Ketahui Fungsi dan Bagian-bagian Piston Mobil

5:22 PM
Ketahui Fungsi dan Bagian-bagian Piston Mobil - Salah satu komponen utama mesin adalah piston. Piston atau torak ibaratkan seperti pada jantung manusia, dimana pusat pengolahan tenaga dilakukan oleh komponen ini. Pada motor 4 tak dalam siklus kerjanya, piston akan naik dan  turun masing-masing 2 kali. Naik dua kali, dan turun pun dua kali. Sedangkan pada motor 2 tak dalam satu siklus kerjanya piston hanya naik 1 kali dan turun 1 kali. Saya bukan akan membahas tentang siklus kerja dari motor 4 tak dan 2 tak, melainkan fungsi dan bagian-bagian dari piston mobil.

Fungsi Piston atau torak

Kita pasti sudah sering mendengar tentang piston ini, lalu sebenarnya apa sih kegunaan dari torak atau piston ini. Berikut ini merupakan 3 fungsi utama dari piston :

1. Menghisap, mengkompresi campuran udara dan bahan bakar (disingkat cubb) yang baru, dan membuang gas buang
Seperti yang sudah saya katakan diatas tadi, bahwa di dalam silinder torak akan naik sebanyak dua kali dan demikian juga akan turun dua kali juga. Piston mula-mula akan turun untuk menghisap cubb, kemudian akan mengkopresinya dengan gerakan keatas, setelah itu terjadi langkah usaha menyebapkan piston turun lagi, dan kemudian naik lagi untuk mendorong gas buang keluar dari silinder.
 
2. Merubah tekanan hasil pembakaran menjadi gaya dorong pada batang torak
Piston akan menerima secaa langsung tekanan hasil pembakaran ketika langkah usaha, gaya tekan dorong gas hasil langkah usaha ini kemudian akan diteruskan oleh torak ke batang torak (connecting rod) dan selanjutnya gaya kebawah ini diubah menjadi gerak putar oleh poros engkol. Gerak putar ini akan disalurkan lagi melalui sistem pemindah tenaga yang pada akhirnya sampai ke roda roda mobil, inilah yang menyebapkan mobil dapat berjalan.

3. Mengatur pemasukan dan pembuangan gas pada motor 2 tak
Fungsi piston yang selanjutnya hanya terdapat pada motor 2 tak, ini tidak berlaku pada motor 4 tak. Pada motor 2 tak tidak terdapat katup masuk dan buang, melainkan hanya berupa lubang yang dibuka dan ditutup oleh piston ketika naik turun. Untuk lebih jelasnya dapat anda baca atau pelajari lagi materi tentang siklus kerja motor 2 tak.

Bagian-bagian / komponen piston (torak)

Perhatikan kontruksi dari piston berikut ini :
Bagian-bagian Piston (Torak)
Bagian-bagian Piston (Torak)

Keterangan gambar :
  1. Puncak piston
  2. Bidang api
  3. Alur ring piston
  4. Pinggang piston
  5. D : Diameter piston
  6. Tk : Tinggi kompresi
  7. Dp : Diameter piston pin
Sepertinya cukup sekian saja artikel tentang ketahui fungsi dan bagian-bagian piston mobil, semoga dapat memberi manfaat.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »