Fungsi Karburator Pada Mobil dan Motor

10:27 PM
Mau Tahu Fungsi Karburator Mobil dan Motor Lihat Disini - Pada sistem bahan bakar yang masih konvensional atau menggunakan karburator, jumlah bahan bakar yang masuk ke raung bakar tidak setepat pada mesin yang sudah injeksi. Selain itu juga pada sistem bahan bakar konvensional penentuan jumlah bahan bakar dan campuran udara tergantung dari besarnya throtle valve membuka.

Berbeda dengan yang sudah injeksi, penentuan jumlah bahan bakar diatur oleh komputer yang menerima laporan atau sinyal dari berbagai sensor-sensor. Sensor-sensr tersebut contohnya, sensor oksigen, throthle position sensor, knocking sensor, air temperatur sensor dan lain sebagainya. Dengan banyak sensor-sensor inilah, maka jumlah bahan bakar yang dikabutkan keruang bakar dalam jumlah yang tepat. Jadi mesin injeksi akan lebih irit dan ekonomis bila dibandingkan dengan mesin yang masih menggunakan sistem bahan bakar konvensional.

Ngomong-ngomong tentang karburator, sebernarnya apa sih fungsi dari karburator ini. Fungsi karburator pada mobil dan motor fungsinya adalah sama, tetapi mungkin kelengkapannya saja yang berbeda. Berikut ini ulasan singkatnya :

Fungsi Karburator Pada Mobil dan Motor
Fungsi Karburator Pada Mobil dan Motor

Fungsi Karburator
Mengatur jumlah campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke silinder mesin. Salah satu bagian di dalam karburator adalah air bleeder yang fungsinya sebagai tempat mencampur bahan bakar dan udara sehingga sehingga membentuk pengabutan yang halus. Di dalam karburator terdapat beberapa macam sistem yang mana sistemm-sistem ini berfungsi untuk menghasilka campuran udara dan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin, sehingga lebih irit bahan bakar.
Di dalam karburator terdapat main nozzle, melalui main nozzle ini bahan bakar akan keluar dari sistem pelampung. Main nozzle terletak diventuri, yang mana venturi ini berfungsi untuk menurunkan tekanan udara yang melaluinya sehingga tekanannya akan turun/rendah dan bensin akan terhisap dan keluar melalui main nozzle ini. Untuk lebih jelasnya silahkan pahami dulu tentang prinsip kerja dari karburator.

Karburator dapat dibagi menjadi beberapa macam, menurut arah aliran udaranya karburator dibagi menjadi arus turun, arus naik dan arus datar. Karburator juga dapat dibedakan dari jumlah venturinya, ada venturi tetap dan ventury variable. Venturi tetap dibagi lagi menjadi dua, ada yang jumlahnya satu dan ada yang jumlahnya double (2).

Baca juga : Penyebab mobil turun mesin

Saya hanya mengingatkan saja, bahwa sebagian orang sering salah dalam menyebut komponen ini, mereka sering menyebutnya dengan nama karburasi. Padahal karburasi bukan merupakan nama komponennya melainkan cara kerjanya, seperti halnya distributor dan distribusi. Distributor adalah komponennya dan distribusi adalah kerjanya. Jadi nama yang benar adalah karburator, bukan karburasi.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »