Penyebab dan cara mengatasi rem mobil ngocok

3:11 PM
Penyebab dan cara mengatasi rem mobil ngocok - Pernahkan anda mengalami rem ngocok? Rem ngocok merupakan suatu kondisi dimana anda harus menginjak rem mobil berulang kali untuk mendapatkan pengereman. Kondisi ini tentu membuat kita menjadi was-was, untuk itulah pada kesempatan kali ini bisaotomotif.com share mengenai penyebab rem ngocok. Selain penyebab yang perlu anda ketahui, cara mengatasinya pun juga perlu anda ketahui.

Penyebab rem ngocok

Ada beberapa penyebab rem ngocok, dan berikut adalah beberapa penyebab rem ngocok.

Penyebab dan Cara Mengatasi Reng Ngocok
Penyebab dan Cara Mengatasi Reng Ngocok
1. Adanya udara palsu didalam sistem
Adanya udara palsu ini akan membuat tekanan pedal tidak diteruskan ke wheel silinder, dan perlu penekanan berkali kali agar piston pada silinder roda dapat bergerak dan mendorong kampas (terjadi pengereman). Sementara itu penyebab adanya udara palsu dalam sistem ini adalah karena terjadinya kebocoran, kualitas minyak rem yang buruk, dan minyak rem yang panas.

2. Kampas rem yang sudah aus dan penyetelan rem yang tidak tepat
Bila kampas rem aus, dapat menyebabkan rem ngocok. Hal ini terjadi pada jenis rem tromol yang tidak disertai dengan penyetelan otomatis. Bila kampas rem aus atau penyetelan yang tidak sesuai, maka dibutuhkan beberapa kali injakan untuk membuat kampas bersentuhan dengan tromol.

Baca juga : Penyebab rem mobil blong

Mungkin dua hal itulah yang menjadi penyebab utama rem ngocok. Sementara untuk cara mengatasinya anda dapat melakukan hal berikut.

1. Cara mengatasi rem ngocok yang disebabkan oleh adanya udara palsu
Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memeriksa apa penyebab adanya udara palsu didalam sistem, entara itu karena bocor, atau sebab yang lainnya. Bila sudah ketemu, perbaiki penyebabnya dulu baru dilakukan bleeding (pembuangan udara palsu dari dalam sistem).

2. Cara mengatasi rem ngocok akibat kampas rem aus dan penyetelan yang tidak sesuai
Periksa kampas rem, apakan sudah aus atau belum. Bila belum aus, anda hanya perlu menyetel ulang rem mobil anda. Dan bila sudah aus, maka anda perlu menggantinya dan menyetelnya.

Baca juga : Penyebab rem mobil bunyi

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »