5 Cara dan tips merawat kaca film mobil

4:09 PM
Yogyakarta, 5 Cara dan Tips Sederhana Merawat Kaca Film Mobil - Kaca film pada mobil berguna untuk melindungi pengemudi dari kilaunya sinar matahari sehingga lebih nyaman ketika berkendara. Selain itu kaca film pada mobil juga memiliki fungsi sebagai pelindung pengemudi dari sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker kulit. Lebih dari itu kaca film juga berguna untuk menolak panas, artinya panas tidak diteruskan kedalam kabin kendaraan. Ada juga yang menggunakan kaca film mobil agar, orang yang diluar tidak dapat melihat orang yang di dalam mobil, tetapi yang didalam mobil dapat melihat yang di luar.

Kaca mobil yang sudah dilengkapi dengan kaca film tentunya lebih menarik, daripada kaca yang tanpa kaca film.

Walaupun fungsinya sangat penting, tetapi kebanyakan orang tidak merawat komponen yang satu ini. Ada beberapa perawatan sederhana yang bisa anda lakukan untuk merawat kaca film ini agar lebih awet dan tetap terlihat baik.

Dan berikut bisaotomotif.com merangkumnya dalam artikel yang berjudul 5 Cara dan tips merawat kaca film mobil
5 Cara dan tips merawat kaca film mobil
5 Cara dan tips merawat kaca film mobil

1. Hindarkan kaca film dari alk*h*l dan am*niak
Tips yang pertama adalah jangan pernah sekali-kali membersihkan kaca yang sudah dilapisi dengan kaca film menggunakan cairan yang ada kandungan zat diatas, karena bila terkena cairan seperti ini dapat merusak struktur molekul dari kaca film yang terpasang pada kaca mobil anda, dan akhirnya kaca film akan terkelupas. Untuk membersihkannya cukup dengan air biasa, atau sabun/shampo yang khusus untuk membersihkan kaca.

2. Jangan digores
Saya yakin anda tentunya tidak akan menggoreskan suatu benda yang tajam ke kaca mobil anda secara sengaja, tetapi mungkin saja anak, atau saudara anda yang dengan sengaja bermain dengan kaca mobil anda. Bila ini sedang terjadi, segera ingatkan mereka agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari. Hati-hati juga dengan kuku tangan, kuku pada tangan ternyata juga dapat menyebabkan goresan pada kaca film mobil anda.

Kemudian ketika membersihkan kaca, gunakan kain yang lembut seperti chamois atau mikrofiber jangan gunakan benda-benda yang tajam seperti sikat kawat untuk membersihkan kotoran pada kaca mobil anda, karena dapat menyebapkan goresan pada kaca film. Goresan ini akan membuat kaca film mudah terkelupas.

Baca juga : Lakukan 4 tips ini, agar klakson lebih awet

3. Jangan ditempeli stiker
Bila ingin kaca film lebih awet maka jangan ditempeli stiker atau semacamnya, kecuali jika anda memasang stiker secara permanent untuk selamanya, maka tidak masalah. Yang menjadi masalah adalah anda pasang stiker di kaca mobil anda, kemudian anda melepasnya. Pastinya akan menimbulkan bekas, baik lem atau kotoran yang biasanya sulit sekali untuk dibersihkan. Dengan adanya kotoran/lem ini akan membuat kaca terlihat kotor dan tidak sedap dipandang.

4. Jangan parkir dibawah terik matahari
Ini bukan larangan tetapi sekadar anjuran saja, yaitu usahakan parkir di tempat yang teduh. Dengan memarkirkan kendaraan dibawah sinar matahari langsung, akan membuat kaca lebih panas dan menyebabkan kaca film kualitasnya akan menurun.

5. Bersihkan secara rutin
Membersihkan kaca secara rutin dapat membuat kaca film lebih awet, tetapi cara membersihkannya juga harus tepat jangan sembarangan. Pertama gunakan lap yang halus, dan juga usahakan searah dalam mengelap kaca, supaya kaca film tidak mudah terkelupas. Bila basah, sebaiknya kaca dilap sampai kering agar lebih awet.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »