Tips Mudah Merawat Karpet Dasar Mobil

8:00 PM
Tips Mudah Merawat Karpet Dasar Mobil – Salah satu faktor kenyamanan ketika berkendara adalah kebersihan mobil. Dan yang paling sering mengalami kotor adalah pada bagian karpet dasar mobil. Yang mana kotoran pada karpet dasar mobil ini dapat menyebabkan bau yang tidak sedap, terlebih lagu kotoran seperti makanan busuk dan bangkai binatang adalah penyumbang bau yang paling tidak sedap.

Selain menghasilkan bau yang tak sedap, takutnya kotoran ini juga menjadi sumber penyakit. Karena pada kotoran tersebut pasti mengandung bakteri, yang kita tidak tahu apakah bakteri tersebut aman atau tidak bagi kesehatan kita.

Kondisi itu akan diperparah apabila kondisi karpet dasar mobil basah, karpet dasar mobil yang basah juga dapat menyebabkan masalah buat kita. Air yang terdapat pada karpet membuat kondisi dibawah menjadi lembab, dan ini merupakan kondisi paling bagus buat perkembangan bakteri dan kuman yang bisa mengancam kesehatan kita.

Maka dari itu kita harus menjaga kebersihan karpet dasar mobil. Lalu bagaimanakah cara merawat karpet dasar mobil? Berikut bisaotomotif.com merangkumnya dalam artikel yang berjudul tips mudah merawat karpet dasar mobil :

Bahan dasar dari karpet dasar mobil ini biasanya terbuat dari bahan sintetis, berbeda lagi dengan karpet tambahan yang berada di area kaki. Karpet dasar ini berfungsi untuk menutupi bagian dek kabin, selain itu juga untuk menampung berbagai jenis kotoran.

Karena terbuat dari bahan sintetis, cara merawatnya adalah sangat mudah, dan berikut ini tips dari bisaotomotif.com untuk merawat karpet dasar mobil. Kunci perawatannya adalah selalu membersihkan dengan rutin.
Tips Mudah Merawat Karpet Dasar Mobil
Tips Mudah Merawat Karpet Dasar Mobil

1. Bersihkan dari kotoran - cara merawat karpet dasar mobil

Seperti yang saya katakan di awal tadi, bahwa untuk mendapatkan kenyamanan ketika berkendara kita perlu membersihkan komponen-komponen dalam mobil. Salah satu yang perlu dibersihkan adalah karpet dasar mobil. Dengan karpet yang dibersihkan tentu akan membuat kita semakin nyaman, lagi pula bila dibersihkan bau yang tidak sedap akan tidak muncul. Kalau bisa dibersihkan sesering mungkin, dapat juga dibersihkan bersmaan dengan cuci mubil.

2. Cuci karpet - cara merawat karpet dasar mobil

Biasanya terdapat tempat cuci mobil yang juga membersihkan karpet ini. Bila karpet anda sering dibersihkan di tempat cuci mobil, mungkin tidak perlu dibersihkan secara mandiri. Kecuali kotoran yang ada sangat banyak dan menganggu kenyamanan keetika mengendarai mobil.

Anda juga bisa mencucinya sendiri, cukup disiram, disabun kemudian disikat. Untuk lebih jelasnya bisa anda baca di point selanjutna.
 

3. Cuci dengan sabun dan cara menyikat - cara merawat karpet dasar mobil

Mencuci karpet dengan shampo atau sabun akan membantu dalam membersihkan kotoran, sehingga karpet akan terlihat lebih bersih. Selain itu juga dengan menggunakan shampo atau sabun untuk mencuci karpet dasar mobil akan membuat karpet anda lebih harum dari sebelumnya. Untuk menyikat karpet, usahakan selalu dalam satu arah, misal ke kanan. Ini berguna agar kotoran dapat tersisih ke satu sisi, dan mempercepat anda dalam proses pembersihan.

4. Setelah di cuci dikeringkan - cara merawat karpet dasar mobil

Finishing yang paling baik adalah dengan mengeringkannya, jangan pasang karpet dalam kondisi basah, karena akan membuat kotoran lebih mudah menempel dan karpet dasar mobil anda semakin kotor. Keringkan dengan air gun, atau bisa juga dengan pengering rambut.

Baca juga : Rem anda bunyi? Ketahui 4 penyebab rem bunyi 
 
Nah, bila anda sudah melakukan ke-empat tips diatas, maka anda sudah mencicil merawat karpet dasar mobil. Semoga karpet dasar mobil anda semakin awet dan nyaman untuk pengendara maupun penumpang dimobil anda.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »