Penyaluran Bahan Bakar Dengan Injection Pump Tipe In Line

2:08 AM
Penyaluran Bahan Bakar Dengan Injection Pump Tipe In Line - Berbicara masalah sistem bahan bakar pada motor diesel, maka tidak lepas dari komponen utamanya yaitu pompa injeksi. Setidaknya ada dua jenis dari pompa injeksi pada motor diesel, yang pertama adalah tipe in line dan yang kedua adalah tipe distributor.

Injection pump pada mesin diesel sering disebut juga dengan boschpump, karena dulunya merk/brand yang paling laku dan terkenal adalah bosch. Penyaluran bahan bakar dimulai dari tangki bahan bakar sampai dengan nozzle injection. Oke mari kita lihat gambar dibawah ini untuk memperjelas perihal sistem bahan bakar mesin diesel :

Penyaluran Bahan Bakar Dengan Injection Pump Tipe In Line
Penyaluran Bahan Bakar Dengan Injection Pump Tipe In Line

Penyaluran Bahan Bakar Dengan Injection Pump Tipe In Line
Penjelasan dan keterangan dari gambar dijelaskan di bawah ini :
Komponen no 1. Tangki bahan bakar. Mula-mula bahan bakar diesel atau solar berasal dari komponen yang satu ini, fuel  tank memiliki fungsi yang sama dengan tangki-tangki lainnya yaitu untuk menampung bahan bakar yang diperlukan dalam proses pembakaran mesin.

Komponen no 2. Feed pump (priming pump). Bagian ini terdiri dari dua macam komponen yang memiliki fungsi berbeda, yang pertama adalah feed pump yang berfungsi untuk menghisap bahan bakar dari tangki, kemudian memompakannya ke pompa injeksi. Kemudian priming pump yang berfungsi untuk memisahkan dan mengeluarkan udara palsu dari sistem bahan bakar diesel.

Komponen no 3. Fuel filter dan water sedimenter. Namanya aja filter, pasti digunakan untuk menyaring solar dari kotoran-kotaran yang terdapat pada sistem bahan bakar. Kemudian water sedimenter berfungsi untuk memisahkan solar dengan air.

Komponen no 4. Injection pump merupakan komponen yang paling penting pada sistem bahan bakar, fungsinya adalah untuk meningkatkan tekanan bahan bakar yang menuju injection nozzle untuk dikabutkan, di dalam pompa injeksi juga terdapat komponen mechanical governor (komponen no 5) memiliki fungsi mengatur banyak sedikitnya jumlah bahan bakar serta automatic timer (komponen no 6) yang berfungsi untuk mengatur waktu penginjeksian sesuai dengan putaran mesin.

Komponen no 7. Injection Nozzle (Pengabut) sesuai dengan namnya fungsinya yaitu untuk mengabutkan bahan bakar supaya mudah terbakar di dalam ruang bakar mesin.

Komponen no 8. Pipa tekanan tinggi. Seperti pipa pada umumnya yang berfungsi untuk mengalirkan, dalam hal ini mengalirkan solar menuju injection nozzle masing-masing silinder.

Komponen no 9. Glow plug komponen ini bekerja pada saat mesin masih dingin, terutama di pagi hari sebelum mesin dihidupkan. Busi pijar atau glow plug memiliki fungsi untuk memanaskan ruangan pre chamber.

Komponen no 10. Battery (aki). Fungsinya saya yakin sudah tahu semuanya, pada sistem bahan bakar diesel aki berperan untuk mengalirkan arus listrik ke glow plug agar dapat bekerja.

Komponen no 11 dan 12 Kunci kontak dan Relay

Saya kira sudah cukup jelas mengenai penyaluran bahan bakar dengan injection pum tipe in line, bila ada yang masih bingung bisa tanyakan saya di kolom komentar. Saya akan menjawab apa yang bisa saya jawab, bila tidak bisa mohon maklum, he he.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »