Sistem Kemudi (Steering System) Pada Mobil

7:24 PM
Sistem Kemudi Pada Mobil -  Steering system atau sistem kemudi merupakan salah satu sistem terpenting yang terdapat pada mobil, mengingat perannya sebagai pengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda depan. Pada perkembangan sistem kemudi, kebanyakan sekarang sudah dilengkapi dengan power steering yang membuat pengemudian menjadi lebih ringan, nyaman dan tidak mudah melelahkan, tetapi yang perlu saya sampaikan adalah kali ini bisaotomotif.com hanya akan menjabarkan yang dasar tentang sistem kemudi manual terlebih dahulu, baru kemudian meningkat menuju sistem kemudi yang menggunakan PS (power steering system).

Fungsi sistem kemudi (steering system)
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa sistem kemudi pada mobil ini berguna untuk :
Mengatur arah kendaraan/mobil dengan cara membelokkan roda depannya. Pengemudi dapat membelokkan roda dengan cara memutar steering wheel, maka yang terjadi kemudian adalah roda berbelok. Bagaimana ini bisa terjadi, baca sampai selesai supaya tahu lebih tentang sistem kemudi.
Komponen Sistem Kemudi (Steering System)
Setelah mengetahui fungsi dari sistem kemudi, maka selanjutnya adalah mengetahui komponen dari sistem kemudi. Pada dasarnya steering sistem dapat dibagi menjadi 4 bagian besar, berikut ini penjelasannya : (untuk komponen yang lebih rinci akan saya jelaskan pada kesempatan yang lain, berikut ini hanya bagian-bagian besar saja).
  • Steering wheel : komponen yang pertama ini berbentuk lingkaran dan ada juga yang lonjong sedikit. Komponen ini berada di depan pengemudi, roda kemudi berfungsi untuk menerima secara langsung gaya yang diberikan oleh pengemudi untuk membelokkan roda.
  • Steering column : Meneruskan gaya putar dari steering wheel ke steering gear, steering column juga sebagai pengaman ketika terjadi tabrakan. Ada dua jenis dari steering column ini yaitu model collapsible dan model non collapsible. Model collapsible apabila terjadi tabrakan atau terkena benturan yang sangat keras, maka main shaft atau bracketnya akan patah dan keselamatan pengemudi menjadi lebih terjamin.
  • Steering gear : Fungsinya adalah untuk meneruskan gaya putar dari steering column, dan dirubah menjadi gerakan arah melintang (ke kiri atau ke kanan). Selain itu juga dalam steering gear terdapat kombinasi roda gigi (gear ratio) dan sebagai gigi reduksi yang bertujuan untuk memperbesar momen sehingga kemudi akan menjadi lebih ringan. Yang kami tahu ada banyak model atau tipe dari steering gear, dan yang paling digunakan pada mobil-mobil penumpang sampai sekarang adalah rack and pinion dan recirculating ball.
  • Steering linkage : Komponen ini merupakan sambungan-sambungan yang menerukan gaya dari steering gear ke roda.
Cara kerja sistem kemudi (steering system)
Cara kerja dari steering system atau sistem kemudi akan kami jabarkan secarang singkat dan jelas dibawah ini  :
Pengemudi yang menentukan arah kendaraan melalui steering wheel, ketika pengemudi memutar roda kemudi maka steering column juga akan berputar, kemudian momen putar oleh steering gear akan dirubah menjadi gerakan ke kiri dan ke kanan dan juga akan di reduksi yang membuat semakin besarnya momen yang dihasilkan (kemudi menjadi lebih ringan). Dari steering gear akan diteruskan ke steering linkage, dan akhirnya sampai ke roda. Roda akan berbelok sesuai arah putaran steering wheel.

Tipe-tipe Sistem kemudi
Sistem kemudi yang paling banyak digunakan dan ditemui di mobil-mobil sekarang adalah tipe rack and pinion dan recirculating ball. Pada mobil-mobil yang sekarang, umumnya sistem kemudinya sudah dilengkapi dengan sistem power steering, yang mana sistem ini bertujuan agar kemudi menjadi lebih ringan, nyaman dan tidak mudah melelahkan untuk pengmudi. Salah satu jenis power steering adalah HPS (hydraulic powersteering system).

Bagian-bagian sistem kemudi recirculating ball dan rack and pinion
Perhatikan dua buah gambar dibawah ini :

Sistem Kemudi Recirculating Ball
Sistem Kemudi Recirculating Ball
Dari gambar diatas dapat kita lihat komponen-komponennya, yaitu ada steering wheel, batang kemudi (steering column), roda gigi kemudi, lengan kemudi, ball joint dan lain sebagainya. Anda dapat membedakan kontruksi sistem kemudi diatas dengan sistem kemudi tipe rack and pinion dibawah ini :

Sistem Kemudi Rack and Pinion

Sistem Kemudi Rack and Pinion
Kira-kira sudah temukan perbedaannya belum antara sistem kemudi rack and pinion dengan recirculating ball. Cari dan cermati dengan teliti ya, sampai disini saja artikel tentang sistem kemudi ini, lain kali disambung dengan materi yang lebih detail dan lengkap daripada yang ini.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »