Perbandingan Mobil Bensin dan Mobil Diesel

6:03 AM
Perbandingan Mobil Bensin dan Mobil Diesel - Di Indonesia dikenal ada beberapa jenis mobil bila dilihat dari jenis bahan bakarnya, yaitu mobil yang berbahan bakar bensin dan berbahan bakar diesel. Keduanya memiliki karakteristik masing-masing, dan tentunya memiliki beberapa kelebihan. Dan pada kesempatan ini bisaotomotif.com akan share mengenai perbandingan antara mesin diesel dengan mesin bensin. Bila anda masih bingung, mau beli mobil bensin atau mobil diesel, anda perlu membaca artikel berikut ini. Oke, mari kita mulai dengan mesin bensin terlebih dahulu.
1.  Perbandingan mobil bensin dan mobil diesel dari segi bahan bakar
Namanya mesin bensin pastinya menggunakan bensi sebagai bahan bakarnya. Bensin ini dikenal di Indonesia dengan nama premium, pertamax dll. Dari segi harga bahan bakar, bensin lebih mahal dibandingkan dengan solar. Bila bensin harganya 7 ribu, mungkin solar harganya cuma 6 ribu. Sementara itu dari segi konsumsi bahan bakar, umumnya mesin diesel konsumsi bbmnya lebih irit bila dibandingkan dengan mesin bensin. Ini disebabkan karena pada mesin diesel menggunakan komponen yang sangat presisi, disamping itu juga pada mesin diesel efisiensi panasnya tinggi sehingga mesin tersebut lebih irit. Kesimpulannya, dari segi bahan bakar mesin diesel pemenangnya.
2. Perbandingan mobil bensin dan mobil diesel dari segi kenyamanan
Dari segi kenyamanannya kayaknya mesin bensin lebih unggul, hal ini dikarenakan pada mesin diesel getarannya lebih besar ditambah lagi suara yang kasar. Berbeda dengan mesin bensin yang getarannya sangat kecil dan suaranya pun sangat halus.
3. Perbandingan mobil bensin dan mobil diesel dari segi Kekuatan
Masalah kekuatan mesin diesel lebih dikenal sebagai mesin yang kuat bila dibandingkan dengan mesin bensin, hal ini dikarenakan pada mesin diesel menggunakan kontruksi yang lebih kuat, dan kompresinya lebih tinggi daripada mesin bensin, ditambah lagi menggunakan transmisi yang dirancang agar mesin diesel memiliki kekuatan yang kuat. Buktinya banyak kendaraan besar yang menggunakan mesin diesel daripada mesin bensin, contoh truk, bus, dll.
Perbandingan Mobil Bensin dan Mobil Diesel
Perbandingan Mobil Bensin dan Mobil Diesel
4. Perbandingan mobil bensin dan mobil diesel dari segi Kecepatan
Kalau masalah kecepatan berbanding terbalik dengan kekuatan, umumnya mesin bensin digunakan untuk mobil penumpang dan kendaraan kecil, sementara mesin diesel dirancang untuk kendaraan besar dan angkutan. Sehingga kalu ditanya masalah kecepatan mobil, mesin diesel akan kalah dibandingkan dengan mesin bensin. Tapi kalau diajak untuk naik gunung, mesin diesel akan menang karena torsi yang dihasilkan lebih besar. Ini disebabkan karena mekanisme pemindah dayanya yang berbeda? Mengapa berbeda? Karena keduanya peruntukkannya berbeda, yang satu untuk diutamakan untuk mobil penumpang, dan yang satu untuk mobil angkutan.

Tetapi kalau sekarang ini, sudah banyak mobil diesel yang ditujukan untuk mobil-mobil komersil atau mobil penumpang, mobil diesel yang ditujukan sebagai mobil penumpang tersebut tentunya sudah diberi transmisi yang fungsinya untuk mengatur momen dan kecepatan kendaraan. Jadi kalau sekarang ini tidak usah takut, dalam hal kecepatan untuk mesin diesel. Dan kesimpulanya untuk yang ke-sekian kali mesin diesel lebih unggul dari segi kekuatan dan kecepatan.

5. Perbandingan mobil bensin dan mobil diesel dari segi harga
Masalah harga umumnya mesin diesel lebih mahal bila dibandingkan dengan mesin bensin, ini disebabkan karena berbagai kelebihan mesin diesel dan kontruksi yang lebih kuat dan besar ada pada mesin diesel. Sehingga butuh biaya lebih mahal dalam hal pembuatannya.
 
6.Perbandingan mobil bensin dan mobil diesel gas buang
Bila melihat dari kualitas gas buang, maka tidak bisa terlepas dari bahan bakar yang digunakan. Seperti yang kita ketahui bahwa mobil bensin menggunakan bahan bakar bensin, sedangkan mobil diesel menggunakan bahan bakar solar. Dimana, bila dilihat dari urutan pembuatannya solar berada di bawah minyak tanah dan bensin. Sehingga dari segi kualitas saja bensin lebih unggul 2 tingkat, jadi gas buangnya pun begitu.

Gas buang pada mesin diesel lebih berpolusi dibandingkan dengan mesin bensin. Tetapi kedua-duanya sudah memiliki standarisasi masalah emisi gas buang. Yang terpenting adalah kedua jenis mobil tersebut sudah masuk kedalam spesifikasi atau standar kandungan emisi gas buangnya. Coba anda perhatikan, knalpot pada mesin diesel dan mesin bensin. Gas buang pada mesin diesel biasanya lebih hitam/pekat, dan partikulat yang terkandung didalamnya juga banyak.

7. Perbandingan mesin bensin dan mesin diesel dari segi perawatan
Kalau masalah perawatan sebenarnya sangat luas sekali, tetapi pada umumnya mesin diesel lebih sedikit perawatannya dibandingkan mesin bensin. Tetapi itu dulu, kalau sekarang sudah banyak mobil-mobil bensin yang bahan bakarnya menggunakan sistem injeksi, yang mana perawatannya juga tidak sebanyak mesin bensin dengan bahan bakar konvensional. Jadi dari segi perawatan, lebih baik kita samakan saja, mesin bensin 50 : mesin diesel juga 50 atau kedua-duanya sama dalah hal perawatan.

Demikian saja artikel tentang perbandingan mesin bensin dan mesin diesel, semoga bermanfaat bagi anda yang mau cari mobil.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »