Prinsip Kerja Air Conditioner (AC) Mobil

12:35 PM
Prinsip Kerja Air Conditioner (AC) - Pada postingan yang perdana sudah share mengenai kegunaan atau fungsi ac mobil, sekarang giliran prinsip kerja dari sebuah sistem AC yang ada pada mobil atau kendaraan. AC pada kendaraan merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk membuat temperatur udara di dalam kabin mobil menjadi nyaman dan sejuk, ac mobil ini terdiri dari beberapa komponen utama. Untuk mobil keluaran terbaru atau saat ini hampir semua mobil/kendaraan sudah terdapat sistem air conditionernya.

Prinsip kerja air conditioner menggunakan prinsip penguapan, sebelum menuju ke pembahasan kita pada siang hari ini supaya lebih mengerti dan paham mengenai prinsip kerja dari ac mobil ini, marilah kita perhatikan dulu hasil percobaan dibawah ini :

Percobaan 1 : Berdasarkan hasil percobaan menyatakan bahwa bensin & air akan cenderung lebih cepat menguap apabila bensin atau air tersebut tekanannya diturunkan. Demikian pula dengan titik didih air yang berada pada ketinggian tertentu, air akan lebih cepat mendidih pada tempat yang lebih tinggi (misal gunung) yang mana tempat yang lebih tinggi daripada permukaan air laut pada umumnya memiliki tekanan yang berada di level kurang dari 1 atm (atsmosfir), tekanan diatas permukaan air laut adalah sekitar 1 atsmosfir.

Percobaan 2 : Kemudian berdasarkan data percobaan yang kedua setelah dilakukan, ketika telapak tangan kita diberi bahan bakar misal "bensin" maka kita akan merasakan dingin pada telapak tangan tersebut, hal ini disebapkan oleh bensin yang menyerap/mengambil panas dari telapak tangan kita dan bensin tersebut kemudian menguap dan berubah menjadi gas.

Kesimpulan dari hasil kedua percobaan diatas adalah :
1. Dari percobaan pertama kita dapat menyimpulkan bawah salah satu cara untuk mempercepat proses penguapan adalah dengan menurunkan tekanannya.
2. Dari percobaan yang kedua dapat kita simpulkan bahwa proses penguapan ini terjadi bersamaan/disertai dengan penyerapan/pengambilan panas yang mana akan membuat zat tersebut berubah menjadi gas karena menguap.

Dari percobaan yang telah ada, artinya suatu benda dapat kita jadikan lebih bersuhu dingin dengan cara seperti percobaan diatas yaitu ketika suatu zat cair mengalami penguapan maka zat cair itu juga akan menyerap panas pada benda atau udara yang berada disekitarnya. Oke sekarang kita langsung saja menuju prinsip kerja dari ac mobil. Dan berikut ini ulasannya :

Kita misalkan saja bahwa saya mempunyai suatu tabung yang mana tabung tersebut saya kasih sebuah kran yang dapat di buka dan di tutup.  Tabung tersebut saya letakkan di dalam kotak yang terisolasi/rapat (lihat gambar dibawah ini).

Kemudian pada tabung tersebut, saya kasih sebuat cairan yang sangat mudah menyerap panas dan menguap pada temperatur normal. Ketika kran tersebut saya buka, maka cairan yang mudah menguap tadi akan menyerap panas yang terdapat pada udara di dalam kotak yang terisolasi tersebut. Sehingga karena udara di dalam kotak tersebut panasnya diserap, maka suhunya pun akan turun atau lebih dingin dari sebelumnya. Dan juga karena cairan yang terdapat pada tabung tersebut menyerap panas, cairan tersebut menguap bergerak ke luar dalam bentuk gas.

Prinsip Kerja Air Conditioner (AC) Mobil
Prinsip Kerja Air Conditioner (AC) Mobil
Dari ilustrasi diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa dengan cara seperti itulah kita bisa mendinginkan sesuatu hal, baik benda ataupun udara. Yang harus di garis bawahi pada contoh di atas adalah, proses pendinginan dengan cara diatas hanya berfungsi untuk sementara saja, karena cairan yang menyerap panas serta mudah untuk menguap tersebut akan segera habis.

Apabila cairan tersebut sudah tidak ada maka proses pendinginannya pun tidak terjadi. Maka dari itu dibutuhkan proses pendingin yang menggunakan cara atau metode yang mana cairan yang telah menguap dan berubah menjadi gas tersebut dikembalikan lagi menjadi suatu cairan yang selanjutnya akan menyerap panas dan kembali menguap menjadi gas.

Itu merupakan prinsip kerja dari sistem air conditioner mobil, sehingga pada sistem ac dibutuhkan komponen yang berfungsi untuk mensirkulasikan dan menaikkan tekanan dari cairan atau refrigerant yang disebut dengan kompresor. Kemudian untuk merubahnya menjadi cairah dibutuhkan komponen yang disebut dengan kondenor, dan untuk komponen yang bertugas untuk menurunkan tekanan adalah katup ekspansi.

Nah, untuk menambah lebih jelas lagi tidak ada salahnya saya shara lagi tentang komponen ac mobil dan berikut ini merupakan komponen ac mobil dan fungsinya :
 
1. Kompresor, berfungsi untuk mensirkulasikan zat pendingin ke seluruh sistem ac.
2. Kondensor, untuk mendinginkan zat pendingin.
3. Receiver/dryer, untuk menampung sementara, dan untuk menyaring zat pendingin dari kotoran, uap air dsb.
4. Katup expansi, berfungsi untuk menurunkan tekenanan zat pendingin.
5. Evaporator, untuk tempat refrigerant menguap dan menyerap panas udara disekitarnya.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »