Timing Light, Tacho Meter dan Dwell Tester, Alat ukur elektrik

4:49 PM
Timing Light dan Dwell Tester - Pada saat melakukan pekerjaan tune up mobil, saat pengapian dan putaran mesin dan juga sudut dwell sangat perlu untuk diperiksa. Hasil pemeriksaan akan digunakan sebagai analisa apakah mobil tersebut sudah pas setelannya atau belum dan bila belum sesuai dengan standarnya maka perlu dilakukannya pernyetelan supaya performa dari mobil dapat sesuai dengan yang diharapkan oleh pemiliknya. Bila tidak diperiksa maka kemungkinan terjadi kesalahan akan semakin besar, bila tidak tepat maka akan berpengaruh pada performa mobil, konsmsi bahan bakar, dan emisi gas buang. Maka dari itu sistem pengapian, sudut dwell dan rpm perlu untuk diperiksa. Dan alat yang digunakan untuk memeriksanya adalah timing light, dwell tester dan tacho meter. Ketiga alat ukur elektrik ini juga sudah terdapat pada engine tuner.

Alat yang digunakan untuk memeriksa saat pengapian dan sudut dwell adalah timing light dan dwell tester. Pada kesempatan ini kami akan membahas sedikit dari kedua alat ini. Berikut ini merupakan gambar ilustrasi dari kedua alat ini.
Timing Light, Tacho Meter dan Dwell Tester
Timing Light, Tacho Meter dan Dwell Tester

Timing light
Alat ini berfungsi untuk memeriksa ignition timing yang berarti saat pengapian pada mobil yang berbahan bakar bensin. Saat pengapian merupakan saat dimana busi mulai memercikkan bunga api, dimana apabila ignition timingnya tidak sesuai maka akan menimbulkan suatu masalah baru, contoh saja apabila ignition timingnya terlalu maju, maka bahan bakar dan udara terbakar lebih awal yang mana membuat tekanan pembakaran maksimalnya terjadi sebelum piston berada di tma. Jadi ketika piston akan naik, sudah didorong oleh tekanan yang besar hasil pembakaran. Ini dinamakan dengan knocking yang dapat merusak torak, connecting rod, bantalan-bantalan dan lain sebagainya.

Dengan alasan itulah, saat pengapian harus diperiksa dan disetel. Timing light biasanya terdiri dari tiga kabel, 2 kabel dihubungkan dengan sumber arus (baterai), dan kabel satunya dihubungkan dengan kabel busi silinder no 1. Ada juga timing light yang menjadi satu paket dengan engine tuner, pada prinsipnya juga sama biasanya terdiri dari 2 kabel, kabel yang pertama dihubungkan dengan engine tuner dan yang kedua dihubungkan dengan kabel busi silinder no 1.

Tanda saat pengapian biasanya terletak di pulley poros engkol, tetapi ada juga yang berada pada roda gila (fly wheel).

Tacho Meter dan Dwell Tester
Tacho meter berfungsi untuk mengukur rpm atau putara mesin, biasanya antara dweel tester dan tacho meter dijadikan satu, dan penyambungan kabelnya pun sama. Kita tinggal memilih selector ke sudut dwell atau rpm.
Lanjut dengan dwell tester, kalau alat ini sesuai dengan namanya yaitu digunakan untuk memeriksa sudut dwell, dwell angle ini merupakan sudut yang terbentuk ketika platina menutup (lamanya platina menutup) atau juga bisa disebut dengan sudut  menutup dari cam breaker point.

Dwell tester biasanya terdiri dari 3 buah kabel, kabel hitam dan merah dihubungkan aki/baterai, dan kuning/hijau dapat terminal minus koil pengapian/ignition coil.
Sekian saja artikel tentang timing light, tacho meter dan dwell tester, semoga menjadi tambahan ilmu bagi kita semua.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »