Pemeriksaan Sistem Pendingin Saat Tune Up Mobil

10:11 PM
Pemeriksaan Sistem Pendingin Pada Saat Tune Up Mobil - Pada kesempatan sebelumnya sudah dibahas mengenai sistem pendingin pada mobil, dimana pada postingan tersebut sudah kami jelaskan pentingnya sistem pendingin pada suatu kendaraan baik itu motor maupun mobil. Sistem pendingin berguna untuk mendinginkan mesin agar tetap bekerja normal dan tidak mengalami gangguan. Bila mesin tidak didinginkan, maka akan membuat ia panas berlebihan. Ini sungguh membahayakan untuk mesin itu sendiri, panas berlebihan atau over heating ini dapat membuat silinder kop (kepala silinder) melengkung yang pada akhirnya akan membuat oli dan air bercampur dan akhirnya akan macet.

Karena tugasnya yang sangat penting, maka sistem pendingin merupakan salah satu sistem yang wajib diperiksa saat melakukan tune up mobil. Lalu apasajakah pemeriksaan pada sistem pendingin, berikut ini kami sebutkan beberapa pemeriksaan sistem pendingin pada saat melakukan tune up mobil :

Pemeriksaan Sistem Pendingin Pada Saat Tune Up Mobil

Berikut ini merupakan pemeriksaan yang dilakukan :

1. Pemeriksaan secara visual
Pemeriksaan yang sistem pendingin yang dilakukan pada saat tune up yang pertama adalah pemeriksaan secara visual. Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan kebocoran, kerusakan pada kisi-kisi atau bagian lainnya, selang kendor, dan lain sebagainya.

2. Pemeriksaan kuantitas dan kualitas air pendingin
Pemeriksaan yang kedua adalah mengenai air pendingin, baik itu kuantitas maupun kualitas. Periksa jumlah air radiator pada radiator dan juga reservoir  tank. Pastikan jumlahnya cukup, bila kurang langsung saja ditambah. Ingat, menambah air pendingin pada reservoir tank jangan melebihi garis full yang ada pada wadahnya, bila melebihi akan terjadi trouble. Selain dari segi kuantitas, dari segi kualitasnya pun perlu diperiksa. Bila air pendingin sudah kotor, mengandung oli, karat lebih baik diganti dengan yang baru. Akan lebih maksimal bila diganti dengan cairan khusus atau yang biasa disebut dengan radiator coolant.

3. Periksa kebocoran sistem pendingin dengan radiator tester
Walaupun sudah dilakukan pemeriksaan kebocoran secara visual, perlu dilakukan pemeriksaan kebocoran dengan alat pengetes. Karena walaupun tidak terjadi kebocoran secara visual, mungkin bisa jadi terjadi kebocoran ketika diberi tekanan pada radiatornya. Kita tahu bahwa radiator ini bila suhu meningkat, maka tekanannya pun juga meningkat. Untuk memeriksa kebocoran radiator ini dapat dilakukan dengan radiator tester, pada prinsipnya radiator akan diberi dengan tekanan tertentu, kemudian apabila ditemukan air menetes pada tempat tertentu dan tekanan pada manometer alat radiator tester maka dapat dipastikan terjadi kebocoran sistem pendingin. Pada buku manual toyota kijang seri k, tekanan yang digunakan adalah 1,2 kg/cm2. Dan mungkin setiap mobil berbeda-beda, untuk lebih tepatnya bisa dilihat spesifikasinya yang terdapat pada tutup radiatornya.
Pemeriksaan Kebocoran Sistem Pendingin
Pemeriksaan Kebocoran Sistem Pendingin

4. Pemeriksaan kerja tutup radiator (tekanan pembukaan katup)
Masih menggunakan alat yang sama, namun orang menyebut alat ini dengan radiator cup tester. Pengetesan ini merupakan pemeriksaan tekanan pembukaan katup tekan, artinya jika katup radiator diberi tekanan tertentu maka dia harus segera membuka. Lihat berapa tekanan yang tertulis pada tutup radiator, misal saja 0,9 bar. Maka di tekanan 0,9 bar ini katup tekan pada tutup radiator harus membuka, ciri membuka adalah tekanan akan turun dengan sendirinya pada tekanan 0.9.

Mungkin itu yang paling penting untuk diperiksa ketika melakukan tune up mobil, jangan lupa untuk selalu merawat mobil anda agar lebih awet dan performa lebih maksimal.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
April 20, 2016 at 10:26 AM delete

makasi mas bro... bisa menambah pengetahuan

Reply
avatar