Tipe dan Jenis Ban Mobil

2:27 AM
Tiga Tipe dan Jenis Ban Mobil -  Setiap kendaraan baik motor maupun mobil pasti terdapat roda agar mobil bisa berjalan dengan lancar, roda pada umunya bebentuk bulat dan sangat jarang sekali ada roda yang berbentuk segitiga, kotak, dll bahkan mungkin tidak ada. Roda terdiri dari pelek dan ban.

Ban adalah salah satu bagian pada kendaraan khusunya pada roda yang bersentuhan langsung dengan jalan, ban diisi dengan udara bertekanan supaya dapat dimanfaatkan sebagai peredam getaran atau kejutan sehingga akan menambah kenikmatan maupun kenyamanan mengendarai suatu kendaraan.

Tiga Tipe dan Jenis Ban Mobil
Ban dapat dibagi menjadi tiga jenis atau tipe, yaitu ban bias, ban radial dan ban tubeless. Saya akan jelaskan secara singkat ketiga jenis ban yang telah saya sebutkan diatas.

1. Ban bias
Salah satu tiben ban ini memiliki ciri khas yaitu bentuk lapisan seratnya yang ber arah miring. Ban bias memiliki kelebihan yaitu akan menambah kenyamanan berkendara hal ini disebapkan karena tapak (tread) dengan dapat menyerap getaran/kejutan dengan sangat baik. Tidak ada gading yang tak retak, ban bias ini juga memiliki kekurangan, yaitu ketahanan terhadap keausan dan guncangan (rol) berada dibawah ban radial.


ban bias
Ban bias

2. Ban radial
Berbeda dengan ban bias, ban yang satu ini lapisan seratnya menyilang, tidak arah miring seperti pada ban bias. Ban radial ini sabuknya terbuat dari baja, sehingga ban tipe ini ada yang menyebutnya sebagai ban radial baja. Kebalikannya dari ban bias, ban radial memiliki keuntungan lebih tahan terhadap guncangan dan keausan, tetapi ya itu kenyamanan saat mengendarai mobil kurang.
ban radial
Ban radial

3. Ban dengan ban dalam
Ban tipe ini adalah ban yang sering digunakan pada kendaraan bermotor dan mobil. Kalau tipe ini saya yakin sudah paham semua, oke langsung ke tipe ban yang selanjutnya.

4. Ban Tubeless (Tanpa dalam)
Hampir semua mobil keluaran terbaru menggunakan ban tubeless, ban tubeless merupakan ban yang didalamnya tidak terdapat ban dalam seperti pada ban-ban yang biasa. Ban tubeless ini bagian dalamnya dilengkapi dengan sesuatu lapisan yang akan menahan kebocoran udara, dan akan secara otomatis menghambat kebocoran udara ketika ban tertusuk oleh benda tajam.

Sehingga ketika ban tertusuk oleh benda yang tajam misalnya paku, maka ban tubeless ini tidak langsung kempes sehingga ada waktu kita untuk menambalkan ban ke tukang tambal ban khusus ban tubeless. Pada saat terkena paku, ban tidak langsung kempes ini dikarenakan tread dan linernya akan mencangkeram atau menghimpit paku dengan kuat, sehingga tidak ada celah bagi udara untuk keluar dari ban.

Baca : Cara memeriksa shock absorber mobil

Selain itu juga keuntungan ban tubeless ini adalah transfer radiasi panas yang dihasilkan ketika berjalan akan disalurka dengan rim. Ada 3 hal yang tidak ada pada ban tubeless tetapi ada pada ban dengan ban dalam, yaitu ban dalam, flap dan side ring. Ini akan membuat ban tubeless semakin ringan.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »