Fungsi dan macam macam lampu kepala (head lamp)

5:32 PM
Fungsi dan macam macam lampu kepala (head lamp) - Setiap mobil yang masih standar pasti ada lampu kepala di bagian depannya. Dinamakan lampu kepala mungkin karena terletak di depan, dan merupakan lampu utama dari sebuah mobil sebagai penerang jalan terutama ketika di malam hari.

Lampu kepala ini biasanya terdiri dari lampu dekat dan lampu jauh. Lampu kepala dekat berarti jangkauan cahaya/sinar yang dipancarkan tidak sejauh lampu jauh. Umumnya juga lampu dekat memiliki daya yang lebih kecil bila dibandingkan dengan lampu jauh, sehingga dari cahaya yang dihasilkan lampu jauh pasti lebih terang dari lampu dekat.

Nah, pada kesempatan kali ini bisaotomotif.com akan share mengenai fungsi dan bagian bagian dari lampu kepala atau head lamp ini.

Fungsi lampu kepala (head lamp)

Lampu kepala atau yang sering disebut dengan head lamp ini berfungsi sebagai lampu yang menerangi jalan di bagian depan kendaraan. Umumnya lampu kepala terdiri dari lampu dekat dan lampu jauh, dan kita bisa mengaturnya melalui saklar yang disebut dengan dimmer switch.

Ketika lampu kepala hidup, maka lampu kota (tail light) juga dalam kondisi hidup. Sebaliknya, ketika lampu kota saja yang dihidupkan maka lampu kepala tidak hidup.

Macam-macam dan bagian bagian lampu kepala pada mobil

Lampu kepala berdasarkan kontruksinya dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu tipe sealed bem dan tipe semi sealed beam. Berikut kami jelaskan kedua tipe dari lampu kepala tersebut :

1. Lampu kepala tipe sealed beam
Lampu kepala jenis ini, bolamp lampu yang berada di dalam lampu kepala terpasang menjadi satu dengan lampu kepala tersebut. Semuanya menjadi satu dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain, artinya jika bolamp lampunya mati maka tidak dapat hanya mengganti bolamp lampunya saja, melainkan satu unit lampu kepala tersebut. Dapat juga didefinisikan sebagai suatu lampu kepala yang menggunakan filamen reflektor dan kaca bias dirakit menjadi satu tidak bisa dibuka-buka. Kalau satu filamen rusak semua unit perlu diganti.

2. Lampu kepala tipe semisealed beam
Lampu kepala tipe semisealed beam berbeda dengan tipe sealed beam. Perbedaannya terletak pada kontruksinya, kalau pada tipe semisealed beam bola lampunya dapat diganti ketika mati. Sehingga akan lebih memudahkan, dan tentunya lebih irit bila dilihat dari segi biaya.

Penggantian bola lampunya pun sangat cepat dan mudah, bola lampu untuk lampu kepala tipe semisealed beam ada dua yaitu tipe biasa dan tipe Quartz halogen. Untuk bagian-bagian dari lampu kepala tipe ini dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :
Lampu kepala tipe semisealed beam
Lampu kepala tipe semisealed beam
Keterangan gambar :
  1. Lampu pijar
  2. Reflektor
  3. Kaca bias
  4. Pemegang lampu kepala
  5. Tutup lampu pijar

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »