Fungsi Lampu Hazard Pada Mobil

10:37 PM
Fungsi Lampu Hazard Pada Mobil - Jika anda sudah lihai dalam mengemudi pasti tidak asing lagi dengan tombol merah ada gambar segitiga putih yang terdapat di dashbord. Apabila tombol ini ditekan oleh anda,  apa yang terjadi? Ya, kedua lampu sein akan menyala dan berkedip bersamaan. Inilah yang disebut dengan lampu hazard.

Sering kali banyak ditemui pengguna jalan yang salah dalam menggunakan lampu hazard ini, sebenarnya apa sih kegunaan dari lampu hazard ini? Berikut bisaotomotif.com merangkumnya dalam artikel fungsi lampu hazard pada mobil.

Pengertian dan fungsi lampu hazard

Dilihat dari namanya sebenarnya sudah kita ketahui fungsinya, kata hazard merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris yang mempunyai arti bahaya atau resiko. Jadi fungsi dari lampu hazard ini adalah sebagai lampu peringatan bahwa mobil yang menyalakan lampu hazard tersebut sedang bahaya dan membutuhkan prioritas.

Bila anda perhatikan seringkali ada mobil yang kalau ingin lurus ia menyalakan lampu hazard. Padahal fungsi utama dari lampu hazard ini bukan untuk itu, tetapi sebagai lampu peringatan kalau mobil tersebut sedang darurat atau babaya. Berikut kami berikan contoh penggunaan lampu hazard.

Fungsi Lampu Hazard Pada Mobil
Fungsi Lampu Hazard Pada Mobil

Lampu hazard ini dapat anda nyalakan pada saat mobil yang anda tumpangi dalam keadaan darurat/bahaya dan mengharuskan anda untuk menepi di pinggir jalan. Sebagai contoh keadaan darurat yang diwajibkan untuk menghidupkan lampu hazard ini seperti mobil mogok, ban bocor sehigga harus digati atau setelah terjadi kecelakaan lalu lintas.
  
Cara menghidupkan lampu hazard ini adalah dengan menekan tombol hazard. Lampu hazard ini berfungsi untuk memberi tanda/sinyal peringatan kepada pengemudi yang lain ketika ada kendaraan yang sedang berhenti di pinggir jalan, darurat atau berbahaya. 
Penggunaan lampu hazard ini sudah diatu pada sebuah Undang-undang o 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, PASAL 121 ayat 1 yang mempunyai makna bahwa :
Setiap Pengemudi Kendara Bermotor (Mobil/Truk dll) diwajibkan untuk memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya (lampu hazard), atau isyarat yang lainnya ketika berhenti atau parkir di Jalan pada saat keadaan darurat/bahaya.
Baca juga : Cara merawat kaca film mobil
Kira-kira sudah paham belum mengenai lampu hazard ini, lampu ini boleh dinyalakan hanya pada saat darurat berhenti di Jalan, dan bukan ketika berjalan untuk mengisyaratkan bahwa kendaraan akan lurus (tidak berbelok). Karena anda sudah mengerti, maka gunakan lampu ini sesuai dengan fungsinya, sehingga tidak membingungkan pengemudi lainnya yang sudah megerti fungsi yang sebenarnya dari lampu hazard ini.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »