Cara Kerja Blower AC pada Air Conditioner Mobil

8:44 AM
Cara Kerja AC Blower pada AC Mobil - Pada sistem air conditioner atau ac mobil, blower ini terletak di belakang evaporator, yang memiliki fungsi untuk menghembuskan udara ke arah evaporator. Seperti yang kita tahu bahwa udara yang dihembuskan oleh blower ini akan melewati sirip-sirip evaporator dan turun suhunya menjadi lebih dingin karena panasnya diserap oleh refrigerant/freon.

Oke, ac mobil kali ini akan berbagi sedikit mengenai cara kerja salah satu komponen ac mobil, yaitu blower ac mobil. Bila belum mengetahui fungsi dari komponen ini baca terlebih dahulu postingan saya yang lalu yang mengambil judul fungsi blower ac mobil.

Cara Kerja Blower AC Mobil

Di bawah ini merupakan gambar wiring diagram dari blower ac, yang terdiri dari beberapa komponen seperti motor blower, sekering, tahanan pengatur kecepatan motor blower dan saklar pengatur.
Fungsi tahanan pengatur ini adalah untuk membatasi arus yang menuju motor blower, semakin besar tahanannya maka semakin lambat putarannya. Semakin lambat putaran blower maka hembusan angin yang keluar juga semakin pelan. Dan juga sebaliknya.
Cara Kerja Blower AC Mobil
Cara Kerja Blower AC Mobil

Posisi Low
Cara kerja blower pada saat posisi terendah atau low adalah apabila saklar atau switch motor kecepatan blower di posisikan ke arah Low (rendah), maka arus akan mengalir dari kunci kontak kemudian mengalir menuju saklar motor blower evaporator dan akhirnya ke motor blower dan massa. Motor blower berputar, karena arus melewati 2 buah tahanan daj arus yang mengalir ke motor blower kecil, maka putaran motor blower lambat. Lihat gambar diatas !

Posisi Medium
Cara kerja blower pada posisi medium adalah Ketika saklar atau switch motor kecepatan blower di posisikan ke arah medium, maka arus akan mengalir hanya melalui 1 tahanan. Sehingga arus yang mengalir ke motor blower semakin besar, kecepatan putaran blower juga semakin cepat.
 
Posisi High
Cara kerja blower pada posisi tertinggi atau high adalah pada posisi tinggi (max) arus yang menuju motor blower tidak melalui tahanan, sehingga arus akan mengalir dengan maksimal ke motor blower. Putaran motor blower pun maksimal

Seperti halnya komponen ac lainnya, blower ini juga dapat rusak. Ada beberapa penyebab blower tidak bekerja seperti sekering putus, motor blower rusak, rangkaian terputus dan lain sebagainya. Kalau rusak maka harus diperbaiki, maka dari itu ac mobil beri tahu cara memperbaiki ac blower,

Sebelumnya saya sudah share juga mengenai cara kerja komponen ac, komponen yang satu ini terletak pada kompresor yaitu magnetic clutch, bisa lihar di artikel yang berjudul Cara Kerja Kopling Magnet.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »