Fungsi dan Komponen Sistem Pelumasan

4:52 AM
Fungsi dan Komponen Sistem Pelumasan - Salah satu sistem yang sangat penting, dan ada pada mobil dan motor adalah sistem pelumasan. Sistem pelumasan ini terdapat beberapa komponen utama seperti pompa oli, filter (saringan) oli, oil pan, dan pengatur tekanan oli. Nah pada kesempatan kali ini bisaotomotif.com akan share tentang fungsi dan komponen sistem pelumasan, berikut ini adalah penjelasan dari kami :

Fungsi Sistem Pelumasan

Dari namanya sebenarnya sudah diketahui kegunaan dari sistem pelumasan ini. Fungsi dari sistem pelumasan ini adalah untuk :
Sistem pelumasan berfungsi untuk mensirkulasikan oli pelumas agar melumasi, membentuk oil film, membantu mendinginkan, merapatkan, mengeluarkan kotoran dan mencegah karat pada bagian-bagian mesin. Sistem pelumasan juga menjamin oli terhindar dari kotoran, karena sistem pelumasan dilengkapi dengan filter oli.

Fungsi dan Komponen Sistem Pelumasan
Fungsi dan Komponen Sistem Pelumasan
Bicara tentang sistem pelumasan, maka tidak terlepas dari oli pelumas. Sebenarnya ada berapa sih fungsi dari oli peluamas itu. Berikut adalah fungsi dari oli pelumas :
  • Oli akan membentuk oil film yang berguna untuk mencegah terjadinya kontak langsung antar logam, mengurangi gesekan dan mencegah panas yang berlebihan. Bila komponen logam yang saling bergesekan tidak dilapisi dengan oli maka akan menyebabkan beberapa hal, seperti keausan, kerusakan dan panas yang berlebihan.
  • Oli pelumas berfungsi juga untuk membantu mendinginkan komponen mesin yang dilewatinya
  • Oli pelumas juga berfungsi sebagai perapat antara piston dengan bagian dinding silinder
  • Oli mesin akan mengangkut dan mengeluarkan kotoran dari bagian mesin
  • Oli pelumas juga berguna dalam mencegah terjadinya karat pada komponen mesin 
Komponen-komponen sistem pelumasan
Sistem pelumasan terdiri dari :
  • Oli pelumas : pada intinya berfungsi untuk melumasi bagian-bagian mesin, dan fungsi yang lainnya dapat anda lihat di bagian atas ini.
  • Pompa oli : berfungsi untuk memompa oli pelumas agar dapat bersirkulasi dan melumasi seluruh komponen-komponen mesin.
  • Filter oli : berfungsi untuk menyaring oli mesin dari berbagai jenis kotoran

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »