Fungsi dan Kontruksi Ring Piston (Pegas Torak)

6:37 AM
Fungsi dan Kontruksi Ring Piston (Ring Kompresi & Ring Oli) - Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas mengenai fungsi dan kontruksi piston pada mobil dan motor, yang mana pada postingan tersebut juga sudah saya sebutkan tentang bagian-bagian dari piston. Pada piston terdapat alur yang digunakan sebagai dudukan dari ring piston. Umumnya ring piston ini jumlahnya terdapat 3, yang terdiri dari 2 ring kompresi dan 1 ring oli. Keduanya mempunyai fungsi yang berbeda-beda, dan berikut bisaotomotif.com beri penjelasan tentang kedua jenis ring piston.

Fungsi ring piston

Kegunaan dari ring piston adalah untuk :

1. Sebagai perapat antara piston dengan dinding silinder
Fungsi ring piston yang pertama adalah sebagai perapat antara piston dengan dinding silinder, tujuannya adalah agar tidak terjadi kebocoran gas (campuran udara dan bahan bakar) pada saat langkah kompresi dan langkah buang.

Ring piston yang melayani fungsi ini adalah ring kompresi. Bila ring piston ini sudah aus, maka akan terjadi kebocoran kompresi yang akan berakibat mobil tidak bertenaga dan bila dicek tekanan kompresinya akan lebih kecil dari standarnya.

2. Mencegah oli masuk ke ruang bakar
Fungsi kedua dari ring piston adalah mencegah oli masuk ke ruang bakar, oli dibutuhkan sebagai pelumasan ketika piston bergerak naik dan turun. Dan bila tidak ada ring piston ini, maka oli dapat ikut masuk dan terbakar di ruang bakar, sehingga oli boros (cepat habis), asap di knalpot berwarna putih dan berbau oli yang terbakar.

3. Mengikis kelebihan oli pada dinding silinder
Fungsi ring piston yang ketiga adalah untuk mengikis kelebihan oli pada dinding silinder, setiap piston naik maka ring oil ini akan memberikan lapisan oli pada dinding-dinding silinder, dan ketika piston turun maka ring kompresi yang akan mengikisnya agar tidak tertinggal dan terbakar di ruang bakar.

4. Memindahkan panas dari piston ke dinding silinder untuk membantu mendinginkan piston
Ring piston dibuat dari bahan yang bersifat konduktor, atau bisa menyalurkan panas. Maka salah satu fungsi ring piston adalah sebagai konduktor dengan kata lain memindahkan panas dari piston ke dinding silinder sehingga membantu dalam proses pendinginan piston.

5. Membentuk lapisan oli yang tipis pada dinding silinder
Ini merupakan fungsi dari ring oli (pegas oli) yang mana fungsinya adalah memberikan oli dan membentuk lapisan tipis oli di dinding silinder. Pembentukan lapisan ini terjadi ketika piston bergerak naik, sedangkan ketika piston bergerak turun ring piston akan mengikis lapisan oli tersebut.

Kontruksi ring piston (pegas torak)

Ring piston ini berbentuk seperti cincin yang terpotong, yang mana potongannya ini berbentuk potongan lurus (staight cut), potongan miring (diagonal cut) dan juga potongan bertingkat atau step cut. Agar lebih jelas bisa perhatikan gambar dibawah ini :

Fungsi dan Kontruksi Ring Piston (Pegas Torak)
Fungsi dan Kontruksi Ring Piston (Pegas Torak)
Seperti yang terlihat pada gambar diatas, bahwa ring piston ini dipasang pada alur yang terdapat pada piston atau torak. Ring piston ini bila dipasang pada alurnya (pada piston) akan memiliki diameter yang lebih besar, sehingga dapat menekan dinding silinder ketika piston sudah terpasang di mesin. 

Ring piston ini juga terdapat celah, yang disebut dengan ring end gap. Besar celah ini berbeda-beda tergantung mesin yang digunakan, di kendaraan toyota celah ini umumnya sekitar 0,2 sampai 0,5 mm. Celah ini juga diperiksa pada saat melakukan overhaul, apakah masih sesuai dengan spesifikasinya atau tidak. Jika sesuai maka tidak perlu diganti, dan bila belum sesuai maka harus diganti. Celah yang terlalu besar akan membuat kompresi bocor, oli dapat masuk ke ruang bakar dan mesin tak bertenaga. Sedangkan celah yang terlalu kecil bisa berakibat pada patahnya ring piston, karena terlalu besar tekanannya dan tidak ada ruang yang tersisa.


Ring piston ini tidak dibuat dari bahan sembarangan, ring piston harus terbuat dari bahan dasar yang tahan terhadap panas, tidak mudah aus dan tahan lama. Biasanya pegas torak ini terbuat dari bahan besi tuang spesial yang berkualitas, sehingga tidak mudah aus, tahan lama dan tidak merusakan dinding silinder.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »