis. Jika sudah habis dan tidak mencukupi untuk melakukan pendinginan maka mesin akan mengalami panas yang berlebihan, peristiwa ini disebut dengan over heating. Efek selanjutnya jika terjadi over heating adalah rusaknya komponen-komponen mesin, karena dengan adanya panas ini akan membuat komponen mesin memuai berlebihan. Kerusakan yang paling sering terjadi adalah melengkungnya kepala silinder yang membuat bocornya kompresi, bercampurnya oli dan air serta mobil macet.

Radiator diletakkan di bagian depan mobil, keuntungannya adalah mendapatkan bantuan pendinginan dari udara yang mengalir ketika kendaraan berjalan. Selain itu juga radiator dilengkapi dengan kipas radiator yang berfungsi untuk mendinginakan radiator. Sementara itu juga pada mobil yang dilengkapi dengan air conditioner, di bagian depan radiator masih ada lagi komponen yang hampir mirip dengan radiator, yaitu kondensor. Kondensor pada ac mobil ini berfungsi untuk mendinginkan refrigerant atau freon agar mengalami kondensasi.

Maka dari itu untuk mencegah terjadinya kerusaka pada radiator mobil, maka dapat dilakukan hal berikut ini untuk menjaga, merawat radiator agar lebih awet :

Radiator Pada Mobil
Radiator Pada Mobil


1. Kuras air radiator
Air radiator harus dikuras secara rutin, terutama apabila air pendingin menggunakan air biasa. Air radiator perlu dikuras karena biasanya air akan kotor, terlihat dengan perubahan warna dan terkandung karat. Bila ini dibiarkan akan mempercepat terjadinya kerusakan pada saluran-saluran air pendingin, yang membuat keropos dan akhirnya terjadinya kebocoran. Disarankan kuras air radiator secara rutin setiap 40.000 km.

2. Gunakan cairan khusus (radiator coolant)
Radiator coolant ini memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan air biasa, karena pada cairan ini biasanya juga terkandung cairan anti karat, sehingga saluran-saluran yang dilewati zat pendingin akan lebih terjaga dari karat yang akan membuat terjadinya kebocoran. Selain itu juga radiator coolant akan membuat pendinginan semakin baik, dan lebih cepat dalam menyerap dan melepas panas. Dalam radiator coolant biasanya juga ditambah zat anti beku. Kayaknya radiator coolan ini harganya dibawah 50 ribu (tergantung mereknya).

3. Bersihkan kisi-kisi radiator
Kisi-kisi radiator ini berperan untuk mempercepat pendinginan, sehingga apabila kotor maka pendinginan juga akan kurang. Maka dari itu sebaiknya saat mencuci mobil, kisi-kisi radiator jangan dilupakan. Dapat dibersihkan dengan menyemprotkan air bertekanan ke kisi-kisi radiator.

Demikian saja artikel yang berjudul cara mudah merawat radiator mobil, semoga dengan melakukan perawatan ini mobil anda terhindar dari masalah, khusunya pada bagian sistem pendingin mobil.

Dasar Kerja AC (Air Conditioner) Mobil

5:37 AM Add Comment
Dasar Kerja AC (Air Conditioner) Mobil - Pada kesempatan yang lalu sudah share mengenai prinsip kerja ac mobil, dan pada kesempatan ini kami ingin berbagi mengenai dasar kerja ac mobil. Antara keduanya baik prinsip maupun dasar kerja dari ac mobil, sebenarnya hampir sama. Tetapi itu tidak masalah, yang penting bisa menambah pengetahuan kita tentang ac mobil. Beberapa waktu yang lalu sudah dibahas tentang komponen ac mobil, yaitu terdiri dari kompresor, kondensor, receiver, katup ekspansi dan evaporator.

Oke kita mulai dari sini, yang perlu diperhatikan adalah karena ini hanya dasar kerja ac mobil saja, dan bukan cara kerja maka penjabaran atau penjelasannya hanya akan dibagi menjadi 4 tahap/bagian. Adapun dasar kerja air conditioner mobil yang dibagi menjadi empat tahap, dapat anda lihat dan pahami pada gambar di bawah ini.
Dasar Kerja AC (Air Conditioner) Mobil
Dasar Kerja AC (Air Conditioner) Mobil
 
Pada gambar dasar kerja ac diatas, dapat dijelaskan bahwa sisi bagian sebelah kiri adalah kondisi dimana refrigerant/freon memiliki tekanan yang rendah, dan sedangkan sisi bagian sebelah kanan merupakan kondisi refrigerant memiliki tekanan yang tinggi. Penjelasan singkat dari dasar kerja sebuah sistem ac mobil, kurang lebih seperti ini :

Berikut ini adalah dasar kerja air conditioner ac mobil

1. Tahap pertama (di Kompresor)
Pada tahap pertama/awal ini kompressor akan menghisap refrigerant yang berbentuk gas bertekanan dan bersuhu rendah dari evaporator dan menekannya/mengkompresinya hingga dapat bersirkulasi ke seluruh sistem sirkulasi ac mobil, karena refrigerant/freon ini memperoleh tekanan dari kompresor ac membua tekanan serta suhu refrigerant/freon yang berwujud gas ini akan meningkat.S

2. Tahap kedua (di Kondensor)
Setelah tahap pertama di kompresor, dilanjutkan ke tahap dua yang berada di kondensor ac mobil. Pada tahap ini gas yang sudah ditekan oleh kompresor yang membuat tekanan dan suhu meningkat akan dialirkan menuju kondensor ac mobil. Namanya saja kondensor pasti tugasnya adalah untuk mengkondensasikan refrigerant yang berbentuk gas tadi dengan cara mendinginkannya, sehingga  akan mengalami perubahan wujud dari gas menjadi cair. Untuk membantu mendinginkan ini biasanya di depan kondensor terdapat kipas dan juga memanfaatkan angin ketika kendaraan berjalan, hampir mirip dengan radiator.

3. Tahap ketiga (di Katup Expansi)
Setelah tahap ke dua selesai dilanjutka tahap ketiga yang berada di expansion valve. Pada tahap ke tiga ini, freon/refrigerant yang telah mengalami kondensasi dan berubah dari gas menjadi cair akan mengalir menuju komponen ac selanjutnya, yaitu katup ekpansi. Katup ekspansi atau expansion valve ini akan menyemburkan cairan refrigerant hingga berubah dalam bentuk uap refrigerant dan tekanan refrigerant tersebut akan turun. Mengapa tekanan refrigerant perlu diturunkan? jawabannya adalah supaya proses penguapan dan penyerapan panas di dalam evaporator lebih mudah, cepat dan maksimal. Bisa baca lebih lanjut di prinsip kerja ac mobil.

4. Tahap keempat (Evaporator)
Kalau sudah selesai tahap ketiga, selanjutnya refrigerant akan menuju ke tahap yang ke-empat. Pada tahap terakhir ini refrigerant yang berbentuk uap dan bertekanan rendan akan menuju evaporator ac mobil. Layaknya kondensor, evaporator juga berbentuk sirip-sirip, hanya saja kalau evaporator ini berfungsi untuk menyerap panas dari udara di sekelilingnya, panas ini akan diserap juga oleh refrigerant. Karena refrigerant menyerap panas dari udara yang berhembus tersebut maka penguapan akan terjadi, dan refrigerant akan berubah wujud dari uap jenuh menjadi gas. Udara yang dihembuskan oleh blower dan telah diserap panasnya oleh refrigerant akan keluar dari saluran keluar udara dingin pada ac mobil dengan suhu yang dingin atau sejuk.

Itu sedikit penjelasan tentang dasar kerja air conditioner, lain kali kita membahas tentang cara kerja air conditioner pada mobil. Tunggu saja di blog ini.

Komponen-komponen Air Conditioner (AC) Mobil

5:03 AM Add Comment
Komponen-komponen Air Conditioner (AC) - Pada kendaraan ac atau air conditioner memiliki fungsi utama yaitu untuk menstabilkan atau mengatur suhu di dalam kabin dalam tingkat yang nyaman (sejuk), mengatur suhu (temperatur), mengatur kelembaban, dan memurnikan udara. Untuk lebih lengkapnya tentang fungsi dari ac mobil bisa lihat di postingan yang pernah saya buat beberapa waktu yang lalu : Fungsi AC Mobil.

Komponen AC / Air Conditioner

Sebagai pembuka saya beritahu bahwa komponen dasar atau komponen utama dari sistem air conditioner mobil ini adalah kompresor, kondensor, receiver/dryer, katup ekspansi (expansion valve) dan evaporator. Ada juga komponen lain seperti unit kopling magnet (magnetic clutch) yang ada di dalam kopresor, blower untuk menghembuskan udara pada evaporator, saringan udara untuk membersihkan udara yang dihisap blower, kontrol panel, kontrol pengaman, idle up, pencegah mesin mati dan lain-lain. Pada kesempatan siang hari ini hanya akan saya bahas komponen utamanya saja. Dan berikut ini komponen utama ac mobil.

Komponen AC Mobil
Komponen AC Mobil


1. Kompresor
Komponen ac yang pertama adalah kompresor. Komponen ini adalah asal mulanya refrigerant bersirkulasi karena fungsi kompresor ini adalah hampir sama dengan pompa pada umumnya yaitu berfungsi untuk mensirkulasikan refrigerant dan menaikkan tekanan refrigran di dalam sistem AC. Dikarenakan tekanan dinaikkkan maka temperatur refrigeran juga akan naik. Kompresor ac mobil terdiri dari beberapa macam atau tipe, dan berikut ini tipe dari kompresor yang dapat dibedakan menjadi 2 bagian besar.
Tipe gerak bolak-balik:
  • Tipe Crank
  • Tipe Swash plate
  • Tipe Wobble plate
Tipe gerak putar
  • Tipe through vane
  • Tipe scroll
    2. Kondensor
    Komponen air conditioer yang kedua adalah kondensor. Fungsi dari komponen yang satu ini adalah untuk mendinginkan refrigerant yang mempunyai tekanan dan suhu yang tinggi (karena baru/setelah melalui kompresor ac mobil) dengan cara menyerap panas dari freon, kemudian meradiasikan panasnya ke udara yang melaluinya.

    Untuk mendinginkan kondensor dibuat layaknya radiator, yaitu terdapat sirip-sirip yang memperluas bidang pendinginan. Ditambah lagi terdapat kipas kondensor atau kipas ac yang fungsinya adalah membantu mendinginkan refrigerant. Di dalam kondensor refrigerant akan berubah wujud atau mengalami kondensasi dari gas menjadi cair. Semakin besar panas yang dilepaskan di kondensor akan berefek semakin besar pula refrigerant menyerap panas ketika berada di dalam evaporator. Baca lebih lanjut tentang kondensor ac mobil ini di artikel : Kondensor AC Mobil.
    Komponen air conditioner mobil
    Komponen air conditioner mobil

    3. Receiver/dryer
    Setelah melewati kondensor, refrigerant yang berwujud cairan akan menuju ke komponen ac yang ke tiga yaitu receiver/dryer. Dalam receiver atau dryer ini terdapat filter yang mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu untuk menyaring kotoran. Selain terdapat filter di dalam receiver/dryer juga terdapat desiccant yang memiliki kegunaan untuk menyerap uap air yang ada pada sistem ac mobil.

    Uap air yang terkandung dalam refrigerant atau freon ini akan diserap oleh dessicant. Mengapa uap air tidak boleh berada pada sistem ac mobil?

    Pertanyaan yang sangat bagus, jawabanya adalah karena apabila dibiarkan terdapat uap air di dalam sistem dapat membuat kerja ac mobil bermasalah, karena apa? karena uap air ini dapat membeku dan mengeras menjadi es. Bila sudah berubah menjadi es maka es ini akan menghalangi saluran-saluran sistem ac mobil terutama saluran pada katup expansi, sehingga akan membuat sistem ac tidak berfungsi dengan baik. Gejalanya bila terdapat uap air ini adalah ac kadang dingin kadang tidak.

    Biasanya di atas receiver/dryer terdapat sight glass (kaca pengintai) yang berfungsi untuk melihat atau memeriksa jumlah refrigerant pada sistem ac mobil. Pada sebagian mobil atau kendaraan, sight glass atau kaca pengintai ini tidak terletak diatas receiver/dryer tetapi terletak pada pipa atau saluran ac. 

    4. Katup Ekspansi
    Katup ekspansi adalah terjemahan dari kata yanng berasal dari bahasa inggris yaitu expansion valve. Komponen ac yang ke empat ini berfungsi untuk menurunkan tekanan refrigerant, setelah melalui expansion valve ini, freon akan berwujud kabut. Pada kendaraan umumnya yang dipakai adalah katup ekspansi thermal yang memungkinkan penampungan refrigeran ke dalam evaporator hanya sejumlah refrigeran yang akan diuapkan saja. AC Mobil sudah membahas jenis-jenis katup ekspansi yaitu :
    1. Katup ekspansi tipe blok 
    2. Katup ekspansi dengan kontrol tekanan dan temperatur
    3. Katup ekspansi dengan kontrol temperatur
    5. Evaporator
    Setelah tekanan refrigeran yang berbentuk cair ini diturunkan tekanannya oleh katup ekspansi, refrigerant berwujud kabut agar mudah dalam melakukan penyerapan  panas atau pengupan. Pada sistem ac mobil, terdapat komponen blower yang berfungsi untuk menghembuskan udara ke arah evaporator. Kemudian panas yang terdapat pada udara yang dihembuskan oleh blower ini, akan diserap oleh refrigerant sehingga temperaturnya refrigerant akan naik, tetapi temperatur udara yang dihembuskan blower tadi menjadi lebih dingin. Udara dingin inilah yang akan membuat ruangan menjadi sejuk dan nyaman. 

    6. Kontrol panel 
    Kontrol panel terdiri dari beberapa bagian seperti switch/saklar yang mengatur kerja dari AC, kecepatan blower, arah hembusan dan juga kontrol temperatur.

    7. Komponen lain
    Komponen ac yang lain selain yang saya sebutkan di atas diantaranya adalah magnetic clutch, kipas kondensor, blower dll.

    Sistem Kemudi (Steering System) Pada Mobil

    7:24 PM Add Comment
    Sistem Kemudi Pada Mobil -  Steering system atau sistem kemudi merupakan salah satu sistem terpenting yang terdapat pada mobil, mengingat perannya sebagai pengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda depan. Pada perkembangan sistem kemudi, kebanyakan sekarang sudah dilengkapi dengan power steering yang membuat pengemudian menjadi lebih ringan, nyaman dan tidak mudah melelahkan, tetapi yang perlu saya sampaikan adalah kali ini bisaotomotif.com hanya akan menjabarkan yang dasar tentang sistem kemudi manual terlebih dahulu, baru kemudian meningkat menuju sistem kemudi yang menggunakan PS (power steering system).

    Fungsi sistem kemudi (steering system)
    Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa sistem kemudi pada mobil ini berguna untuk :
    Mengatur arah kendaraan/mobil dengan cara membelokkan roda depannya. Pengemudi dapat membelokkan roda dengan cara memutar steering wheel, maka yang terjadi kemudian adalah roda berbelok. Bagaimana ini bisa terjadi, baca sampai selesai supaya tahu lebih tentang sistem kemudi.
    Komponen Sistem Kemudi (Steering System)
    Setelah mengetahui fungsi dari sistem kemudi, maka selanjutnya adalah mengetahui komponen dari sistem kemudi. Pada dasarnya steering sistem dapat dibagi menjadi 4 bagian besar, berikut ini penjelasannya : (untuk komponen yang lebih rinci akan saya jelaskan pada kesempatan yang lain, berikut ini hanya bagian-bagian besar saja).
    • Steering wheel : komponen yang pertama ini berbentuk lingkaran dan ada juga yang lonjong sedikit. Komponen ini berada di depan pengemudi, roda kemudi berfungsi untuk menerima secara langsung gaya yang diberikan oleh pengemudi untuk membelokkan roda.
    • Steering column : Meneruskan gaya putar dari steering wheel ke steering gear, steering column juga sebagai pengaman ketika terjadi tabrakan. Ada dua jenis dari steering column ini yaitu model collapsible dan model non collapsible. Model collapsible apabila terjadi tabrakan atau terkena benturan yang sangat keras, maka main shaft atau bracketnya akan patah dan keselamatan pengemudi menjadi lebih terjamin.
    • Steering gear : Fungsinya adalah untuk meneruskan gaya putar dari steering column, dan dirubah menjadi gerakan arah melintang (ke kiri atau ke kanan). Selain itu juga dalam steering gear terdapat kombinasi roda gigi (gear ratio) dan sebagai gigi reduksi yang bertujuan untuk memperbesar momen sehingga kemudi akan menjadi lebih ringan. Yang kami tahu ada banyak model atau tipe dari steering gear, dan yang paling digunakan pada mobil-mobil penumpang sampai sekarang adalah rack and pinion dan recirculating ball.
    • Steering linkage : Komponen ini merupakan sambungan-sambungan yang menerukan gaya dari steering gear ke roda.
    Cara kerja sistem kemudi (steering system)
    Cara kerja dari steering system atau sistem kemudi akan kami jabarkan secarang singkat dan jelas dibawah ini  :
    Pengemudi yang menentukan arah kendaraan melalui steering wheel, ketika pengemudi memutar roda kemudi maka steering column juga akan berputar, kemudian momen putar oleh steering gear akan dirubah menjadi gerakan ke kiri dan ke kanan dan juga akan di reduksi yang membuat semakin besarnya momen yang dihasilkan (kemudi menjadi lebih ringan). Dari steering gear akan diteruskan ke steering linkage, dan akhirnya sampai ke roda. Roda akan berbelok sesuai arah putaran steering wheel.

    Tipe-tipe Sistem kemudi
    Sistem kemudi yang paling banyak digunakan dan ditemui di mobil-mobil sekarang adalah tipe rack and pinion dan recirculating ball. Pada mobil-mobil yang sekarang, umumnya sistem kemudinya sudah dilengkapi dengan sistem power steering, yang mana sistem ini bertujuan agar kemudi menjadi lebih ringan, nyaman dan tidak mudah melelahkan untuk pengmudi. Salah satu jenis power steering adalah HPS (hydraulic powersteering system).

    Bagian-bagian sistem kemudi recirculating ball dan rack and pinion
    Perhatikan dua buah gambar dibawah ini :

    Sistem Kemudi Recirculating Ball
    Sistem Kemudi Recirculating Ball
    Dari gambar diatas dapat kita lihat komponen-komponennya, yaitu ada steering wheel, batang kemudi (steering column), roda gigi kemudi, lengan kemudi, ball joint dan lain sebagainya. Anda dapat membedakan kontruksi sistem kemudi diatas dengan sistem kemudi tipe rack and pinion dibawah ini :

    Sistem Kemudi Rack and Pinion

    Sistem Kemudi Rack and Pinion
    Kira-kira sudah temukan perbedaannya belum antara sistem kemudi rack and pinion dengan recirculating ball. Cari dan cermati dengan teliti ya, sampai disini saja artikel tentang sistem kemudi ini, lain kali disambung dengan materi yang lebih detail dan lengkap daripada yang ini.

    Kini Ada Fitur Air Bag di Mobil Datsun GO

    6:27 PM Add Comment
    Kini Ada Fitur Air Bag di Mobil Datsun GO - NEW DELHI, India - Kabar datang dari mobil datsun GO, kabarnya mobil datsun GO ini akan ada penambahan fitur keamanan dan keselamatan terbaru yaitu Air Bag. Tentu dengan adanya penambahan fitur air bag ini, mobil datsun Go akan lebih aman lagi, terutama bila terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan seperti kecelakaan, tabrakan dan lain sebagainya. Menurut berita yang beredar, penambahan fitur air bag pada mobil Datsun Go dilakukan karena mobil tersebut tidak lolos uji tabrak yang dilakukan oleh Global NACP.

    Global NACP tidak meloloskan dikarenakan mobil datsun Go tersebut belum memenuhi syarat dalam hal keselamatan penumpang. Sehingga nantinya mobil ini akan ditambahi fitur air bag atau kantung udara.

    Namun, penambahan fitur air bag untuk mobil datsun go hanya berada di India, untuk negara lainnya belum ada kejelasan lebih lanjut. Yang pasti penambahan ini dilakukan untuk mobil datsun go dan datsun go + khusus mobil yang beredar di negara India.

    Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa air bag ini akan mengembang ketika terjadi benturan atau tabrakan yang keras, proses mengembang air bag ini sangatlah cepat sehingga keselamatan penumpang dapat lebih terjamin.

    Kini Ada Fitur Air Bag di Mobil Datsun GO
    Kini Ada Fitur Air Bag di Mobil Datsun GO
    Berdasarkan beberapa sumber menyatakan bahwa mobil datsun go, penambahannya hanya air bag saja. Dan katanya tidak terjadi penambahan selain dari itu. Fitur-fitur lama yang sudah ada di mobil datsun go ini adalah ac, wiper, power window, central lock dan alarm system, dan lain sebagainya.

    Setelah membahas fitur, kita geser ke arah spesifikasi mesinnya. Walaupun terjadi penambahan fitur baru, tetapi datsun belum mengupgrade mesinnya dan masih menggunakan mesin dengan kapasitas 1200 cc 3 silinder. Dengan mesin ini mobil datsun diperkirakan dapat menghasilkan tenaga sekitar 68 dk.

    Fitur sudah, mesin juga sudah. Kita ke pemindah daya, untuk mobil datsun yang ditambah fiturnya masih menggunakan transmisi yang sama yaitu transmisi manual dengan jumlah percepatan 5.

    Baca juga : Jumlah toyota avanza di Indonesia mencapai 1,3 juta unit

    Dari mesin berpindah ke sistem pemindah tenaga, transmisi yang digunakan pun juga masih manual dengan jumlah percepatan 5. Tidak hanya sampai disitu saja, datsun rencananya juga akan menambah fitur terbaru lagi setelah menambah fitur air bag, yaitu sistem rem dengan ABS.

    Cara Kerja Kopling Magnet pada Kompresor AC Mobil

    1:01 PM 5 Comments
    Bisaotomotif.com - Cara Kerja Kopling Magnet pada Kompresor AC Mobil - Ac mobil tidak selalu bekerja pada saat mesin sudah hidup, walaupun mesin hidup ac tetap bisa kita matikan. Dan cara menghentikan kerja ac ini adalah dengan menggunakan kopling magnet. Bila ac dihidupkan maka kopling magnet atau magnetic clutch ini akan berfungsi dan juga sebaliknya. Terus, bagaimana kerjanay? Masih bingung ya? Berikut ini kami jelaskan mengenai cara kerja kopling magnet pada kompresor ac mobil.

    Kopling magnet atau magnetic clutch terletak pada poros kompresor ac mobil. Magnetic clutch ini berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran engine ke kompresor. Komponen-komponen utama dari kopling magnet antara lain : stator, puli, rotor dan plat penekan. Untuk kontruksi dari komponen ac yang satu ini, dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

    Berikut ini merupakan kontruksi dari kopling magnet (magnetic clutch) :

    Kontruksi kopling magnet (magnetic clutch)
    Kontruksi kopling magnet (magnetic clutch)

    Keterangan gambar kontruksi kopling magnet :

    Dari gambar diatas sudah diberi arah panah dan disertai nomor. Nomor diatas menunjukan komponen-komponen pada koping magnet. Dan berikut ini merupakan keterangan dari gambar kontruksi kopling magnet diatas.
     
    1. Switch/saklar
    2. Plat penekan/Pressure Plate
    3. Roda Pulley
    4. Poros Kompresor (compressor shaft)
    5. Gulungan magnet listrik (kumparan)
    6. Kompresor
    7. Pegas plat pengembali
    8. Baterai/Aki mobil

    Apabila saklar (1) ac dihidupkan ke posisi "on", maka arus yang berasal dari baterai ini akan mengalir ke gulungan magnet listrik atau kumparan, sehingga pada kumparan tersebut timbul medan magnet (kemagnetan), sehingga akan menarik plat penekan (2) sehingga berhubungan dengan roda pulley kompresor (3). Akibatnya plat penekan ikut berputar dengan pulley, demikian poros kompresornya akan ikut berputar bersama dengan pulley. Pulley poros kompresor berputar bersamaan dengan putaran mesin, putaran ini disalurkan ke pulley kompresor oleh v-belt.

    Pada waktu ac dimatikan, maka kumparan atau gulungan magnet listrik ini sudah tidak dialiri arus lagi, dan sehingga otomatis kemagnetan akan hilang (tidak terjadi kemagnetan), akibatnya pegas plat pengembali akan menarik plat penekan sehingga poros kompresor tidak berputar, dan hanya pulley kompresor saja yang berputar.

    Rangkaian kopling magnet (magnetic clutch) 

    Berikut rangkaian kopling magnet yang terdiri dari relay, thermostat, kopling maghnet dan lain sebagainya.
    Rangkaian Kopling Magnet
    Rangkaian Kopling Magnet

    Biasanya kopling magnet dan motor kipas kondensor dirangkai secara pararel, jadi ketika ac dihidupkan otomatis kopling magnet dan motor kipas kondensor akan berfungsi secara bersamaan. Anda dapat melihat diagram rangkaian dari kopling magnet dan motor kipas kondensor pada gambar diatas. Cara kerjanya dapat anda baca di postingan diatas tadi.

    Apabila kopling magnet pada kompresor ac mobil ini tidak bekerja, maka akan mengakibatkan AC mobil tidak dingin ini karena sama saja kompresor tidak bekerja dan freon pun tidak dapat bersirkulasi.

    Fungsi dan Kontruksi Kondensor pada Sistem AC Mobil

    12:42 PM Add Comment
    Kondensor pada Sistem AC Mobil - Salah satu komponen utama di sistem air conditioner mobil adalah kondensor. Namanya kondensor pasti tugasnya adalah untuk mengkondensasikan, atau dengan kata lain merubah suatu gas menjadi cair karena didinginkan suhunya. Jadi kondensor ini mempunyai kegunaan untuk mendinginkan refrigerant atau freon setelah melalui kompresor ac mobil yaitu kondensor.

    Kondensor pada kendaraan atau mobil umumnya terletak di bagian depan kendaraan, lebih tepatnya berada di depan radiator. Mengapa kondensor diletakkan di depan radiator?

    Tujuannya dari peletakan kondensor dibagian depan adalah agar efek pendinginannya lebih maksimal, karena apa? Karena kondensor didinginkan oleh aliran udara pada saat mobil berjalan maju.

    Lalu kenapa kondensor diletakkan di depan radiator? Tujuannya adalah agar tidak menerima radiasi panas dari radiator, aliran udara kan dari depan melewati kondensor kemudian menuju ke radiator. Bila menerima radiasi panas dari radiator, tentu akan membuat efek pendinginannya kurang maksimal.

    Untuk membantu pendinginan kondensor ini, beberapa kendaraan dilengkapi dengan kipas ac atau yang disebut dengan kipas kondensor. Kipas ini umumya di rangkai secara pararel dengan kopling magnet (magnetic clucth), sehingga apabila ac dihidupkan maka kipas ac ini otomatis juga akan bekerja.
    Kondensor pada Sistem AC Mobil
    Kondensor pada Sistem AC Mobil

    Alur perubahan wujud dari freon/refrigerant dapat dilihat pada gambar diatas. Pada mulanya freon atau refrigerant yang berasal dari kompresor akan masuk ke dalam kondensor dalam bentuk gas, kemudian didinginkan dan menjadi uap dan selanjutnya semakin ke-bawah atau turun akan mengalami pengembunan (kondensasi). Pada saat ini freon berubah wujud menjadi cairan dengan temperatur sekitar 57 derajat celcius.

    Kontruksi kondensor

    Kontruksi dari kondensor ac mobil dapat dilihat pada gambar diatas, kondensor pada dasarnya terdiri dari kisi-kisi dan pipa, jika dilihat-lihat kondensor ini hampir mirip dengan radiator pada sistem pendingin mobil. Fungsinya pun sebenarnya juga sama, yaitu sebagai kompenen yang dignakan untuk mendinginkan.

    Kondensor ac mobil ini terdiri dari pipa yang bentuknya adalah bulat. Dimana pipa-pipa ini dilengkungkan secara pararal dari awal sampai dengan akhir. Disekeliling pipa-pipa kondensor ini ditambah dengan kisi-kisi yang hampir mirip dengan yang terdapat pada radiator, ini bertujuan agar luas penampang bidang pendinginan semakin luas, sehingga refrigerant dapat didinginkan dengan optimal. Pendinginan yang optimal akan membuat refrigerant mengalami kondensasi dan perubahan wujud dari gas menjadi cair secara maksimal.

    Prinsip Kerja Air Conditioner (AC) Mobil

    12:35 PM Add Comment
    Prinsip Kerja Air Conditioner (AC) - Pada postingan yang perdana sudah share mengenai kegunaan atau fungsi ac mobil, sekarang giliran prinsip kerja dari sebuah sistem AC yang ada pada mobil atau kendaraan. AC pada kendaraan merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk membuat temperatur udara di dalam kabin mobil menjadi nyaman dan sejuk, ac mobil ini terdiri dari beberapa komponen utama. Untuk mobil keluaran terbaru atau saat ini hampir semua mobil/kendaraan sudah terdapat sistem air conditionernya.

    Prinsip kerja air conditioner menggunakan prinsip penguapan, sebelum menuju ke pembahasan kita pada siang hari ini supaya lebih mengerti dan paham mengenai prinsip kerja dari ac mobil ini, marilah kita perhatikan dulu hasil percobaan dibawah ini :

    Percobaan 1 : Berdasarkan hasil percobaan menyatakan bahwa bensin & air akan cenderung lebih cepat menguap apabila bensin atau air tersebut tekanannya diturunkan. Demikian pula dengan titik didih air yang berada pada ketinggian tertentu, air akan lebih cepat mendidih pada tempat yang lebih tinggi (misal gunung) yang mana tempat yang lebih tinggi daripada permukaan air laut pada umumnya memiliki tekanan yang berada di level kurang dari 1 atm (atsmosfir), tekanan diatas permukaan air laut adalah sekitar 1 atsmosfir.

    Percobaan 2 : Kemudian berdasarkan data percobaan yang kedua setelah dilakukan, ketika telapak tangan kita diberi bahan bakar misal "bensin" maka kita akan merasakan dingin pada telapak tangan tersebut, hal ini disebapkan oleh bensin yang menyerap/mengambil panas dari telapak tangan kita dan bensin tersebut kemudian menguap dan berubah menjadi gas.

    Kesimpulan dari hasil kedua percobaan diatas adalah :
    1. Dari percobaan pertama kita dapat menyimpulkan bawah salah satu cara untuk mempercepat proses penguapan adalah dengan menurunkan tekanannya.
    2. Dari percobaan yang kedua dapat kita simpulkan bahwa proses penguapan ini terjadi bersamaan/disertai dengan penyerapan/pengambilan panas yang mana akan membuat zat tersebut berubah menjadi gas karena menguap.

    Dari percobaan yang telah ada, artinya suatu benda dapat kita jadikan lebih bersuhu dingin dengan cara seperti percobaan diatas yaitu ketika suatu zat cair mengalami penguapan maka zat cair itu juga akan menyerap panas pada benda atau udara yang berada disekitarnya. Oke sekarang kita langsung saja menuju prinsip kerja dari ac mobil. Dan berikut ini ulasannya :

    Kita misalkan saja bahwa saya mempunyai suatu tabung yang mana tabung tersebut saya kasih sebuah kran yang dapat di buka dan di tutup.  Tabung tersebut saya letakkan di dalam kotak yang terisolasi/rapat (lihat gambar dibawah ini).

    Kemudian pada tabung tersebut, saya kasih sebuat cairan yang sangat mudah menyerap panas dan menguap pada temperatur normal. Ketika kran tersebut saya buka, maka cairan yang mudah menguap tadi akan menyerap panas yang terdapat pada udara di dalam kotak yang terisolasi tersebut. Sehingga karena udara di dalam kotak tersebut panasnya diserap, maka suhunya pun akan turun atau lebih dingin dari sebelumnya. Dan juga karena cairan yang terdapat pada tabung tersebut menyerap panas, cairan tersebut menguap bergerak ke luar dalam bentuk gas.

    Prinsip Kerja Air Conditioner (AC) Mobil
    Prinsip Kerja Air Conditioner (AC) Mobil
    Dari ilustrasi diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa dengan cara seperti itulah kita bisa mendinginkan sesuatu hal, baik benda ataupun udara. Yang harus di garis bawahi pada contoh di atas adalah, proses pendinginan dengan cara diatas hanya berfungsi untuk sementara saja, karena cairan yang menyerap panas serta mudah untuk menguap tersebut akan segera habis.

    Apabila cairan tersebut sudah tidak ada maka proses pendinginannya pun tidak terjadi. Maka dari itu dibutuhkan proses pendingin yang menggunakan cara atau metode yang mana cairan yang telah menguap dan berubah menjadi gas tersebut dikembalikan lagi menjadi suatu cairan yang selanjutnya akan menyerap panas dan kembali menguap menjadi gas.

    Itu merupakan prinsip kerja dari sistem air conditioner mobil, sehingga pada sistem ac dibutuhkan komponen yang berfungsi untuk mensirkulasikan dan menaikkan tekanan dari cairan atau refrigerant yang disebut dengan kompresor. Kemudian untuk merubahnya menjadi cairah dibutuhkan komponen yang disebut dengan kondenor, dan untuk komponen yang bertugas untuk menurunkan tekanan adalah katup ekspansi.

    Nah, untuk menambah lebih jelas lagi tidak ada salahnya saya shara lagi tentang komponen ac mobil dan berikut ini merupakan komponen ac mobil dan fungsinya :
     
    1. Kompresor, berfungsi untuk mensirkulasikan zat pendingin ke seluruh sistem ac.
    2. Kondensor, untuk mendinginkan zat pendingin.
    3. Receiver/dryer, untuk menampung sementara, dan untuk menyaring zat pendingin dari kotoran, uap air dsb.
    4. Katup expansi, berfungsi untuk menurunkan tekenanan zat pendingin.
    5. Evaporator, untuk tempat refrigerant menguap dan menyerap panas udara disekitarnya.

    Fungsi Air Conditioner (AC) Pada Kendaraan

    2:28 AM Add Comment
    Bisaotomotif.com - Ketahui Fungsi Air Conditioner (AC) Pada Kendaraan - Kendaraan tanpa dilengkapi ac mungkin agak kurang nyaman, bila digunakan di siang hari yang panas atau pada saat hujan. Mengapa begitu, karena ac merupakan suatu sistem yang mengatur temperatur ruangan agar tetap pada temperatur yang nyaman. Apa sajakah fungsi ac mobil? Berikut kami sebutkan dan jelaskan :

    Air Conditioner atau yang sering disingkat dengan AC ini merupakan suatu sistem yang ada pada kendaraan atau mobil yang memiliki peran untuk membuat temperatur atau suhu di dalam kabin mobil tersebut menjadi sejuk, sejuk disini dapat diartikan dengan dingin, nyaman, enak dan lain sebagainya. Ketika di siang hari yang mana pada umumnya suhu di dalam mobil akan terasa lebih panas, maka dengan menghidupan air conditioner ini udara yang suhunya panas ini akan diserap panasnya sehingga temperatur udara di ruangan tersebut akan menurun, ini merupakan fungsi ac sebagai pengontrol temperatur atau suhu.
     
    Ketika di perjalanan dan turun hujan, maka udara didalam kendaraan akan lembab dimana akan membuat kondensasi atau adanya embun-embun pada kaca-kaca yang akan mengganggu pandangan/penglihatan pengumudi terhadap jalan. Kondensasi ini dapat dikurangi dengan menghidupkan ac, karena air conditioner akan mengurangi kelembaban dan mempertahankan suhu udara didalam ruangan pada tingkat yang menyenangkan, selain itu udara yang dikeluarkan oleh sistem ac merupakan udara yang benar-benar kering dan bersih. Jadi fungsi ac yang kedua adalah untuk mengontrol kelembaban di dalam kabin mobil.

    Air Conditioner (AC)
    Air Conditioner (AC)
    Sistem air conditioner akan meniupkan udara yang telah melalui filter ac, oleh saringan ac ini udara akan dibersihkan dari kotoran, debu, partikulat dan lain sebagainya, sistem ac juga akan menjaga sirkulasi udara pada ruangan kabin kendaraan berjalan dengan baik. Ini merupakan fungsi yang ke-tiga dan ke-empat, yaitu mengontrol sirkulasi udara dan juga untuk memurnikan udara (purification). Lalu sebenarnya apa sih fungsi ac itu? Berikut ini kami sebutkan beberapa fungsi ac mobil.
     
    Fungsi AC (Air Conditioner)
    Jadi dapat kita simpulkan bahwa ac memiliki 4 fungsi yang akan meningkatkan kenyamanan ketika berkendara yaitu :
    1. Mengontrol temperatur
    2. Mengontrol sirkulasi udara
    3. Mengontrol kelembaban
    4. Memurnikan udara (Purification)
    Hampir semua kendaraan keluaran terbaru saat ini sudah terdapat air conditionernya, bahkan mobil mobil lama pun sudah dimodifikasi dan ditambah sistem ac ini. AC memang sangat dibutuhkan terutama di indonesia yang memiliki iklim tropis yang pada umumnya ketika siang hari udara terasa panas, sehingga akan mengurangin kenyamanan ketika berkendara.

    2 Langkah Pencegahan dan Antisipasi Ban Mobil Pecah

    7:50 PM Add Comment
    2 Cara Pencegahan dan Antisipasi Ban Mobil Pecah Di Jalan -  Data statistik menyebutkan bahwa di Indonesia sedikitnya 84 orang meninggal per hati, atau sedikitnya 3 - 4 orang perhari meninggal yang disebabkan oleh kecelakaan. Data tersebut kami peroleh dari kepolisian republik Indonesia. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kecelakaan, seperti pengemudi mengantuk, sambil menggunakan hp, kesalahan teknis pada kendaraan hingga pecah ban. Nah, yang akan saya bahas kali ini adalah pecah ban.

    Sebelumnya Jasa Marga pernah menyebutkan bahwa lebih dari 10 % kecelakaan disebabkan oleh pecahnya ban. Pecahnya ban ini dapat diakibatkan oleh beberapa hal diantaranya sebagai berikut :
    1. Ban sudah aus/gundul
    2. Tekanan angin ban terlalu tinggi / tidak sesuai
    3. Kurangnya perawatan khusunya balancing dan sporing
    4. Usia pakai yang sangat lama
    Kecelakaan akan lebih fatal dan parah apabila terjadinya pada saat kecepatan tinggi, pada saat kecepatan tinggi dan terjadi ban pecah maka biasanya mobil akan kehilangan kendali, bisa juga mobil akan terbalik.

    Dalam satu bulan terakhir ini, kami menemukan 2 mobil yang salah dalam mengisi tekanan angin ban. Yang satunya mengisi tekanan angin ban di SPBU dan tanpa menggunakan alat pengukur tekanan ban, akhirnya tekanan angin bannya 2 kali lipat dari standar.

    Setelah digunakan 1 hari, akhirnya ia merasa ada yang aneh dengan mobilnya, tidak nyaman digunakan. Akhirnya ia bawa ke bengkel kami, dan kami langsung mengira penyebabnya ada pada bannya. Langsung kami periksa bannya, dan ternyata ban mobilnya sudah pada benjo ndak karuan, sudah ada yang sobek hampir pecah. Kemudian kami ambil manometer ban, dan kami ukur. Benar ternyata tekanan anginnya 2 kali lipat dari standarnya. Langsung deh, kami suruh ganti ban mobil.

    Dari kebanyakan kasus, ban mobil yang rusak dan berakibat pecah ban disebabkan oleh tekanan angin ban yang tidak sesuai. Akibatnya akan lebih cepat dan parah jika ban mobilnya sudah gundul atau aus.  Berikut ini kami sebutkan langkah pencegahan dan antisipasi ban mobil pecah saat dijalan.
    2 Langkah Pencegahan dan Antisipasi Ban Mobil Pecah Di Jalan
    2 Langkah Pencegahan dan Antisipasi Ban Mobil Pecah Di Jalan

    1. Langkah pencegahan ban pecah dijalan

    Sesuai pepatah bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati, jadi pencegahan agar ban mobil tidak pecah di jalan merupakan langkah paling baik, pencegahan yanga dapat dilakukan antara lain selalu rutin memeriksa tekanan angin ban, dan jangan sampai tekanan angin ban tidak standar baik terlalu tinggi atau terlalu rendah. Lakukan pengecekan tekanan angin ban ini setiap akan berpergian jauh, selain tekanan angin ban. Yang perlu diperiksa bagian lainnya adalah pada bagian permukaan ban. Pastikan tidak terdapat benda-benda asing yang nantinya membahayakan ban mobil anda.

    Cek juga keausan ban anda, bila sudah gundul lebih baik segera diganti sebelum pecah yang akhirnya merepotkan anda. Untuk memeriksa keausan ban, bisa memperhatikan Thread Wear Indicator (TWI) pada ban mobil anda.

    Kemudian, bila ban mobil anda masih menggunakan ban mobil biasa atau bukan ban tubeless, sebaiknya upgrade ke ban tubeless. Dengan memakai ban tubeless, anda akan mendapatkan beberapa keuntungan. Salah satunya adalah tidak langsung kempes ketika ban mobil terkena paku atau benda tajam lainnya.

    2. Langkah antisipasi saat pecah ban di jalan

    Sebagian besar mobil yang mengalami ban pecah, mobilnya hilang hilang kendali dan terbalik, hal ini dikarenakan pengemudi tersebut menginjak pedal rem (mengerem) dengan sangat cepat, sehingga beban kendaraan hanya tertumpu pada salah satu sisi saja, yaitu sisi pada ban yang pecah.

    Ketika terjadi pecah ban, faktor terpenting adalah dapat mengendalikan kendaraan tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menahan mobil agar tidak berbelok secara ekstrem, lakukan penurunan kecepatan mobil anda dengan cara melepas pedal gas, dan dibantu dengan memanfaatkan engine brake atau menurunkan gigi percepatan. Jangan lupa, setelah mobil lajunya mulai melambat arahkan mobil ke pinggir jalan dan juga hidupkan lampu sein kearah yang diinginkan. Dan lakukan pengereman secara perlahan, sampai mobil benar-benar berhenti.

    Setelah mobil berhenti, anda bisa menghidupkan lampu hazard dan memasang segitiga pengaman, tujuannya adalah untuk memperingatkan pengemudi yang lain bahwa anda sedang mengalami masalah pada mobil anda.

    Baca : 7 Tanda anda sudah mengantuk saat mengemudi

    Yang perlu diingat, bahwa langkah antisipasi ini tidak semua pengemudi bisa melakukannya. Karena biasanya pengemudi panik terlebih dahulu. Sehingga kesimpulannya, lebih baik dilakukan pencegahan dan terus berhati-hati serta waspada.

    7 Tanda Anda Sudah Mengantuk Ketika Mengemudi

    7:32 PM Add Comment
    7 Tanda Anda Sudah Mengantuk Ketika Mengemudi - Sebagian besar kecelakaan yang terjadi di Indonesia ini disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk, dalam kondisi mengantuk biasanya seorang pengemudi akan sulit untuk berkonsentrasi. Apalagi kalau kantuknya sudah berada di level berat, duh duh. Memang sangat bahaya sekali mengemudi dalam kondisi mengantuk, selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan penumpang yang lain. untuk itu bagi anda yang suka mengemudi, usahakan jangan sampai mengantuk. 

    Bila terpaksanya mengantuk, lebih baik istirahat terlebih dahulu. Baru kemudian dilanjutkan perjalanannya, dengan begitu anda sudah dapat berkonsentrasi lagi. Ada beberapa cara untuk menghindari mengantuk saat mengemudi, seperti istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan, minum kopi, makan cemilan saat mengemudi dan lain sebagainya. 

    Berdasarkan data statistik pada tahun 2013 saja sudah terdapat 71 kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh pengemudi yang mengantuk, 71 kasus ini hanya terjadi di Jakarta bukan di seluruh Indonesia. Tentu 71 bukan jumlah yang sedikit, dan itu merupakan suatu peringatan kepada kita agar tetap berhati-hati dalam mengemudi, terutama pada saat kita mengantuk.

    Ada baiknya kita mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda apabila kita sudah mengantuk, bila kita mengalami 7 tanda ini sebaiknya kita berhenti di rest area untuk beristirahat sejenak. Tujuannya agar rasa kantuknya hilang, dan dapat lebih fokus dan berkonsentrasi ketika mengemudi. Apa sajakah tanda-tandan mengantuk ketika mengemudi? Berikut ini kami sebutkan :
    • Bola mata berwarna merah.
    • Kelopak mata sering berkedip atau terasa berat
    • Melamun, sulit fokus
    • Menguap berulang kali atau menggosok/mengucek mata
    • Merasa gelisah dan mudah tersinggung
    • Pada jalan yang lurus arah mobil tidak lurus kadang ke salah satu sisi
    • Sering lupa atau terlewat ketika harus berbelok
    Nah, bila anda sudah mengalami tanda-tanda seperti diatas, sebaiknya jangan memaksakan untuk tetap mengemudi. Lebih baik hentikan kendaraan di rest area atau tempat beristirahat. Dan cobalah untuk tidur disana, 15 menit saya kira sudah cukup. Setelah tidur, anda bisa minum kopi atau vitamin agar tubuh kembali vit dan tidak mengantuk lagi.  

    Anda bisa jug dengan cara gokil seperti yang dilakukan oleh Mr. Bean, lihat gambar dibawah ini. Itupun jika anda mempunyai 4 batang korek api, he he. Dijamin kalau anda melakukan seperti ini, anda akan tetap mengantuk tetapi tidak bisa memjamkan mata.

    7 Tanda Anda Sudah Mengantuk Ketika Mengemudi
    7 Tanda Anda Sudah Mengantuk Ketika Mengemudi
    Kalau anda akan melakukan perjalanan jauh sekali, sebaiknya juga ajak teman atau saudara anda yang mempunyai keahlian dalam mengemudi. Sehingga ketika anda sudah lelah dan mengantuk, dapat digantikan oleh teman atau saudara anda. Dan gunakan kesempatan ini untuk istirahat. Jika teman anda sudah lelah, bisa anda gantikan posisinya sebagai pengemudi. Dan begitu seterusnya sampai ke tujuan yang akan dicapai. Dengan cara ini anda tidak perlu berhenti untuk beristirahat dalam waktu yang lama.

    7 Fungsi Blok Silinder (Cylinder Block) Pada Mobil

    6:41 PM Add Comment
    Mengenal Fungsi Blok Silinder Pada Mobil - Salah satu komponen utama pada mesin adalah blok silinder. Blok silinder dalam bahasa Inggris adalah cylinder block. Komponen ini merupakan komponen paling mendasar, ibaratkan adalah pada paling inti dari sebuah mesin. Bentuk dari sebuah blok silinder setiap mobil berbeda-beda, tergantung pada jumlah silinder, susunan silinder, dan faktor-faktor yang lainnya.

    Blok silinder yang digunakan pada mobil-mobil jaman dulu biasanya dibuat dari besi tuang, sehingga kontruksinya sangat kuat tetapi mempunyai kelemahan dalam hal "berat", dan untuk mobil-mobil sekarang ini, produsen mobil sudah mengganti bahan baku untuk pembuatan blok silinder ini. Mereka membuatnya dari paduan alumunium, yang juga kuat tetapi ringan.

    Blok silinder yang berbahan dasar dari alumunium ini, selain mempunyai kelebihan beratnya lebih ringan, juga kemampuan dalam meradiasikan panasnya lebih baik daripada besi tuang. Blok silinder pada mobil terdiri dari silinder-siliner, yang fungsinya sebagai tempat piston untuk melaksanakan tugasnya. Selain silinder, di dalam blok silinder juga terdapat water jacket yang berguna sebagai saluran air pendingin untuk mendinginkan mesin. Nah, kemudian di bagian atas pada blok silinder merupakan dudukan dari kepala silinder, sedankan pada bagian bawah merupakan tempat dari poros engkol (crank shaft).

    Pada mesin yang mekanisme katupnya menggunakan tipe OHV (Over Head Valve), poros nok juga ditempatkan di blok silinder. Di bagian belakang pada blok silinder, dipasangkan fly wheel (roda gila) yang berfungsi untuk menyimpan tenaga putar (inertia). Berikut adalah gambar dari blok silinder :
    7 Fungsi Blok Silinder Pada Mobil
    7 Fungsi Blok Silinder Pada Mobil

    Fungsi Blok Silinder

    Blok silinder pada mobil berfungsi sebagai :
    1. Tempat silinder-silinder yang merupakan tempat piston naik turun untuk melakukan kerjanya
    2. Sebagai dudukan dari kepala silinder
    3. Sebagai dudukan dari poros engkol, atau sebaga rumah dari mekanisme engkol (poros engkol, connecting rod, piston dll).
    4. Pada tipe OHV, sebagai rumah dari poros nok (cam shaft)
    5. Sebagai dudukan fly wheel
    6. Terdapat water jacket yang berguna sebagai saluran air untuk mendinginkan komponen mesin 
    7. Sebagai dudukan dari komponen-komponen lainnya seperti distributor, motor starter, kalter, dll.

    Blok silinder yang dipasang di mobil-mobil harus memenuhi persyaratan, apa sajakah persyaratan dari blok silinder? Berikut ini beberapa persyaratan blok silinder :
    • Kaku, pembebanan tekanan tidak boleh mengakibatkan perubahan elatisitas pada bentuknya.
    • Blok silinder harus ringan tetapi kuat, mobil sekarang ini sudah menggunakan bahan dasar paduan alumunium untuk membuat blok silinder, sehingga sudah ringan tetapi tetap kuat.
    • Konstruksi blok dan silinder harus memperoleh pendinginan yang merata, serta memiliki kemampuan dalam meradiasikan panas yang baik.
    • Pemuaian panas harus sesuai dengan bagian-bagian yang terpasang pada blok tersebut ( misal : Poros engkol, kepala silinder )

    Selain blok silindernya yang harus memenuhi persyaratan, silinder yang ada pada blok silinder juga harus memenuhi syarat, dan berikut adalah syarat silinder pada blok silinder :
    • Silinder harus sesuai/presisi dengan ukuran piston dan ring pistonnya, dengan kata lain silinder tidak boleh terdapat kebocoran campuran udara dan bahan bakar pada saat langkah kompresi atau terdapat celah yang dapat menyebabkan kebocoran antara silinder dan piston.
    • Silinder haru memenuhi syarat yaitu harus memiliki tahanan gesek antara piston dan silinder harus sekesi mungkin.