Kompresor AC Mobil Tipe Through vane

1:00 PM Add Comment
Kompresor AC Mobil Tipe Through vane - Salah satu komponen ac mobil adalah kompresor, kompresor ini berfungsi untuk menekan atau mensirkulasikan refrigerant keseluruh system. Kompresor yang digunakan pada sistem ac mobil terdapat beberapa macam, salah satunya adalah tipe through vane yang akan saya bahas kali ini. Tipe lain dari kompresor ac mobil adalah tipe crank, swash plate dan wooble plate untuk jenis kompresor gerak bolak-balik. Sementara itu untuk kompresor gerak putar dibagi jadi dua yaitu through vane dan tipe rotary.

Pada kompresor tipe trough vane ini komponen dasarnya adalah dua buah bilah (vane) yang terpasang pada bagian dalam silinder dan bilah tersebut dipasang dengan posisi yang saling tegak lurus, bisa dilihat pada gambar dibawah ini, yang sebelah kiri ya bukan sebelah kanan!

Ketika rotor atau shaft pada kompresor ini berputar, maka bilah ini akan bergerak/bergeser pada arah radial dan menyentuh bagian dalam silinder atau pada bagian stator. Bilah atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan vane ini bersama dinding silinder dan shaft akan membuat/membentuk suatu ruang pemasukan dan pengeleluaran freon/refrigerant. 

Kontruksi Kompresor AC Mobil Tipe Through Vane

Kontruksi kompresor ac mobil tipe through vane
Kontruksi kompresor ac mobil tipe through vane
Dari gambar kontruksi kompresor ac tipe trough vane di atas, terdapat beberapa nama komponen. Silahkan cermati terlebih dahulu gambar diatas, sampai paham dan hafal nama komponen kompresor tipe ini. Nah, agar memudahkan lagi berikut ini saya tulis beberapa nama komponen yang ada pada kompresor jenis ini :
  1. Rotor atau shaft
  2. Trough vane
  3. Bilah (vane)
  4. Seal Poros
  5. Penahan katup (valve holder)
  6. Lubang pemasukan (intake port)
  7. Katup pengeluaran
  8. Katup pemasukan (intake valve)
  9. Lubang pengeluaran

Cara Kerja Kompresor Tipe Through Vane

Cara kerja kompresor tipe through vane
Cara kerja kompresor tipe through vane
Perhatikan gambar cara kerja kompresor tipe through vane diatas, cermati dan pahami. Ada 6 gambar yang mana satu gambar merupakan satu langkah kerja dari kompresor tipe through vane ini. Gambar pertama adalah langkah pemasukan refrigerant/freon, langkah ini (refrigerant akan dihisap oleh kompresor ac mobil dan masuk ke kompresor), dan gambar yang terakhir adalah langkah pengeluaran refrigerant berakhir. Selengkapnya bisa lihat gambar diatas, oke.

Secara sederhana dan super simple cara kerja dari kompresor tipe ini adalah ketika vane atau bilah berputar bersama-sama dengan rotor atau shaft, karena berputar maka pada vane ini timbul suatu gaya, gaya tersebut disebut dengan gaya sentrifugal yang mana gaya seperti ini akan membuat vane bergerak dan selanjutnya akan menyentuh dinding stator.

Baca juga : Oli kompresor pada ac mobil

Pada saat saluran pemasukan (intake) ini membuka, freon atau refrigerant yang berasal dari evaporator akan terhisap dan kemudian masuk ke dalam kompresor ac mobil. Sementara itu bilah/vane akan terus berputar-putar dan freon yang telah masuk ke kompresor ini selanjutnya/kemudian akan ditekan (dikompresi) dengan cara mempersempit/memperkecil ruang.

Karena freon ini ditekan, maka selanjutnya refrigerant pada akhirnya akan keluar melalui saluran pengeluaran menuju ke kondensor. Dapat dilihat pada gambar diatas mengenai cara kerja kompresor ac tipe trough vane bahwa ketika terjadi langkah pengeluaran, pada sisi yang lain juga sedang terjadi langkah pemasukan refrigerant/freon.