Fungsi Radiator Cup Tester

2:19 AM
Inilah Fungsi Radiator Cup Tester - Sebelum menulis artikel ini saya sedikit kebingungan tentang nama yang benar dari alat ini, apakah menggunakan kata cup atau cap tester. Tetapi itu bukan menjadi penghalang untuk saya berbagi, dan yang penting sore hari ini saya bisa share tentang alat ini. Di internet kata keduanya dipakai untuk menjelaskan alat ini, jadi apabila anda mengetahuinya kata mana yang paling benar bisa share dengan berkomentar di postingan kali ini.

Sudah ketemu jawabannya, ternyata yang benar adalah cup, karena bahasa inggris sehingga dibacanya cap. He he..

Pada saat melakukan tune up mobil, pasti ada pemeriksaan yang berhubungan dengan sistem pendingin mobil, dari mulai kebocoran sistem, kerusakan selang, radiator, tekanan pembukaan katup pada tutup radiator dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara merawat radiator mobil

Salah satu dari pemeriksaan sistem pendingin (cooling system) tadi adalah pemeriksaan kerja dari tutup radiator, lebih tepatnya adalah katup tekan pada radiator. Alat yang digunakan adalah radiator cup tester. Jadi fungsi alat ini adalah digunakan untuk memeriksa kerja dari katup tekan (pressure valve) pada tutup radiator. Prinsipnya hampir sama dengan pemeriksaan kebocoran sistem pendingin, kita akan memberikan tekanan sampai tekanan itu turun dengan sendirinya, artinya kita mencari titik tekanan dimana katup tekannya sudah membuka.

Radiator cup tester
Radiator cup tester

Biasanya spsesifikasi tekanan pembukaan katup tutup radiator ada pada bagian samping tutup radiator,  yang biasa saya jumpai adalah 0.9 bar. Radiator cup tester ini biasanya menjadi satu set dengan radiator tester atau alat yang digunakan untuk memeriksa kebocoran sistem pendingin. Dari internet satu set ini bernama radiator pressure tester kit.

Masalah harga dari alat ini bervariasi, tergantung dari merk dan kelengkapan isinya. Yang bagus bisa mencapai 1-2 juta rupiah, tetapi ada juga yang standar dengan harga dibawah 1 juta. Untuk membeli alat ini bisa klik di sini.

Dalam satu set radiator pressure tester kit ini sudah berisi beberapa macam bagian dan komponen utama seperti adapter, join, hose dan coupler, pressure gauge dan lain sebagainya. Dan berikut ini merupakan gambar radiator cap tester untuk memperjelas tentang alat ini.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »