Cara Memeriksa Sudut Dwell Dengan Dwell Tester

5:25 PM
Cara Memeriksa Sudut Dwell Dengan Dwell Tester - Pada sistem pengapian konvensional yang masih menggunakan distributor yang didalamnnya terdapat platina (breaker point), maka sudut dwell merupakan hal yang wajib untuk diperiksa. Dwell angle atau sudut dwell ini merupakan sudut lamanya platina menutup, atau dengan kata lain sudut lamanya arus primer mengalir. Alat yang digunakan untuk memeriksa sudut dwell disebut dengan dwell tester.

Sudut dwell yang tidak sesuai bisa berakibat buruk bagi mesin, biasanaya gejala umum yang timbul karena sudut dwell ini tidak sesuai adalah mesin sukar untuk hidup, bahkan jika parah mesin tidak mau hidup. Sehingga sudut dwell ini sangat perlu untuk di setel.

Pada saat melakukan tune up mobil khususnya pada mobil lama yang masih menggunakan platina sebagai pemutus arus primer, pasti dilakukan pemeriksaan dan penyetelan sudut dwell ini. Dan berikut bisaotomotif.com akan share tentang cara melalakukan pemeriksaan sudut dwell dengan dwell tester.

Cara Memeriksa Sudut Dwell Dengan Dwell Tester

1. Sebelumnya pastikan celah platina sudah tepat menurut anda, jika belum silahkan setel terlebih dahulu. Kira-kira celahnya 0,40 mm.
2. Hidupkan mesin, kemudian pasang dwell tester. Biasanya ada 3 macam warna kabel :
Dwell Tester
Dwell Tester
Kabel merah : dihubungkan ke terminal positif baterai
Kabel hitam : massa
Kabel kuning/hijau : dihubungkan ke minus koil

3. Setelah itu putar selector pemilih jumlah silinder, sesuaikan dengan jumlah silinder mesin mobil yang anda periksa.

4. Baca besar sudut dwell pada dwell tester. Dan cocokkan dengan spesifikasi yang ada. Pada kendaraan 4 silinder khusunya toyota seri k spesifikasinya adalah 46 - 58 derajat. Untuk motor 6 silinder adalah 36 - 38 derajat.

5. Jika sudah sesuai, lepaskan kembali kabel yang dihubungkan tadi. Dan lakukan pemeriksaan yang selanjutnya. 

6. Jika belum sesuai dengan spesifikasi, lepaskan kabel dwell tester dari baterai, massa, dan minus koil, kemudian matikan mesin dan stel sudut dwell dengan cara merubah celah platina. Untuk memperbesar sudut dwell caranya adalah dengan memperkecil celah platina, dan untuk memperkecil sudut dwell caranya adalah memperbesar celah platina.

Kira-kira sudah paham belum tentang cara memeriksa sudut dwell dengan dwell tester. Oke cukup sekian dan terimakasih.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »