Fungsi Fly Wheel (Roda Penerus)

2:27 PM
Fungsi Fly Wheel (Roda Penerus) - Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas mengenai fungsi dan kontruksi dari poros engkol. Yang mana crank shaft atau poros engkol ini akan merubah gerak lurus piston menjadi gerak bolak balik. Poros engkol berhubungan langsung dengan flywheel. Itu artinya apabila poros engkol berputar maka roda gila atau roda penerus ini juga akan berputar.

Lalu apa sih sebenarnya fungsi dari roda penerus ini? Berikut bisaotomotif.com merangkumnya dalam artikel yang berjudul fungsi fly wheel (roda penerus).

Fungsi fly wheel (roda penerus)

Fungsi Fly Wheel (Roda Penerus)
Fungsi Fly Wheel (Roda Penerus)
Roda gila atau fly wheel pada mesin memiliki fungsi yaitu untuk menyimpan tenaga putar, yag dihasilkan mesin pada saat melakukan langkah usaha. Tujuannya agar crank shaft tetap berputar dan melakukan langkah langkah lainnya.

Roda penerus akan menyimpan tenaga putar yang dihasilkan ketika langkah usaha, agar poros engkol dapat berputar dan melakukan proses langkah lainnya seperti langkah buang, langkah hisap dan juga langkah kompresi. Sehingga akan membuat mesin dapat berputar dengan lembut.

Bahan dasar dari roda penerus (fly wheel) adalah besi tuang yang mempunyai kualitas tinggi, fly wheel ini diikat oleh baut di bagian belakang crank shaft.
 
Pada roda gila ini dilengkapi dengan ring gear yang berguna sebagai perkaitan dengan gigi pinion dari motor starter. Jadi ketika motor starter dihidupkan, maka pinion pada motor starter akan berhubungan dengan ring gear dan memutar ring gear sehingga mobil akan hidup.

Pada transmisi otomatis, roda penerus ini tidak kita temukan, karena sudah digantikan dengan torque converter.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »