Pengertian dan Macam-macam Motor Bakar

6:18 AM Add Comment
Pengertian dan Macam-macam Motor Bakar - Memulai postingan yang pertama, blog OTO Pintar akan share mengenai definisi dan macam-macam motor bakar. Materi ini merupakan materi dasar teknik kendaraan ringan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di lingkungan sekitar kita terdapat berbagai macam kendaraan, dari mulai mobil, motor, pesawat, kereta, bus dan lain sebagainya. Dari berbagai macam kendaraan diatas, kira-kira bagaimana bisa kendaraan tersebut bergerak? Jawabannya adalah karena ada yang menggerakkannya, siapa? Yang menggerakkannya adalah mesin, mesin merupakan suatu alat yang merubah sumber energi seperti energi kimia, panas, listrik, udara, air dll menjadi tenaga gerak. Dan motor bakar juga merupakan salah satu macam dari mesin. Lalu apa definisi dari motor bakar, berikut ini kami jelaskan secara singkat.

Pengertian/Definisi motor bakar
Motor bakar adalah suatu mesin yang merubah energi kimia (bahan bakar) menjadi energi panas, yang kemudia energi panas ini dirubah menjadi tenaga gerak atau mekanik. Motor bakar dalam bahasa Inggris disebut dengan Thermal Engine.

Macam-macam motor bakar
Motor bakar atau thermal engine ini ada beberapa macam yang sudah pernah diciptakan, motor bakar dapat dibagi menjadi dua yaitu motor pembakaran dalam atau internal combustion engine dan motor pembakaran luar atau external combustion engine. Apa maksud dari kedua macam motor bakar diatas, berikut ini kami jelaskan yang disertai dengan contohnya :

1. Internal Combustion Engine (Motor Pembakaran Dalam)
Definisi dari motor pembakaran dalam adalah suatu motor yang dalam merubah tenaga kimia menjadi panas atau proses pembakarannya berlangsung di dalam mesin itu sendiri bukan di luar mesin. Ada beberapa contoh mesin yang termasuk motor pembakaran dalam yaitu :
  • motor/mesin bensin
  • mesin/motor diesel
  • mesin gas turbin
  • mesin roket
  • mesin jet
  • dan mesin gas

Dari beberapa contoh mesin yang merupakan internal combustion engine, mesin bensin dan mesin diesel lah yang akan dipelajari dalam materi teknik kendaraan ringan, karena kedua mesin diatas merupakan mesin yang digunakan dalam kendaraan bermotor seperti mobil, motor, bus, truck dan lain sebagainya. Dimana kedua jenis mesin tersebut adalah mesin yang terdapat pada kendaraan-kendaraan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Penemu dari mesin diesel adalah Rudolf Chirstian Karl Diesel atau yang sering disebut dengan Rudolf Diesel. Mesin diesel ini berbahan bakar solar, dikatakan mesin diesel dikarenakan untuk mengenang jasa penemunya yaitu Rudolf Diesel. Mesin diesel sedikit berbeda dengan mesin bensin, tetapi prinsip kerjanya hampir sama. Mungkin kita bahas di lain kesempatan. 

Sementara itu penemu dari mesin bensi adalah Karl Benz yang memiliki nama lengkap Karl Friedrich Benz, mesin bensin ini menggunakan bahan bakar bensin, di Indonesia dikenal dengan Premium, Pertamax. Mesin bensin dibagi lagi menjadi beberapa macam, misal saja berdasarkan jumlah langkahnya dalam satu siklus maka mesin bensin dapat dibagi menjadi motor 4 tak (4 langkah), motor 2 tak (langkah) dan motor wankle.

Berikut ini adalah gambar prinsip pengubahan tenaga para motor bakar internal combustion engine, dimana ada udara yang masuk dan akan bercampur dengan bahan bakar. Kemudian campuran udara dan bahan bakar ini akan masuk ke dalam suatu ruangan dan diledakkan. Sehingga akan menimbulkan suatu ledakan dan menghasilkan suatu tenaga dorong yang membuat piston bergerak turun. Tenaga ini akan dirubah oleh sistem-sistem yang ada pada kendaraan sehingga kendaraan tersebut dapat berjalan.

Pengertian dan Macam-macam Motor Bakar
Pengertian dan Macam-macam Motor Bakar

Kemudian untuk mesin gas, merupakan mesin yang menggunakan bahan bakar gas. Di Jakarta sendiri sudah mulai dikembangkan dan diterapkan pada salah satu jenis angkutan umum, yaitu bajaj. Pada mulanya bajaj ini berbahan bakar minyak, tetapi karena menimbulkan polusi yang sangat besar kemudian pemerintah jakarta memberikan suatu kebijakan bahwa semua pengendara bajaj akan dialihkan ke bajaj yang menggunakan bahan bakar gas. Selain angkutan umum, mobil dengan berbahan bakar gas juga akan mulai dikembangkan di Indonesia. Karena dipercaya dapat mengatasi masalah polusi, dan lebih irit.

2. External Combustion Engine (Motor Pembakaran Luar)
Setelah memahami tentang internal combustion engine, maka selanjutnya mari kita membahas tentang motor pembakaran luar. Definisi dari motor pembakaran luar adalah suatu mesin yang proses pembakaran atau proses merubah suatu energi menjadi energi panas terjadi di luar mesin itu sendiri. Sehingga dinamakan motor pembakaran luar, atau dapat juga dikatakan mesin yang memiliki ruang bakar di luar kontruksi dari mesin tersebut.

Berikut ini adalah beberapa contoh mesin yang menggunakan external combustion engine :
  • Mesin nuklir turbin
  • Mesin nuklir
  • Mesin uap
  • Mesin turbin uap
Mesin uap yang merupakan external combustion engine biasa digunakan pada kereta api yang bertenaga uap. Tetapi sekarang ini kereta api jenis ini mulai ditinggalkan karena kurang efisien, sehingga kereta api jaman sekarang hampir semuanya sudah menggunakan mesin yang berteknologi modern, seperti kereta api listrik dan lain sebagainya.

Setelah membaca artikel di atas kira-kira sudah paham belum tentang pengertian dan macam-macam motor bakar. Bila ada yang masih membuat anda bingung bisa tanyakan kepada OTO Pintar, kami akan selalu berusaha untuk menjawab semua pertanyaan, yang tentunya yang kami bisa.