Penambahan Oli Kompresor Setelah Penggantian Komponen AC

11:23 AM
Penambahan Oli Kompresor Setelah Penggantian Komponen AC - Pada sistem ac mobil khusunya pada kompresor pasti terdapat pelumas atau oli, seperti halnya oli pada mesin, transmisi atau differential, oli pada kompresor ini juga memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melumasi komponen-komponen pada kompresor yang bergerak atau saling bergesekan. Tujuannya juga sama, untuk melapisi membentuk oil film sehingga tidak terjadi gesekan antara besi dan besi yang menyebabkan keausan pada komponen kompresor. Bedanya kalau oli kompresor ini ikut larut dan bersirkulasi bersama refrigerant di dalam sistem ac.

Oleh sebap itu kualitas dan jumlah oli kompresor sangatlah penting untuk diperhatikan, dan yang paling penting adalah jumlah olinya harus sesuai dengan spek yang ada. Pada sistem air conditioner mobil yang menggunakan freon/refrigerant jenis R134a, oli kompresor ini tidak boleh diganti/dicampur dengan oli yang digunakan pada sistem ac yang menggunakan refrigerant R12. Jika anda membawa ke bengkel ac, mekaniknya pasti tahu oli yang digunakan untuk refrigerant R134a dan oli kompresor yang digunakan untuk refrigerant jenis R12.

Seperti yang saya katakan diatas, bahwa kuantitas dari oli kompresor ac mobil harus sesuai dengan spesifikasi, bila tidak (misal kurang) maka dapat mengakibatkan gesekan yang berlebihan antar komponen-komponen yang terdapat pada kompresor yang akan mempercepat keausan, menyebabkan suara kasar, sehingga akan mengurangi kemampuan pendinginan (ac tidak dingin).
Penambahan Oli Kompresor setelah Penggantian Komponen AC
Penambahan Oli Kompresor setelah Penggantian Komponen AC

Apabila kita bandingkan antara oli kompresor dengan refrigerant maka oli kompresor ac mobil ini memiliki ciri khas yaitu sifatnya yang lebih sulit untuk menguap, sedangkan refrigerant sifatnya adalah mudah menguap. Dari perbedaan ini, maka pada saat diakukan suatu perbaikan baik melakukan penggantian/pelepasan komponen seperti  receiver/dryer, kondensor, evaporator, dan pipa ac, maka freon yang terdapat pada komponen yang dilepas tersebut akan lebih mudah menguap sedangkan oli kompresor tidak. Sehingga oli pada kompresor ini biasanya masih melekat (menempel) pada komponen yang dilepas tersebut, oleh karena itu jumlah oli yang ditambahkan adalah sama atau sebanyak oli yang berada pada komponen yang dilepas/diganti tersebut.

Gambar diatas adalah penambahan oli kompresor setelah melakukan penggantian komponen, sebagai contoh apabila kita mengganti kondensor maka kita perlu menambah oli sebesar 40 mm3. Begitupun juga jika kita mengganti komponen lainnya seperti receiver, evaporator dan pipa. 

Yang perlu diperhatikan adalah apabila kita mengganti/membongkar kompresor, maka oli yang ditambahkan adalah sama dengan jumlah oli yang berada di kompresor yang telah kita lepas atau kita bongkar.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »